LOADING

Type to search

Share

Final Project berjudul The Happy Buddha ini menjadi karya pertama dari Susanti Kusuma dari program Creative Illustration 1 Yr Fulltime Course angkatan ke-7 dan menjadi best seller setelah berhasil terjual lebih dari 1000 eksemplar sebulan setelah dicetak, selamat ya Santi!

“Hi, saya Susanti Susuma dari angkatan ke 7 program Creative Illustration 1 year Fulltime Course di Carrot Academy. Final project saya adalah sebuah cerita bergambar yang menjadi dengan judul The Story of Happy Buddha.

Saya memilih format cerita bergambar karena saya ingin mengajak teman – teman di semua usia yang malas membaca tulisan untuk bisa menikmati sebuah cerita dengan hanya melihat gambar dan dipandu sedikit tulisan untuk memahami isi dari cerita.

Saya memilih judul The Story of Happy Buddha untuk cerita bergambar yang bergenre sejarah ini untuk menumbuhkan rasa penasaran bagi mereka yang ingin mengetahui sejarah tentang Happy Buddha.

Saya terispirasi untuk membuat karya yang mampu memberi informasi , motivasi dan pesan – pesan moral dalam kehidupan sehari-hari.

Daya tarik dari cergam ini adalah karena menceritakan sejarah pada zaman sebuah dinasti maka gambar dan karakter yang dibuat juga sesuai dengan waktu dan zamannya baik model pakaian, bangunan bahkan model rambut karakter. Cerita ini diambil dari sebuah buku yang berdasarkan sumber yang tepat dimana isi dari buku ini ditulis oleh seorang biksu dari negara China di mana sejarah ini berlangsung.

Tantangan paling berat dalam pengerjaan projek ini adalah menciptakan karakter dan mencari refrerensi untuk bentuk bangunan, pakaian dan model rambut karakter. Karena isi cerita ini berasal dari tahun 800-an di negara china dan karena ini merupakan cerita mengenai sejarah maka tentu saja semua gambar yang saya buat harus sesuai dengan kenyataan. Selain itu kesulitan mencari font yang sesuai dengan konsepnya. Dalam buku ini karakter Happy Buddha ini dibuat berbagai versi dari bayi sampai dewasa.

Proses pembuatan buku ini membuat saya menyadari bahwa proses pembuatan cergam ini ternyata tidak mudah dan butuh waktu yang panjang. Selama ini saya melihat buku cergam tak begitu terkesan namun setelah mencoba membuatnya membuat saya lebih menghargai karya karya orang lain. Ternyata setiap orang melewati proses panjang untuk menciptakan sebuah karyanya. Adanya revisi dari mentor membuat saya lebih mengerti bagaimana komposisi buku yang bagus dan warna warna apa yang nyaman di mata.

Walaupun prosesnya cukup berat dan panjang tapi saya puas dengan hasilnya. Saya yakin ini akan menjadi awal yang baik untuk saya sebagai illustrator di masa depan. Semoga sedikit penjelasan ini membuat temen temen penasaran dan tertarik untuk membaca cergam ini, karena saya sendiri baru mengetahui kisah Happy Buddha ini , padahal saya sudah puluhan tahun menjadi penggemar karakter Happy Buddha. Oleh karena itu jika berminat untuk mengetahui sejarah happy Buddha , segera miliki bukunya dengan menghubungi saya melalui instagram atau whatsapp. Terima kasih.

#diplomacourse #finalproject #artbook #carrotacademy #senilukis #ilustrasi #menggambarilustrasi #lukisan #sekolahgambar #valuableartist #carrotacademystudentartwork

INFORMASI DAN PENDAFTARAN
EMAIL : info @ carrotacademy . com
CALL/WA/SMS : 0857 277 66888
www . carrotacademy . com

Tags:
Carrot Academy

Carrot Academy adalah pusat pelatihan pengembangan minat ilustrasi bagi siapapun yang ingin mendalami ilustrasi dari benar-benar dasar, pelatihan ini tidak hanya diperuntukkan untuk mereka yang sudah profesional saja namun bahkan mereka yang sama sekali belum pernah menggambar namun ingin mempunyai kemampuan ilustrasi bisa mengikuti pelatihan ini. Anda akan menemui banyak hal bersama Carrot Academy yang akan mengguncang realita Anda, serta mengubah cara pandang Anda tentang ilustrasi, selamannya! Sebagai sebuah terobosan satu-satunya dan pertama kali di Indonesia, sejak berdiri pada tahun 2008, kami telah menghasilkan ratusan alumni di Indonesia untuk mengerti lebih dalam tentang ilustrasi dan bagaimana menjadi seorang Valuable Artist.

  • 1

You Might also Like

Leave a Comment