The Vengeful – Art of Batman; Artbook Presentation by Steven E. Tali

Sebagai syarat kelulusan di program Illustration Diploma Course, siswa harus mempresentasikan tugas akhirnya dalam bentuk artbook. The Vengeful – Art of Batman adalah artbook karya Steven E. Tali sebagai tugas akhir di program Illustration Diploma Course 06 tahun 2017/2018. Program Illustration Diploma Course merupakan program pelatihan ilustrasi 1 tahun penuh yang didirikan semenjak 2014, program ini didesain bagi mereka yang memiliki passion untuk menjadi ilustrator profesional.

Steven Magazine Mockup

 

Perkenalkan nama saya Steven, saya seorang Concept Artist dan Illustrator untuk pembuatan redesign Batman. Dalam redesign Batman ini saya ingin memproyeksikan Batman sebagai karakter yang lebih dark dibandingkan yang ada di komiknya, karena itu judul yang saya berikan pada concept kali ini adalah the Vengeful Art of Batman. Melalui riset dengan membaca komik dan menonton filmnya, saya mendapatkan gambaran Batman sangat identik dengan suasana malam, kelam dan suram. Saya sangat terinspirasi dari zaman medieval, bisa disebut sebagai  zaman dark ages. Nah di situ orang-orang masih menggunakan armor secara sederhana. Saya juga tetap harus memikirkan bagian-bagian dari Batman yang harus ditonjolkan, antara lain logo dari Batman itu sendiri, gauntletnya dan helmnya yang memiliki 2 buah tanduk. Riset tentang dark ages dan medieval itu saya gabungkan dengan konsep Batman ini.

The-Vengeful-Art-Of-Batman-1

The-Vengeful-Art-Of-Batman-3

Saya mendapatkan ide dari julukan Batman “The Dark Knight”. Saya mencoba untuk membuat versi Batman sebagai ksatria berbaju zirah. Mengingat Batman bertarung layaknya ninja dan bukan seorang ksatria maka armor yang dibikin juga sifatnya ringan dan tidak memiliki banyak sekat besi. Saya juga menambahkan gauntlet pada Batman yang berfungsi bukan hanya sebagai alat untuk menyerang tapi juga bisa digunakan sebagai perisai karena bentuknya yang cukup besar. Di zaman dark ages perisai itu sangat penting untuk melindungi diri.

The-Vengeful-Art-Of-Batman-5

The-Vengeful-Art-Of-Batman-16 The-Vengeful-Art-Of-Batman-17

 

The-Vengeful-Art-Of-Batman-7 The-Vengeful-Art-Of-Batman-6

The-Vengeful-Art-Of-Batman-18

The-Vengeful-Art-Of-Batman-19

Untuk karakter Joker saya sangat terinspirasi dari tokoh-tokoh dalam game dan film yaitu karakter Goblin. Beberapa game seperti card game Magic the Gathering maupun film seperti Goblin Slayer.

Goblin terkenal dengan sifatnya dan kehidupannya yang kotor, karena itu giginya dibuat kekuningan dan mukanya nampak beringas supaya memiliki kesan benar-benar jahat. Saya memilih Joker sebagai creature untuk menunjukkan kontras antara Batman dan Joker. Untuk kostum dipilih Cavalier shirt yaitu baju para pencuri yang digunakan pada zaman dark ages. Rambut Joker sendiri ber-style mohawk untuk memberikan kesan berandalan. Joker sangat terkenal dengan pisau dan kartunya, saya juga tetap menambahkan elemen itu pada redesign joker kali ini agar orang tetap menganggap Joker yang di redesign ini benar-benar Joker meskipun bentuknya sudah berubah menjadi seorang Goblin.

The-Vengeful-Art-Of-Batman-20 The-Vengeful-Art-Of-Batman-21 The-Vengeful-Art-Of-Batman-22 The-Vengeful-Art-Of-Batman-23

The-Vengeful-Art-Of-Batman-10 The-Vengeful-Art-Of-Batman-9

Environment yang diplih adalah Gotham City Knights department, redesign dari Gotham City Police Department. Karena di zaman medieval tidak ada kepolisian mereka hanya dijaga oleh para ksatria berbaju zirah, saya membuatnya dalam bentuk barak. Para ksatria itu tinggal dan berlatih di tempat itu. Interior dalam barak dibuat seperti ruang latihan yang sudah hancur karena di situ mereka berlatih dengan keras.

The-Vengeful-Art-Of-Batman-14 The-Vengeful-Art-Of-Batman-13 The-Vengeful-Art-Of-Batman-12 The-Vengeful-Art-Of-Batman-11

 

Harapan saya karya saya ini juga bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman yang ingin melakukan redesign ataupun membuat karakter sendiri.

The-Vengeful-Art-Of-Batman-33

 

The-Vengeful-Art-Of-Batman-38

Leave a Reply