Do What You Want to Do, Do that 100%

Do what you want to do, do that 100%. You’re going to be dead one day, there is absolutely no reason to put it off. You want to be able to look back and say you did absolutely everything you could to achieve exactly what you wanted from life – Dave Rapoza

dave 1

Sebuah interview yang sangat inspiratif dari Dave Rapoza sangat layak untuk dibaca dan dibagikan buat artist yang ingin memngembangkan dirinya. Bagaimana seorang Dave Rapoza memandang art, style, bakat, kerja keras sebagai artist, konsistensi dan banyak hal yang sangat mencerahkan.

Sebelumnya kita kasi sedikit info buat yang belum kenal siapa sih Dave Rapoza? Di situs carbonmade.com dia menulis tentang dirinya:

Saya seorang ilustrator otodidak dari Boston, MA, menjadi artist freelance 8 tahun atau lebih (per 8/27/14). Pada awalnya saya banyak belajar dari Andrew Loomis dan buku Figure Drawing Bridgman dan memperbanyak live drawing dari kehidupan sehari-hari, tapi biasanya dari obyek-obyek yang saya bawa ke atas meja kerja. Setelah hampir menyerah dari mencoba dengan keras untuk tetap termotivasi, saya mulai terlibat dalam Crimson Daggers (crimsondaggers.com, cek forum ini!) yang pada saat itu forum ini adalah sebuah livestream harian di mana kita akan belajar dan berbicara sebagai sebuah kelompok.

RuleroftheShadows_adv_DaveRapoza

Porfolio Dave Rapoza bisa dilihat antara lain di website Deviantart.com

Yok mulai saja kita baca interviewnya!

1. Kalau dihitung secara kasar, berapa sih rata-rata anda menggambar dalam sehari?
Hmm, jika kita berbicara tentang khusus menggambar dengan pensil di atas kertas, saya akan mengatakan 1-3 jam sehari. Tapi secara umum saya mengerjakan artwork sekitar 10-12 jam sehari setiap hari.

2. Apa yang mempengaruhi kemajuan yang baik dalam menggambar, menurut pendapat Anda?
Saya pikir kemajuan tergantung pada bagaimana Anda mendorong diri sendiri. anda perlu fokus pada apa yang anda takutkan saat anda menggambar dan bekerjalah ke arah itu. Semakin cepat anda dapat secara efektif bekerja melalui ketidakamanan dalam art, semakin cepat anda akan menciptakan level area baru dalam pekerjaan anda. Ingat, anda akan selalu menemukan alasan untuk mengatakan “oke kok ada di zona nyaman” dan merasa Anda layak untuk beristirahat. Tapi jangan lupakan mengapa anda memulai semua ini dan apa mimpi anda selama ini gambaran seorang artist ideal yang ada dalam pikiran anda. Jadi, teruslah bekerja menuju tujuan tersebut setiap hari!

3. Bisakah anda sebutkan 3 kesalahan pemula yang paling sering terjadi dan bagaimana untuk menghindarinya?
Pertama adalah untuk menghindari kecenderungan mencoba-coba teknik yang sedang trend, oke-oke saja untuk sesekali bermain-main dengan teknik baru tetapi untuk membuat lompatan yang serius hal seperti ini bisa merugikan perkembangan skill anda. Fokuslah pada kekuatan kemampuan fundamental seperti pengetahuan tentang komposisi, value dll. Skill seperti ini akan terus dipakai ketika trend silih berganti.

Kedua adalah keinginan untuk berlomba paling cepat selesai. Setiap artis pendatang baru selalu terburu-buru dan ingin melompat ke depan untuk langsung ke detailing dan finishing semua painting mereka. Mereka tidak fokus pada sebuah hal paling mendasar “bagaimana sebuah artwork itu dibuat”. Kita perlu memahami bagaimana membangun sebuah citra, memahami komposisi, memahami garis singgung dan titik fokus, memahami anatomi dasar dan bagaimana membangun bentuk. Tanpa pemahaman fundamental ini, semua usaha ekstra untuk memoles painting kita menjadi sia-sia.

