Type to search

Share

Kreatifitas adalah sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan bagi artist dalam berkarya. Kreatifitas akan membuat karya artist menjadi outstanding, penuh ide baru yang segar dan menarik audience lebih luas serta mampu menjawab tantangan trend yang sedang disukai. Kreatifitas dianggap sebagai sebuah hasil proses perumusan ide yang didukung oleh berbagai hal seperti mood, berbagai kemudahan, fasilitas dan segala hal yang memberi kebebasan pada artist untuk mengembangkan pikirannya. Namun benarkah kebebasan dan segala fasilitas akan menjamin kita bisa menjadi lebih kreatif? Sebaliknya apakah keterbatasan menghambat kreatifitas kita? jangan berkecil hati jika kita berada di tempat yang sepertinya tidak ideal bagi terciptanya proses kreatif karena 3 tips berikut ini akan membahas bagaimana sebenarnya proses kreatif bisa terjadi.

  1. MANFAATKAN KETERBATASAN.

Jika kita tidak beruntung karena memiliki banyak keterbatasan atau privilege. jangan kuatir, kreatifitas tidak sepenuhnya tergantung akan hal tersebut. Kebebasan justru membuat kita sulit menetapkan fokus, terdistraksi banyak hal dan sulit membuat keputusan atau pilihan. Kebebasan cenderung membuat kita sulit memprioritaskan hal penting karena segalanya terlihat mudah. Misalnya kita memiliki kebebasan waktu, biasanya kita akan merasa lebih santai dan menganggap masih banyak waktu dan menunda proses kreatif kita. Jika kita memiliki banyak fasilitas kita juga akan cenderung memilih cara termudah dengan menggunakan fasilitas yang kita miliki dan tidak tertantang untuk menemukan solusi baru yang lebih efektif. Kreatifitas menjadi terhambat.

Keterbatasan akan memaksa kita menggunakan POTENSI yang kita miliki dengan OPTIMAL dan peluang untuk makin KREATIF. Ketika waktu kita terbatasm kita akan dipacu oleh waktu untuk berpikir lebih cepat dan efisien. Keterbatasan fasilitas yang kita miliki juga mempertajam otak kita untuk lebih kreatif mencari solusi dan menghasillan karya yang berkualitas dengan cara baru yang unik dengan segala keterbatasan.

Kepuasan berkarya dengan tantangan keterbatasan juga akan memiliki level yang berbeda dan membuat kita akan makin percaya diri dan tertantang untuk lebih siap menghadapi apapun ke depannya.

2. KEMAMPUAN KUAT UNTUK BELAJAR.

Keinginan untuk belajar akan membuka sekat keterbatasan kita. Kemauan belajar artinya adalah keinginan untuk menyadari bahwa ada potensi yang kita miliki dibalik keterbatasan kita. Tanpa kemauan kuat belajar, maka keterbatasan akan terus menghalangi kita untuk menjadi kreatif.

Keinginan belajar membuat kita melakukan tidak hanya yang kita sukai tapi apa yang kita butuhkan untuk berkembang termasuk kreatifitas. Berhenti belajar sama dengan berhenti menjadi kreatif. Kreatif adalah kemampuan untuk melihat 999 alternatif solusi baru dari solusi yang kita sudah tahu. Dengan belajar kita bisa mencari referensi, informasi dan jalan jalan keluar kreatif dari hal yang sebelumnya mustahil dilakukan. Kreatifitas selalu menawarkan cara baru begitu kita membuka sekat keterbatasan kita.

3. JANGAN TUNGGU SIAP.

Jangan menunggu siap untuk berkarya. Tidak akan pernah ada waktu yang ideal. Salah satu kunci menjadi kreatif adalah berpikir di kondisi yang tidak ideal, kondisi ketika kita bahkan merasa tidak siap. Bagaimanapun kita tidak akan pernah tahu kita siap, jadi sebaiknya segera mulailah berkarya dan kreatifitas akan bekerja membuka jalan untuk kita.

Mulailah dari hal kecil. Salah satu hambatan untuk menjadi kreatif adalah karena kita selalu memandang segala hal terlalu jauh namun tidak realistis. Dengan memulai lebih cepat dari hal kecil, lambat laun kreatifitas kita akan makin terbentuk dan akan membuat kita siap untuk melakukan hal yang lebih besar lagi. Kita akan mampu melihat hal besar yang realistis ketika kita telah berhasil menyelesaikan hal-hal kecil di depan kita.

Jadi, mulailah berkarya dan nikmati proses kreatif yang penuh tantangan!

Source: youtube.com/artupida

(BP/CA/2021)

Tags:

Leave a Comment

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?