LOADING

Type to search

Share

Di artikel sebelumnya mengenai meggambar itu menyenangkan, ternyata banyak yang memberi tanggapan yang menggelitik, “menggambar itu bikin stress kalo udah deadline.” Tapi tunggu…jangan salahkah menggambar-nya…. Mungkin kamu perlu meninjau kembali, kejadian dimana kamu stress karena (mungkin) banyak revisi dan deadline udah menyerang.
Memang sih kadang rencana kita tidak 100% berjalan mulus. Tapi setidaknya jika kita merancang sebuah rencana, taktik dan strategi, waktu dijalani tidak akan seberat jika kita tidak ada rencana apalagi kesiapan.

asdadasdasd
Deadline bisa jadi musuh juga bisa jadi teman. Tergantung bagaimana kamu membuat strateginya. Jangan sampai penunda menghasut dan menyerang pikiranmu. Ibarat penunda itu witch dan yang kamu butuhkan adalah armor dengan efek 100% resist procrastination. Jadi bagaimana membuat atau mendapatkan armor seperti itu.

1. Buat Papan Rencana

415-goingunder-wall1

Buatlah papan rencana dan tempelkan pada tembok, pastikan mudah dilihat setiap saat, ketika bangun tidur, maen game, atau masuk ke kamar. Tempelkan setiap projek yang akan atau sedang kamu kerjakan. Wajib, tanggal deadline dibuat tebal yang ter Highlight.

2. Kamar atau Ruang Kerja Rapi

cf5e497de762eeb0c54ba7288ba644f2

Untuk membuat gambar/karya yang super duper keren pasti kamu butuh inspirasi. Jika tempat kerjamu berantakan, yang ada hanya menambah stress. Yang pasti jika ruangan nyaman, pasti pikiranpun jadi lebih rileks. Jika kamu memang malas merapikan kamar, kamu bisa cari tempat sementara. Carilah tepat yang menurutmu nyaman, enak dilihat, sejuk dan menyenangkan. Bisa dimana saja taman, ruang tamu, atap rumah, tempat kerjamu, rumah teman, atau jika kamu mau keheningan yang ekstrim coba ke kuburan hahaha…

3. Singkirkan Tempat Bekerjamu dari Hal yang Mengganggu

facebook-android-log-in_1020

Tutup semua aplikasi atau halaman sosial media (untuk sementara waktu) karena mau alasan apapun sosial media bisa menjadi hal yang dapat mengganggumu. Pakai internet untuk hal yang berurusan dengan projek saja. Jika ada TV, matikan. Setting ke Silent handphone kamu. Jika kamu sedang membaca artikel seperti ini, tapi kamu ada deadline, lupakan dulu dan tutup saja…lanjut baca ketika projek selesai.

4. Pilih Musik yang Tepat

Dimebag-Darrell-Live-Archives-1994-2001-Photos-Steve-Trager007

Musik dapat mempengaruhi mood, jangan puter lagu melow atau sedih jika kamu sedang balapan dengan deadline. Cobalah lagu yang bikin rileks atau lagu yang dapat mendidihkan semangat. Mozart, vivaldi, Chopin, Beethoven, Strauss atau musik tua lainnya jika kamu butuh suara yang dapat merilekskan pikiran. Queen, Ufo, Scorpions, dll kalau kamu suka old school Rock. Jika kamu suka Metal coba metal old school sperti Anthrax, atau yang agak modern Children of Bodom, Dream Theater, Nevermore, Six Feet Under dll. Atau yang groovy seperti Pantera, Lamb of God dll. Tapi bagi kamu yg suka metal tapi males dengerin Growl Vocalisnya bisa coba Conquering Dystopia, Dream Theater (yang instrumental), Keith Merrow, Jeff Loomis dll.

Tapi beberapa orang ada yang benar-benar suka keheningan. Jika kamu salah satu tipe seperti ini kamu bisa menggunakan earphone atau headset untuk menutupi telinga

Yang penting jangan puter lagu sedih atau lagu yang bikin kamu inget sama mantan hahaha

5. Buatlah Strategi

1029894077

Untuk menyelesaikan deadline yang waktunya sempit, setelah kamu dapat projek usahakan langsung membuat strateginya. Buat strategi yang multiple ending. Strategi yang banyak digunakan untuk meminimalisir revisi. Jadi misal kamu buat gambar, cobalah buat alternativ lainnya, dan ketika semua alternative masih ada revisi tetap buat gambar dengan pilihan alternativ. Disamping meminimalisir revisi, alternative gambar juga digunakan agar customer bisa memilih.

6. Siapkan Multiple Referensi
Laptop in classic library

Ketika kamu akan membuat suatu gambar yang super duper ultra keren, siapkan referensi-jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Siapkan referensi sebutuhnya saja, dan jangan sampai terhipnotis hanya untuk browsing-browsing referensi. Kendalikan dirimu sendiri!!
Banyak referensi akan sangat membantunmu untuk mendapatkan sebuah mahakarya.

7. Yang Paling Penting Ambil Alat Kerjamu Dan Lakukan Sekarang Juga

ZZZZZZ

Ambil nafas dalam-dalam…..dan keluarkan pelan-pelan…. Kemudian ambillah pensil atau alat gambarmu. Dan segera menggambar tanpa menunda lagi…. ingat singkirkan benda atau hal yang tidak perlu atau dapat mengganggu konsentrasi dan siap kan musik yang tepat.

 

Bagaimana? Masih ada yang belum jelas atau masih kurang ? Tinggalin komen di bawah atau mau tanya langsung lewat page facebook di:

www.facebook.com/carrotacademy

©2016 Carrot Academy

Words by Devenum – dirangkum dari berbagai sumber

Tags:
Carrot Academy

Carrot Academy adalah pusat pelatihan pengembangan minat ilustrasi bagi siapapun yang ingin mendalami ilustrasi dari benar-benar dasar, pelatihan ini tidak hanya diperuntukkan untuk mereka yang sudah profesional saja namun bahkan mereka yang sama sekali belum pernah menggambar namun ingin mempunyai kemampuan ilustrasi bisa mengikuti pelatihan ini. Anda akan menemui banyak hal bersama Carrot Academy yang akan mengguncang realita Anda, serta mengubah cara pandang Anda tentang ilustrasi, selamannya! Sebagai sebuah terobosan satu-satunya dan pertama kali di Indonesia, sejak berdiri pada tahun 2008, kami telah menghasilkan ratusan alumni di Indonesia untuk mengerti lebih dalam tentang ilustrasi dan bagaimana menjadi seorang Valuable Artist.

  • 1

You Might also Like

7 Comments

  1. Brandi Cutten 24/03/2020

    Hi, just required you to know I he added your site to my Google bookmarks due to your layout. But seriously, I believe your internet site has 1 in the freshest theme I??ve came across. It extremely helps make reading your blog significantly easier.

    Reply
  2. My wife and i got really peaceful that Michael managed to finish off his survey through your precious recommendations he discovered from your web site. It’s not at all simplistic to simply always be freely giving methods which usually people today have been trying to sell. And we all figure out we now have you to be grateful to for that. The entire explanations you made, the simple website navigation, the friendships you can assist to instill – it’s got everything amazing, and it’s helping our son in addition to the family recognize that that issue is satisfying, and that is seriously indispensable. Thanks for all!

    Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *