Type to search

5 TIPS NYONTEK GAMBAR YANG BENAR – ADVANCE LEVEL

Share

Setelah mulai banyak nyontek gambar dan jam terbang makin tinggi kini saatnya naik level berikutnya. Setelah kita memiliki mental dan selera artistik yang baik dari proses nyontek kita maka selanjutnya nyontek dengan cara benar yang akan membuat kita memiliki dasar skill gambar yang kuat!

1. SONTEK SESUAI KEBUTUHAN

Saatnya untuk naik level nyontek. Seiring berjalannya waktu dan jam terbang yang cukup banyak dalam menyontek gambar yang kalian sukai, kini kalian bisa beranjak menggambar sesuatu yang mungkin tidak kalian sukai tapi kalian butuhkan. Jadi tidak hanya fokus menggambar yang kita sukai tapi mulailah eksplorasi ke gambar yang memang kalian butuhkan kemampuannya, misalnya menggambar perspektif, anatomi, komposisi, warna dan sebagainya.  

Untuk sampai di level ini pastikan kalian telah benar-benar memiliki mindset menyontek yang baik sesuai 5 tips awal. Tujuan utama dari 5 tips pertama adalah membentuk semangat bagi pemula. Sebagai pemula kalian akan mudah sekali terombang ambing dan labil oleh banyak godaan untuk berhenti dan menyerah. Jadi pastikan mental kalian telah terbentuk dengan baik, tidak mudah terpengaruh mood dan selalu semangat dalam menggambar yang terangkum menjadi sebuah passion. Bersabarlah untuk sampai di level ini. Kualitas datang dari kuantitas. Semakin banyak menggambar semakin baik.

Setelah fase nyontek yang disukai, saatnya naik level. Cari referensi untuk belajar perspektif, anatomi dll. Seperti saat kamu mulai menggali potensi untuk jadi sosok terbaik bagi pacar kamu.

2. PERBANYAK SUMBER REFERENSI

Untuk semakin meningkatkan progres gambar kalian, selanjutnya cobalah menyontek dari banyak banyak referensi. Jika diawal menyontek kalian menggunakan referensi yang kalian sukai tapi seiring berjalannya waktu coba menyontek dengan sumber yang lebih variatif. Secara perlahan kalian akan menambah wawasan dan mendapat pengetahuan. Kemampuan gambar kalian jadi semakin luas karena menyontek itu bisa bikin skill improve.  Jika kalian sampai detik ini masih bingung soal style kalian, bingung pengen style kamu bagaimana? Dengan menyontek itu sebenarnya akan memperkaya style akhir kalian, memperkaya visual data base yang ada di kepala kalian. Dengan semakin banyak sumber referensi karya kita akan makin kaya rasa. Seperti kombinasi rasa dari berbagai artist yang kita jadikan referensi yang akhirnya tersajikan dengan segala keterbatasan dan kelebihan kita menjadi style unik kita.

Makin banyak sumber makin kaya data visual – makin unik gambar kita. Bisa dibilang itulah fase yang membentuk style kita. Kamu juga nggak mau kan jadi pacar yang garing? banyakin wawasan buat naikin value kita!

3. SELALU PELAJARI HAL BARU

Selalu pelajari hal-hal baru setiap kali menyontek. Jadi jangan asal menyontek buta membabi-buta seperti mesin foto kopi. Asal nyontek sama persis. Okey di karya-karya awal memang kita harus menyontek semirip mungkin tanpa bisa ditawar. Namun setelah kalian melewati fase tersebut saatnya menuju level berikutnya yaitu menajamkan mata untuk menangkap hal baru yang bisa dipelajari. Ketika kalian dalam proses menyontek dan mulai bisa memahami bagaimana perasaan artist tersebut saat mengerjakan karyanya. “Oh gambar itu seperti ini ya rasanya. Nhah setelah itu kalian bisa mulai pelan-pelan hayati setiap garisnya, coba pahami  kenapa artis ini menarik garis sedemikian rupa. Seolah-olah kalian sedang napak tilas atau membongkar proses kerja sang artist. Bagaimana Ilustrator atau fotografer mengatur komposisi atau elemen-elemen seperti tekstur, cahaya, gelap terang dan lainsebagainya. Jadi saat kalian menggambar perhatikan juga setiap bagiannya dan pelajari mengapa bisa seperti itu. Kenapa karya yang kalian contek itu bisa menjadi bagus. Ketika kalian sudah mulai terbiasa dengan menyontek, kemudian terbiasa menyontek sambil belajar mempelajari banyak hal. Dari situ kalian akan mulai belajar untuk memperluas wawasan. Mulai belajar tidak cuma menyontek tapi mulai mempelajari hal lain selain menyontek misalnya mempelajari teknik-teknik fundamental dalam ilustrasi.

