LOADING

Type to search

Rahasia Agar Tetap MOOD Dalam Berkarya

Share

“MOOD harus dikontrol. Jika tidak kita akan jadi HAMBA MOOD!” – Toba Beta.

MOOD atau SUASANA HATI adalah bagian dari ritme emosional namun sedikit kurang kuat daripada emosi. MOOD biasanya memiliki pemicu, seperti kejadian atau pengalaman tertentu.

“Uniknya aktivitas menggambar bisa memicu MOOD sebagai media ekspresi namun sebaliknya kita juga membutuhkan MOOD tertentu ketika mulai menggambar.”

MOOD banyak dipengaruhi faktor eksternal sehingga kita perlu tahu rahasia untuk mendapatkan mood yang baik. Apa saja tips mendapatkan MOOD untuk menggambar?. Kita akan bagikan rahasia cara membangkitkan mood ketika kita berkarya.

1. SADAR LINGKUNGAN.

Lingkungan memegang peranan penting dalam membangun mood menggambar. Ada 2 faktor yakni lingkungan di dalam ruang kerja dan di luar ruang kerja kita. Ruangan milik kita adalah area yang sepenuhnya ada dalam kontrol kita, sehingga kita bisa mengatur sesuai keinginan kita. Ruangan yang terang, rapi, bersih dan wangi terbukti membangkitkan perasaan POSITIF yang membuat mood membaik.

Sangat disarankan sebelum berkarya luangkan beberapa menit TIAP HARI untuk membereskan ruang kerja kita. Bersihkan debu dan sampah, susun barang-barang sesuai tempatnya dan singkirkan barang yang tidak perlu. Sebagai sentuhan akhir, semprotkan pewangi yang akan membuat atmosfir segar di ruangan kita. Kitapun siap berkarya!.

“Kerapian bisa merubah hidup kita.” – Marie Kondo

Bagaimana dengan faktor lingkungan di luar kita? Faktor di luar lingkungan bisa memberi pengaruh pada mood, misalnya ramai, berisik, berdebu atau panas. Bagaimana jika kita sulit mengontrol faktor di luar lingkungan?

Kita bisa memilih waktu yang berbeda untuk menghindari ketidaknyamanan tersebut. Kita bisa memilih waktu malam hari yang relatif lebih tenang dan sejuk. Ini adalah tentang kompromi dengan keterbatasan tanpa mengurangi kesempatan kita untuk berkarya. Dengan suasana malam yang relatif tenang, otak kita akan bekerja dengan lebih baik. Tapi jangan lupa untuk mengimbanginya dengan istirahat yang cukup karena aktivitas di malam hari bisa mengurangi waktu istirahat kita.

“Tidak semua beruntung mendapatkan kenyamanan lingkungan, namun jangan jadikan alasan untuk berhenti berkarya.”

2. MENGHIPNOTIS DIRI SENDIRI.

Tidak seperti hipnotis yang sering kita lihat di tayangan reality show. Hipnotis mandiri ini adalah sebuah teknik untuk mengendalikan segala informasi yang akan masuk ke otak kita yang akan mempengaruhi mood kita. Hipnotis yang akan kita bahas di sini adalah bagaimana kita menghipnotis diri kita agar lebih produktif berkarya dengan membuat mood kita membaik. Hipnotis yang kita lakukan adalah dengan cara kita harus berhati hati dengan apa yang kita lihat dan apa yang kita dengar. Apapun yang rutin kita lihat dan kita dengar itu otomatis secara langsung dan tidak langsung akan mempengaruhi tindakan kita.

Penelitian oleh Stanford Researcher menemukan ada 3 syaraf otak yang bekerja tidak biasa saat dalam pengaruh hipnotis. Kita bisa re-program otak kita untuk menciptakan MOOD yang baik dengan menghipnotis diri kita dengan audio visual yang berhubungan dengan gambar.

