WHAT ONE MAN CAN DO, ANOTHER CAN DO, GO HOME AND MAKE SOME ARTWORKS

MARC TARO HOLMES – ARTIST PROFILE

Ma2063425_7081806_frc Taro Holmes adalah seorang Art Diector dan Konsep Artis freelance yang berasal dari Montreal (Kanada). Lahir tahun 1967 di Edmonton dan sekarang tinggal di Quebec (Montreal). Marc lulus dari sekolahnya dengan predikat Bachelor Of Fine Art dari Alberta College Of Art And Desain pada Tahun 1995 di Kanada. Marc juga menjadi Instruktur di Workshop Conceptart.org pada beberapa kesempatan di berbagai dunia.

Sebagai seorang Art director Kreditnya mencakup Classic RPGs Baldur’s Gate, Neverwinter Nights, and the MMO Lord of the Rings Online, Dan rencana Marc sekarang menjadi Content Creator karena memiliki game skala kecil (IOS,dll) dan Self-Publishing (e-books/apps) dan komunitas Online.

Artwork yang unik dan terlihat hidup
Marc dikenal memiliki kualitas artwork yang unik, selalu bisa dilihat sebuah korelasi mood, timing, lighting dan karakter yang sangat hidup di dalamnya. Untuk menghasilkan art yang terlihat hidup, dia selalu menyediakan waktu untuk menggambar langsung dari alam. Sebuah proses yang lumayan sulit dan banyak tantangan. Speed Painting seperti ini akan berkejar-kejaran dengan perubahan lighting matahari yang bergerak cepat, cuaca, dan obyek-obyek yang tiba-tiba muncul mengganggu. Seperti menggambar live model, proses seperti ini bisa membuat frustasi, tapi hasil yang kita peroleh sangat layak dengan pengembangan skill art. Kebiasaan menggambar out door seperti melatih otot di Gym, membuat skill gambar kita lebih cepat, lebih kuat dan penuh energI.

Traveling juga melipatgandakan kemampuan ilustrasi kita, melihat tempat-tempat baru, obyek baru, membuat otak dipaksa bekerja optimal. Gunakan waktu yang terbatas untuk menangkap semua hal. Memenuhi sketch book kita dengan gambar-gambar alam bisa mengajarkan banyak hal selain berjam-jam di kelas.

(Baca: Program yang Membuktikan “Jago itu Mitos”)

Konsistensi sangat penting untuk menjadi artist mumpuni
Marc selalu menekankan 2 hal bagi artist-artist yang serius dengan passionnya:
1. It’s going to take you five solid years to learn to draw. No way around it. Sorry. That’s a fact. THE SOONER YOU START THE BETTER.
2. And it’s going to work. If you give it five solid years you’re going to be good enough to work anywhere. So stop covering your ass. Forget learning 3D or what kerning is, or how to make a project schedule. “YOU KNOW YOU WANT TO PAINT. SO PAINT. YOU DON’T NEED ANYTHING ELSE”.

Buat circle orang-orang yang tepat dengan passion kita
Jangan lupa, hubungan kita saat ini dengan lingkungan yang mendukung akan menentukan langkah kita berikutnya, akan membentuk seperti apa kita nanti. Dan jangan pernah meremehkan karya pertama kita. Kita tidak akan pernah menyadari, sampai suatu saat seseorang membuat karya yang luar biasa yang bahkan kita tidak pernah membayangkan sebelumnya bisa seperti itu. Tapi itulah kenyataannya, bangun sebuah relasi dengan orang yang tepat, dan mulailah berkarya saat ini juga.
“WHAT ONE MAN CAN DO, ANOTHER CAN DO”, AND YOU GO HOME AND MAKE SOME ARTWORKS”
Viking-ship

Jadilah spesial di bidang kita
Seorang artist seharusnya selalu berusaha memuaskan obsesi artistiknya. Jangan pernah menjadi JACK-OF-ALL-TRADES, MASTER OF NONE (seorang yang melakukan banyak hal kecil namun tidak ahli sama sekali dalam bidang-bidang itu). Jangan mencoba hanya untuk menjadi berguna, tapi cari tahu bagaimana membuat kita bersemangat dan melakukan hal itu. Jangan khawatir tentang menyelesaikan gambar atau melihat seberapa baiknya orang-orang lain, lakukanlah seperti bermain
Tentukan apa yang menjadi obsesi kita dan kerjakan!! Mungkin tidak semudah mengatakannya dan banyak sekali hal yang akan merusak focus kita. Kita bisa saja tertarik dan fokus pada banyak hal, tapi ingat, setiap kita mengalihkan fokus kita, akan ada banyak pengorbanan, bahkan itu artinya waktu yang terbuang bertahun-tahun.

(Baca: Program Concept Art 3 Bulan Di Indonesia)

Jangan kuatir hal-hal yang tidak perlu, setiap kita menggunakan waktu dengan baik untuk hal yang benar-benar kita sukai adalah sebuah investasi. Ada sebuah reward yang akan menunggu di masa depan. Tidak ada hal yang lebih buruk dari menghabiskan sisa hidup mengerjakan sesuatu yang tidak kita sukai untuk pekerjaan kita.
STAY ON TARGET. KEEP FOCUSED. FIND YOUR THING.

12nov25_redpathsketchcraw_00

Disarikan dari http://www.conceptart.org/showthread.php?t=266219

One thought on “WHAT ONE MAN CAN DO, ANOTHER CAN DO, GO HOME AND MAKE SOME ARTWORKS

Leave a Reply