Kesalahan ketiga adalah mempelajari subyek yang salah. ‘ pekerjaan biasa melakukan hal untuk membantu Anda. Ketiga adalah mempelajari mata pelajaran yang salah. Saya sering menjumpai banyak artist pemula yang mempelajari sesuatu subyek yang salah. Pastikan bahwa apa pun yang kita pelajari berkorelasi dengan apa yang kita akan kerjakan pada hari itu. Misalnya kita melakukan reset tentang unggas tapi kita sedang mengerjakan proyek tentang warrior, ini sangat tidak akan membantu. Kita perlu menerapkan apa yang kita kumpulkan dalam reference dan research (observasi) kita dan secara praktis menerapkannya dalam proses kreatif kita. Pikirkan tentang studi seperti tes di sekolah, kita harus memiliki sesuatu objek/referensi untuk menguji apa yang dapat anda ingat dari memori. Biarkan tes terhadap obyek/referensi tadi yang menjadi lukisan / gambar yang Anda buat setelah penelitian.

level_up_live_demo_i_did_on_the_interview_talk__by_davidrapozaart-d7z6zn2

4. Apakah Anda pernah mengalami kemandegan kemajuan dalam menggambar? Dan jika demikian, bagaimana Anda mengatasinya?
Saya percaya Anda bertanya apakah saya pernah “stucked”? Ketika saya merasa stucked dalam sebuah gambar, saya akan tahu pasti ini ada hubungannya dengan konstruksi dasar dari artwork yang saya kerjakan tersebut. Pada titik ini saya bisa mengerjakannya dengan baik dan mengetahui kesalahan saya terletak pada gambar awal dan komposisi. Sebagian besar kesalahan saya berasal dari gambar awal saya yang, jika terburu-buru, bisa membuang banyak waktu untuk membereskannya. Memastikan semuanya dikerjakan dengan baik di gambar awal dapat cukup menjamin bahwa sisanya akan mudah dikerjakan. Tapi apabila saya menemukan kesulitan untuk bagaimana menggambar suatu obyek tertentu, ini ada hubungannya dengan kurangnya pemahaman. Jalan keluarnya saya tahu saya harus melakukan studi yang cukup pada subyek itu.

5. Nha menurut anda “bakat itu mitos atau suatu yang nyata? Atau hanya ada kerja keras?
Saya tidak percaya pada bakat, setidaknya tidak dalam arti bahwa Anda dilahirkan seorang seniman. Saya pikir bakat datang dalam bentuk bagaimana mereka membentuk satu skill tertentu. Beberapa orang yang “hanya” memiliki dorongan lebih besar dari orang lain, lebih terfokus dan dapat menerima informasi secara lebih efektif. Tapi bagaimanapun itu, jika seseorang yang “mungkin” berbakat tapi tidak bekerja keras, mereka tidak akan berhasil. Jadi, bahkan dalam menghadapi bakat, individu yang bekerja keras akan berhasil jauh melebihi mereka berbakat.

(Baca: Program yang membuktikan bahwa bakat itu Mitos)

6. Apakah anda memiliki banyak teknik atau teknik tertentu yang anda gunakan?
Mmm saya tidak punya satu set teknik tertentu, saya malah cenderung untuk mencoba segala sesuatu. Kadang-kadang saya suka membuat kesan kasar (painterly) dan spontan, dan kadang-kadang saya suka gambar yang sangat detail di gambar awalnya. Saya biasa menggunakan foto saat membuat artwork untuk iklan dan film, atau menggunakan sumber dari obyek kehidupan sehari-hari. Tidak ada pendekatan yang benar atau salah dalam melukis dan menggambar. Jika Anda tetap memegang dengan baik skill fundamental dasar, setiap teknik teknik yang ada adalah hanya sebuah cara untuk mengekspresikan karya kita dengan cara berbeda.

7. Bagaimana artist lain berperan menginspirasi Anda?
Pada saat ini, saya sangat banyak mendapat inspirasi dari animator dan komikus. Saya tidak memiliki nama-nama tertentu, tapi saya menyukai artist lain untuk semua jenis alasan. Beberapa dari mereka saya kagumi untuk naluri bisnis mereka, sebagian untuk keterampilan mereka dan beberapa untuk desain kreatif mereka. Ini seluruh tempat untuk saya dan terus berubah. Apapun gaya atau teknik baru yang sedang saya kerjakan, biasanya berhubungan dengan tipikal artists yang sedang saya ikuti perkembangannya.