Jika kita ingin menggambar tapi sehari hari kita menonton video youtube memasak atau video game secara tidak sadar itu akan membuat kita tidak ingin menggambar. Sebesar apapun niat dan dorongan untuk menggambar bisa hilang berganti dengan keinginan untuk makan, masak atau bermain game. Kita harus mampu untuk menghipnotis diri sendiri dengan cara mengelilingi diri kita dengan segala hal yang berhubungan dengan mimpi kita (mengambar). Kelilingi diri kita secara visual dan audio dari media apapun seperti sosmed, entertaintment, pergaulan, obrolan dll. Pastikan bahwa topik yang paling dominan memasuki mata dan telinga kita adalah tentang gambar.

3. MEMBUAT TARGET YANG REALISTIS.

Berikutnya, hal yang mampu membuat kita kehilangan mood berkarya adalah adanya target yang tidak masuk akal. Sebagai contoh ketika kita berencana menggambar sebuah komik dan kita memasang target tinggi sekali, misalnya harus jadi satu cover full color super detail. Semangat yang berlebihan membuat kita cenderung impulsive akibat dorongan untuk memuaskan ego kita. Ketika mengalami kesulitan akibat target yang tinggi MOOD kita akan rusak dan timbul rasa tidak percaya diri yang bisa membuat kita BERHENTI menggambar. Otak kita akan berkata:

“Wah si komikus ini kasih target gak masuk akal”

“Dari pada ngerjain sesuatu yang gak masuk akal mendingan maen game, nonton film, maraton serial  (anime, drakor dll)”

Planning Fallacy adalah teori yang dicetuskan Daniel Kahneman tentang kecenderungan untuk menetapkan target yang tinggi dengan mengabaikan skill dan resiko. Hal ini disebabkan adanya optimisme yang bias dan tidak bisa mengukur kemampuan dengan baik. Kecenderungan ini justru sering terjadi oleh para pemula karena kurangnya pengalaman dan merasa insecure dengan kemampuannya sehingga menjadi impulsive dan tidak sabar dan menetapkan target yang tidak realistis.

Saat menemui kesulitan dalam mengerjakan gambar kita yang memiliki target yang terlalu tinggi, akan timbul perasaan tidak percaya diri, merasa bahwa skill kita jauh dari cukup dan timbul perasaan negative lainnya. Jadi pastikan pasang target yang masuk akal

Terlalu optimis itu tidak bagus, tapi terlalu pesimis juga jelek. Perasaan optimis berlebihan membuat kita impulsive, membuat kita tidak bisa mengukur kemampuan dan tingginya target. Misalnya hari ini saya mau membuat sketch komik nya saja, sketch sederhana sampai halaman 2.

“Kita bisa memecah target kita tanpa merubah GOAL kita.”

Dengan menurunkan target kita, jangan kuatir kita akan kehilangan goal kita. Dengan memecah target kita bisa membuat 2 halaman sketch sederhana untuk komik kita. Kita bisa menaikkan target berikutnya dengan mengukur pencapaian kita di hari pertama. Kita akan mencapai goal kita pada waktunya.

“Setiap sukses kecil yang kita capai karena menyelesaikan tugas, tubuh kita memproduksi dopamine yang akan memberikan MOOD untuk pencapaian berikutnya.”

Itulah 3 rahasia menciptakan mood yang bagus untuk memulai berkarya. Sekarang, segera ambil pensil dan menggambar!

Art by: Karina Chendana @karinachen – Illustration Essentials

Tags:
Carrot Academy

Carrot Academy adalah pusat pelatihan pengembangan minat ilustrasi bagi siapapun yang ingin mendalami ilustrasi dari benar-benar dasar, pelatihan ini tidak hanya diperuntukkan untuk mereka yang sudah profesional saja namun bahkan mereka yang sama sekali belum pernah menggambar namun ingin mempunyai kemampuan ilustrasi bisa mengikuti pelatihan ini. Anda akan menemui banyak hal bersama Carrot Academy yang akan mengguncang realita Anda, serta mengubah cara pandang Anda tentang ilustrasi, selamannya! Sebagai sebuah terobosan satu-satunya dan pertama kali di Indonesia, sejak berdiri pada tahun 2008, kami telah menghasilkan ratusan alumni di Indonesia untuk mengerti lebih dalam tentang ilustrasi dan bagaimana menjadi seorang Valuable Artist.

  • 1

Leave a Comment