Jangan nyontek membabi buta kayak mesin foto kopi. Di level beginner memang itu wajib, tapi sekarang saatnya selalu belajar hal baru. Seperti move on dari mantan-mantan kamu dan membuka diri pada dunia baru.

 4. NYONTEK VS TERINSPIRASI

Inilah level tertinggi dalam menyontek. Menyontek itu memang bagus untuk pemula tapi ke depannya jika kalian telah berpikir untuk menjadi seorang profesional ada baiknya menyontek itu diganti menjadi ter-INSPIRASI. Ketika membuat karya kalian akan mengambil inspirasi dari karya-karya yang kalian sukai. Artinya kalian akan mengambil beberapa esensi dari karya-karya tersebut lalu kalian gabungkan dengan idealisme dan integritas kalian untuk menjadi sebuah karya baru. Pada dasarnya tidak ada satu hal pun di muka bumi ini yang benar-benar baru. Semuanya hal baru tercipta dari penggabungan segala sesuatu yang tercipta sebelumnya.

Inilah level tertinggi nyontek! Tidak asal jiplak lagi tapi ambil inspirasi dari berbagai karya keren lalu buat karya baru penuh ide dan keunikan kamu. Saatnya ngajak pacar kamu ke jenjang yang baru..asik kan?

5. BERIKAN KREDIT PADA ARTIST

jika kalian pengen posting gambar contekan kalian di internet pastikan satu hal, sebutkan sumbernya. Berikan kredit atau berikan penghargaan untuk orang-orang yang sudah menggambar sebelumnya. Pastikan kalian tulis di kolom atau di caption misal gambar ini atau karakter ini atau desain Ini bukan Bu saya yang buat saya mengambilnya dari karakter X atau dari gambarnya artist A. Pastikan kalian sebutkan bahwa gambar yang kalian buat itu dalam rangka belajar pastikan sebutkan di situ nama artis yang buat atau sumber di mana kalian mendapatkan karya itu. Artis-artis besar orang-orang yang memiliki gambar yang sudah bagus biasanya sudah terbiasa dengan hal tersebut dan tidak akan terlalu mempermasalahkan ketika memang itu tujuannya untuk belajar. Akan jadi masalah ketika kalian menggunakan gambar itu untuk komersil misalnya ada gambar artis tertentu kalian gambar ulang sama persis lalu disablon di kaos dan dijual.  Masalah bisa lebih besar jika misalnya ada perusahaan besar meminta jasa kita untuk menggambar sesuatu. Kemudian kalian menyontek gambar orang kalian ubah hanya sedikit sekali dan masih terlihat kesamaan-kesamaan elemennya. Gambar ini kemudian kalian akui sebagai gambar kalian dan diserahkan keperusahaan. Nah itu sudah termasuk masalah yang besar. Pastikan selalu berikan kredit agar dan hindari untuk menggunakan karya sontekan kita untuk hal komersial agar kita tidak dituduh “nyolong” gambar karena itu adalah tindakan yang tidak etis terhadap sesama artist.

Nhah itu dia 5+5 tips gambar yang BENAR dan BIKIN JAGO! Semoga bisa membantu kalian untuk menjadi artist yang berkualitas di masa depan! Terus BERKARYA!


(CA/BP)

Leave a Comment

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?