8. Seberapa cepat Anda menemukan gaya fantastis yang anda miliki saat ini?
Terima kasih pujiannya! Saya tidak tahu bagaimana saya menemukan gaya saya. Saya tidak tahu apakah ada yang benar-benar melihat ketika mereka sedang bekerja. Bagi saya itu hanya masalah bekerja dengan cara yang terasa alami. Itu tidak berarti bahwa saya tidak pernah menantang diri saya sendiri, tapi saya menantang diri saya sendiri ketika saya benar-benar sangat terpengaruh dan sulit terlepas dengan sebuah style yang mempengaruhi saya. Atyle itu seperti suatu hal yang tiba-tiba muncul begitu saja, itulah yang sepertinya saya rasakan. Setiap artists yang saya temui dan saya ajak bicara tentang style mereka bahkan tidak pernah menyadari mereka memiliki style khusus saat mereka sedang berkembang. Mereka biasanya hanya menganggap itu mungkin tidak baik, tapi pada satu fase tertentu, mereka melihat karya mereka dan menyadari style mereka nampak di dalamnya, dan itulah mereka. Siapa yang tahu bagaimana hal itu terjadi, tetapi tampaknya semua style terbaik yang pernah kulihat hanya datang secara alami kepada artist dari waktu ke waktu.

orbit___starveil_by_davidrapozaart-d7t0tx1

9. Apa rahasia utama Anda dalam bekerja?
Rahasia utama saya hanya bahwa saya selalu mencampur apa yang saya lakukan. Saya adalah orang yang sangat mudah merasa bosan apabila melakukan pekerjaan yang sama berulang-ulang, jadi saya berusaha untuk benar-benar berkembang dan mengambil style baru dan melakukan banyak cara pendekatan baru. Saat ini saya telah mencoba banyak hak dari Painting Illustrations – Lineart – Comics – Animations – Painted Animation – Traditional – Traditional animation. Saya suka mencoba untuk bekerja pada hal-hal yang saya pikir saya payah. Setiap kali saya bisa bekerja di area yang tidak saya kuasai, saya menemukan beberapa nilai-nilai di situ yang muncul dan memberi pengaruh besar terhadap pednekatan saya kepada art. (Wah pantas style Dave bisa beruha drastis!!)

10. Ada saran untuk membuat style yang keren seperti style anda?
Hal ini akan menjadi sangat mirip dengan jawaban sebelumnya tentang style. Pada dasarnya yang harus dilakukan adalah “hanya” menjadi diri sendiri, bekerja sangat keras dan belajar setiap hari. Anda tidak perlu mencari dan anda akan selalu kembali pada style anda sendiri.

11. Apa plus minus dari dunia industri art menurut anda?
Plus terbesarnya adalah bahwa dalam industri art sekarang ada begitu banyak peluang yang bisa didapat untuk artis baru. Dengan media sosial cara itu, Anda benar-benar bisa melakukan banyak hal dan menemukan audiens. Sungguh menakjubkan betapa industri bisa diakses oleh siapapun saat ini. Minusnya adalah bahwa dengan akses yang mudah, banyak sekali style yang sama, seperti semua artist mengambil inspirasi dari sumber yang sama. Saya suka berpikir tentang internet seperti sebuah kota, industri seni menjadi bagian yang sangat kecil dari kota. Saat kita masih hidup terpisah tanpa internet, yang tinggal di daerah kecil di seluruh dunia, kami memiliki rasa yang sangat berbeda-beda yang tidak pernah didikte (atau setidaknya pada tingkat lebih rendah) oleh media. Kami harus pergi ke toko dan mencari di sekitar komik dan buku-buku seni tanpa mengetahui review dari apa yang baik dan apa yang tidak. Kita harus menemukan selera kita sendiri dan mungkin ada tidak ada seniman di mana Anda tinggal. Tapi sekarang dengan media sosial kita semua mengikuti tren yang sama, kita lihat artikel yang sama tentang art dan artist yang akan datang. Kita melihat film karena semua orang mengatakannya bagus dan kehilangan segala ulasan suatu film ketika semua orang mengatakan kita harus menghindari film tersebut. Saya berpikir bahwa dari waktu ke waktu itu akan lebih mendorong style art makin seragam dan bisa berakhir membunuh kesempatan tumbuhnya ide-ide baru karena munculnya anggapan yang mempengaruhi untuk tidak mengikuti atau mengikuti trend-trend tertentu.

