Skill menggambar saja tidak cukup

Bagi seorang ARTIST punya skill menggambar saja tidak cukup untuk bisa sukses di dunia industri kreatif, mengapa? Mau bagaimanapun ketika kita membicarakan industri sudah pasti ktia sedang membicarakan Bisnis.

Apa saja yang wajib dimiliki Artist?

1. Sudah pasti yang pertama adalah skill, tanpa skill kita tidak akan bisa survive di dunia industri kreatif ataupun dunia bisnis apapun.

2. Pendidikan, bisa menggambar saja tidak cukup. Pendidikan mencakup pengetahuan, untuk bisa berpikir kreatif kita harus cerdas yang berarti kita harus punya pengetahuan yang luas. Sebagai artist yang berkecimpung di dunia industri kreatif, harus mau belajar ilmu marketing minimal tau tentang marketing. Tanpa pengetahuan seperti itu karya kita akan sulit untuk diketahui oleh orang lain. Selain itu kita juga akan sulit memiliki hubungan dengan publik. Jika kita memiliki cukup ilmu dan mempunyai hubungan yang baik dengan publik maka kita akan mudah untuk menjual apapun karya kita.

Pendidikan tidak harus mahal, di internet sumber ilmu super duper banyak apapun yang ingin kita pelajari ada disitu. Selain itu sesering mungkin berkumpul dengan orang yang lebih pintar dari kita. Selain untuk membangun relasi kita bisa sharing ide dan memetik pengetahuan baru.

3. Portfolio, hal ini sangat penting dan harus dimiliki oleh seorang artist. Kenapa begitu? Portfolio ibarat barang bukti pada sebuah kejadian. Jadi portfolio adalah bukti kita, bukti bahwa kita bisa membuat suatu karya. Orang lain bisa menilai seberapa tinggi skill yang kita miliki dengan melihat portfolio yang kita buat. Semaikin banyak portfolio semakin tinggi nilai jual kita. Selain itu dengan porftolio kita juga bisa menilai diri kita, dan sebagai perbadingan antara karya awal dan karya terakhir.

Ekky-3

Artwork by Ekky Vabian

Portfolio juga sangat membantumu ketika melamar pekerjaan, semakin banyak portfolio semakin besar kesempatan untuk bisa masuk di perusahaan yang kita minati.

Tiga hal diatas berlaku bagi Artis di semua bidang, tidak hanya menggambar maupun musik.

Jadi sudah kah kamu mengumpulkan portfolio?

© Carrot Academy 2016

Words by Devenum

 

Leave a Reply