10 Tips Mudah Digital Painting

Hari gini masih bingung apa saja yang harus diperhatikan di digital painting. Digital Pinting merupakan suatu hal yang harus dikuasai bagi pengguna Photoshop, karena penggunaan tekniknya yang bisa kita pakai pada semua gambar. Meskipun sepertinya merupakan hal yang sulit yang dilakukan dengan photoshop, tapi bukannya tidak mungkin, cermati aja tips-tips berikut ini.

1. Mulailah dengan Sketch

qqqq

Tuangkanlah ide, pikirkanlah komposisi, kemungkinan warna dan lighting yang akan diberikan. Sangat penting untuk membuat sketch hingga kamu merasa cukup puas, sketch yang kuat akan membuat hasil yang bagus.

2. Blok Area Warna
Untitled-1Untitled-3
Round Brush sangat ideal untuk blok pada bentuk dan area warna. Pikirkan sumber cahaya dan buat lah shading sesuai arah cahaya. Gunakan Color Picker untuk mengambil warna yang bertabrakan/overlap dan blend kedua warna hingga dua warna tersebut membaur.

3. Pakai Tambahan Layer
Untitled-1
Buatlah layer untuk setiap element warna/gambar/objek, namai setiap layer. Layer akan sangat membantumu ketika harus mengganti warna atau bentuk pada element yang dipilih, tanpa harus merubah element gambar yang lainnya.

4. Coba Custom Brushes

Untitled-1

Buatlah Custom Brushes atau kalau tidak mau repot cari di internet. Dengan Custom Brushes kamu bisa membuat atau menambah tekstur unik pada gambarmu. Dengan mencampurkan beberapa custom brushes gambar kamu bisa terlihat lebih enak dan unik.

5. Memanfaatkan Lighting Filter

aveen_at_your_service_by_devenum-d84v71h

Gunakan efek filter lighting untuk menambahkah jumlah cahaya. Dari Spotlight hingga Soft Omni, jumlah sumber cahaya bisa diadaptasi untuk menonjolkan texture pada objek

6. Color Dodge
valla_vs_azmodan_by_devenum-d8zua9x
Dengan Color Dodge kamu bisa membuat highlight yang keren. Tapi bukan berarti semua hi-light bisa dibuat dengan color dodge.  Seperti pada gambar penggunaan color dodge untuk mempertajam hi-light pada armor, bagian yang ter scratch.

7. Blur
yennefer_by_devenum-d95hxw0
Manfaatkan Filter Blur. Buat gambarmu sekreatif mungkin dengan memberikan blur filter pada bagian tertentu atau bisa digunakan untuk membuat efek dof (depth of field).

8. Liquify Filter
Untitled-1
Gunakan filter ini untuk membenarkan objek yang sekiranya belum pas atau sesuai. Filter ini mirip smudge tool namun kalau untuk me reshape objek Luquify lebih mudah dan bagus hasilnya.

9. Buat dari Besar ke kecil

Untitled-2Dari besar ke kecil maksudnya adalah jangan fokus ke detail dahulu, tapi fokus membuat basic shape, warna dan lighting, setelah overall terbentuk barulah membuat detailing. Seperti ketika membuat sketch, kita buat dari basic shape ke detailing.

IFCIFd

 

10. Grayscale Painting

witch_by_devenum-d986wd6
Jika kamu merasa belum bisa shading cobalah untuk membuat gambar dengan grayscale dulu, caranya kamu bisa gunakan referensi gambar yang telah dibuat grayscale. Dengan seperti ini kamu bisa memaksimalkan shading pada gambarmu walau langsung di paint warna, tanpa harus dibuat grayscale dulu.

Jadi apakah kamu sudah cukup terbantu dengan tips diatas?

©Carrot Academy 2016

Artwork and Words by Devenum

Leave a Reply