LOADING

Type to search

Steambot Chronicles: Vanguard of Steel by Gerry Salim

Share

Hello saya Gerry Salim dari angkatan ke-8 program Creative Illustration 1 Yr Fulltime Course di Carrot Academy. Inilah presentasi “Steambot Chronickes: Vanguard of Steel” sebuah redesign Artbook yang menjadi final project saya.

Saya memilih format artbook sebagai tugas akhir saya, karena saya ingin menjadi seorang illustrator, sekaligus menjadi kesempatan saya untuk membuat artbook pertama saya yang dikerjakan dengan lebih serius.

Saya mengambil Judul “Steambot Chronicles: Vanguard of Steel” dari seri Original “Steambot Chronicles” dari game PS2. Salah satu game yang menurut saya sangat menarik walau kurang di ketahui banayak orang. Di sini saya mencoba meredesain tema dari seri original menjadi fantasy military yang lebih berfokus konflik antar negara demi menguasai sumber daya alam.

Dikarenakan style ilustrasi dari original game sendiri yang terlihat sederhana, saya mencoba menghadirkan style ilustrasi yang terinspirasi antara perpaduan dari seri Valkyria Chronicles serta Granblue Fantasy.

Daya tarik dari redesign ini adalah bertujuan untuk menghadirkan nostalgia dengan bentuk kemasan yang berbeda, saya menggunakan konsep robot militer dan settingan fantasy. Saya medesain ulang setiap karakter dengan penampilan baru tanpa merombak keseluruhan desain originalnya. Saya berharap dengan bekal skill yang saya dapatkan selama saya belajar di Carrot Academy dapat dituangkan dengan baik melalui ilustrasi dalam artbook ini.

Konten dari artbook ini menceritakan tentang konflik antar negara demi menguasai sumber daya alam. Vanilla sang tokoh utama dan Corriander atau dipanggil Connie yang merupkan anggota band Garland Globetrotter mengajukan diri menjadi anggota militia demi mempertahan tempat tinggal mereka. Connie yang merupakan vokalis dari bandnya berharap suatu saat ia dapat membawakan perdamaian melalui musiknya.

Menurut saya, salah satu tantangan terberat saat proses pengerjaan artbook adalah bagaimana meredesiain sebuah konsep namun tetap mempertahankan konsep originalnya secara keseluruhan agar dapat menarik perhatian pembaca sekaligus membawa kesan nostalgia dari mereka yang pernah memainkannya. Proses merancang mecha atau robot juga menjadi tantang yang tersulit tersendiri karena ini menjadi yang pertama bagi saya dalam merancang sebuah robot

Pada akhirnya dengan segala tantangan dan cobaan yang silih berganti, memberikan saya banyak pengalaman baru dengan terciptanya hasil karya yang pertama saya penuh dengan suka cita. Saya berharap ini akan menjadi dasar yang baik untuk di dunia ilustrasi di masa yang akan datang.

Carrot Academy

Carrot Academy adalah pusat pelatihan pengembangan minat ilustrasi bagi siapapun yang ingin mendalami ilustrasi dari benar-benar dasar, pelatihan ini tidak hanya diperuntukkan untuk mereka yang sudah profesional saja namun bahkan mereka yang sama sekali belum pernah menggambar namun ingin mempunyai kemampuan ilustrasi bisa mengikuti pelatihan ini. Anda akan menemui banyak hal bersama Carrot Academy yang akan mengguncang realita Anda, serta mengubah cara pandang Anda tentang ilustrasi, selamannya! Sebagai sebuah terobosan satu-satunya dan pertama kali di Indonesia, sejak berdiri pada tahun 2008, kami telah menghasilkan ratusan alumni di Indonesia untuk mengerti lebih dalam tentang ilustrasi dan bagaimana menjadi seorang Valuable Artist.

  • 1

Leave a Comment