12. Hal favorit yang yang paling menarik untuk anda gambar?

Skulls, Saya selalu suka menggambar tengkorak. Dari saat saya masih kecil saya terobsesi dengan Ghost Rider. Selalu ingin bekerja pada sebuah buku Rider Ghost, masih belum punya kesempatan! Tapi itu inspirasi utama saya untuk ‘Skull & Shark’.

13. Anda juga suka menulis, saat kehilangan ide (writer’s block) untuk tulisan anda apa yang anda lakukan?
Setiap kali saya kehabisan ide untuk menulis saya akan meluangkan waktu ngobrol dan berdiskusi dengan teman-teman saya tentang ide cerita. Sebisa mungkin keluarkan semua ide yang mungkin kelihatan bodoh sebanyak-banyaknya, sampai kita menemukan sebuah atau beberapa ide yang cemerlang! Writer’s block itu bisa bersumber dari perasaan insecure (merasa tidak aman), itu seperti benda dari sekolah mana guru mengharapkan Anda untuk memiliki jawaban yang tepat bahkan sebelum Anda mengangkat tangan Anda. Tidak apa-apa dan perlu untuk mendapatkan semua ide yang buruk terlebih dahulu sebelum sesuatu yang baik bisa datang dari itu.

pacific_rim___movie_posters_by_davidrapozaart-d7sl9qc

14. Apa cara yang paling efektif untuk belajar menggambar dengan baik?
Seperti yang saya katakan sebelumnya, hanya berfokus pada fundamental, bekerja dan rendering dalam bentuk tiga dimensi. Banyak studi dari kehidupan nyata dan obeservasi. Dan setelah semua dirasa cukup, akhirnya kita bisa duduk dan menggambar dengan imajinasi kita!

15. Berikan bimbingan dan saran kepada artist-artist pendatang baru.
Lakukan apa yang ingin kita lakukan, lakukan itu 100%. kita akan mati suatu hari, sama sekali tidak ada alasan untuk menundanya. Anda ingin bisa melihat ke belakang dan mengatakan kita lakukan dengan benar semua yang kita bisa untuk mencapai apa yang kita inginkan dari kehidupan. Dengan internet, apapun itu, kita memiliki semua akses di dunia untuk memperoleh sumber daya untuk mencapainya. Kita dapat menjadi artis yang kita inginkan, kita hanya perlu berdedikasi dan disiplin. Jangan menggunakan internet untuk menunda-nunda dan menyia-nyiakan hidup kita, gunakanlah internet sesuai manfaatnya dan mengambil keuntungan dari semua informasi gratis yang tersedia.

16. Apakah Anda ingin mengajar atau menjual tutorial? 
Saya sudah melakukan cukup banyak mengajar di workshop, saya benar-benar menikmati kebersamaan dengan artist lain berbicara tentang teknik dan pendekatan yang berbeda untuk belajar. Ini adalah sesuatu yang saya berencana untuk terus melakukan :).

17. Jika Anda harus mengajar sekumpulan mahasiswa, apa yang akan Anda ajarkan di bulan pertama?
Saya mungkin akan membuat mereka bekerja setiap hari untuk bulan pertama. Tidak begitu banyak untuk mengajari mereka art itu sendiri, tetapi untuk mengajarkan disiplin diri. Untuk duduk dalam satu tempat dan tetap fokus pada tugas. Untungnya bagi saya, saya merasa seperti saya belajar yang paling tentang hal ini ketika saya belajar skateboarding sebagai anak-anak.

cyborg___starveil_by_davidrapozaart-d7sef3r

Sumber: http://daverapoza.tumblr.com/post/111979940877/an-interview

(BP)

One thought on “Do What You Want to Do, Do that 100%

Leave a Reply