Sesi “Pencil & Thumb Method” di kelas Illustration Essentials

IMG_4518

Sesi “Pencil & Thumb Method” di kelas Illustration Essentials 2.52 merupakan salah satu bagian dari 24 sesi yang harus dipelajari di kelas Essentials. Sesi ini sangat penting karena menjadi dasar bagi seorang artist untuk memiliki kesadaran proporsi. Satu-satunya cara bagi artist untuk mengembangkan kemampuan untuk melihat dan mendapatkan proporsi yang benar adalah dengan memiliki “kesadaran proporsi” ini melalui pengamatan dan praktek membuat sketsa. Sayangnya jarang sekali yang mengajarkan tahap penting ini.

thumbnail 2

Bagaimana cara menggunakan “Pencil & Thumb Method”?

(1) Tempatkan badan dalam posisi kokoh dan stabil (bisa duduk atau bersandar). Rentangkan lengan sejauh mungkin ke depan (biasanya lengan kanan) dengan pensil di ujung tangan.

(2) Tempatkan ibu jari di pensil sebagai pengukur.

(3) Bawa pensil pada garis mata dan objek yang akan kita ukur.

(4) Cobalah untuk menemukan satu bagian sebagian objek panduan untuk mengukur sisa objek. Bagian ini bisa digunakan sebagai patokan ukuran ketika kita tidak sengaja bergeser atau tangan kita berubah posisi.

(5) Setelah menemukan bagian ini, lanjutkan dengan keseluruhan bagian objek, masih menggunakan skala yang sama dari pengukuran awal.

IMG_4489

IMG_4519

IMG_4528

IMG_4532

Dicuplik dari: http://www.drawinghowtodraw.com/stepbystepdrawinglessons/2010/01/how-to-find-measurements-proportions-and-angles-to-draw-with-pencil-thumb-method/

(BP)

Leave a Reply