Rise of the Demon Clown; Artbook by Bryan Tamahari

Rise of the Demon Clown adalah artbook karya Bryan R. Tamahari sebagai tugas akhir di program Illustration Diploma Course 06 tahun 2017/2018. Program Illustration Diploma Course merupakan program pelatihan ilustrasi 1 tahun penuh yang didirikan semenjak 2014, program ini didesain bagi mereka yang memiliki passion untuk menjadi ilustrator profesional.

Magazine-Mockup-Bryan-Web

“Perkenalkan nama saya Brian Tamahari saya merupakan siswa di Carrot Academy Diploma Course ke-6. Saya membuat konsep redesign Batman Rise of the Demon Clown. Konsep ini merupakan hasil gabungan dari karakter Batman yang berasal dari DC. Saya berusaha menggabungkannya dengan konsep Angelarium. Saya memilih konsep ini karena karakter Batman yang lumayan terkenal dari dulu sampai sekarang. Konsep Angelarium dipilih karena karya-karyanya terlihat megah dan seperti dewa-dewa. Saya berusaha menggabungkan kedua konsep tersebut, sehingga dalam konsep ini saya membuat Batman dalam dunia Medieval Fantasy di mana dalam dunia tersebut  masih dipengaruhi oleh sihir.”

Batman-and-the-demon-clown-2

“Batman bertarung menggunakan alat-alat yang di-enhanced oleh sihir. Alat-alat Batman cukup banyak, misalnya saya membuat desain di mana ada kristal-kristal kecil yang dapat menyimpan alat-alat Batman. Untuk mengaktifkan kristal tersebut ia menggunakan sarung tangan khusus, ketika tangannya dimasukkan ke dalam sarung tangan tersebut alatnya akan keluar dan bisa dipakai oleh Batman. Tanduk Batman yang di-enhanced oleh sihir membuat instingnya lebih tinggi sehingga ia bisa membaca gerakan musuh di saat ia bertarung.”

Batman-and-the-demon-clown-4

Batman-and-the-demon-clown-4a

Batman-and-the-demon-clown-5

“Untuk jubah Batman saya menggunakan jubah besar yang berwarna hitam di mana ada aksesori emas yang mengitari bagian leher jubahnya. Di bawah jubah itu terdapat armor. Batman menggunakan armor dan di balik itu ia menggunakan kostum yang terinspirasi dari bikshu-bikshu dalam game RPG dan saya berusaha menggunakan banyak kain di dalam kostum Batman agar terlihat seperti karya Angelarium, di mana banyak kain-kain yang melayang.”

1. Batman Re-design Concept.

Batman-and-the-demon-clown-6

Batman-and-the-demon-clown-7a

Batman-and-the-demon-clown-8

Batman-and-the-demon-clown-9

Batman-and-the-demon-clown-10

Batman-and-the-demon-clown-11

Batman-and-the-demon-clown-20

1. Joker Re-design Concept.

Dalam konsep ini, saya mendesain Joker sebagai iblis yang keluar dari neraka dan berencana menghancurkan dunia. Dalam misinya di sini, ia akan menyerang Arkham, kuil di mana monster-monster yang telah ditangkap oleh Batman disimpan. Dia akan membebaskan monster itu dan memerintahkan mereka menghancurkan dunia. Nhah misi Batman di sini adalah untuk mencegah semua hal itu terjadi.

Batman-and-the-demon-clown-12

Dalam konsep ini saya membuat Joker menjadi seekor monster. Saya ingin membuat dia kelihatan ganas sebagai peran antagonis. Bagian kepala Joker terinspirasi oleh kepala naga. Tubuhnya memiliki lengan yang sangat panjang dan tangan bercakar tajam dan sisik keras seperti naga.

Batman-and-the-demon-clown-13

Batman-and-the-demon-clown-14

Dia memiliki dua cambuk di punggungnya untuk membantu dalam bertarung jarak dekat. Ujung ekornya terdapat senjata yang dapat menembakkan racun untuk bertarung jarak jauh.

Batman-and-the-demon-clown-15

 

 

Batman-and-the-demon-clown-27Batman-and-the-demon-clown-16Batman-and-the-demon-clown-17

Batman-and-the-demon-clown-18

 

3. Arkham Re-design Concept.

Dan untuk yang ketiga, yaitu Arkham. Dalam konsep ini saya membuat Arkham menjadi sebuah kuil tempat monster-monster yang telah ditangkap oleh Batman ditahan. Kuil ini sangat jauh dari tempat peradaban manusia, suatu tanah yang dikelilingi oleh jurang yang di bawahnya terdapat lava dan hanya ada satu jalan masuk di tempat itu.

Batman-and-the-demon-clown-21

Di dalam Arkham terdapat tabung-tabung yang berisi monster yang disegel oleh Batman. Sebuah jimat yang sangat kuat di tempatkan di sana untuk menahan agar monster-monster itu tidak keluar. Sebuah tengkorak yang sangat besar diletakkan di atas pintu gerbang yang sebenarnya merupakan monster yang bisa hidup ketika Arkham diserang.

Batman-and-the-demon-clown-22

Batman-and-the-demon-clown-23

Batman-and-the-demon-clown-24

Batman-and-the-demon-clown-25

Batman-and-the-demon-clown-26

 

Saya harap dengan konsep ini saya bisa membantu mendorong artist-artist agar mereka lebih berani lagi menunjukkan ide kreatif mereka kemudian mewujudkan ide mereka menjadi sebuah karya, jadi tidak hanya sebagai ide-ide saja. Sekian dari saya, terima kasih.

Batman-and-the-demon-clown-27A

Leave a Reply