Penyebab “Mentok” ide dan cara mengatasinya

Stuck atau Mentok ide?

Hal seperti ini biasa terjadi terutama kepada mereka yang berkecimpung di dunia kreatif. Mentok atau stuck bisa menjadi pemicu stress, yang mengakibatkan hilangnya mood.

Rasanya seperti ada tembok berlin yang menutupi jalan pikiran. Semakin kita memaksa menjebol tembok tersebut justru semakin kuat tembok tersebut.

Ketika sudah stress dan hilang mood, kita serasa ada di padang pasir….tak tau harus kemana. Hal ini membuat kita jadi malas untuk beraktivitas.

stress_managment

Penyebab penyakit ‘mentok’ adalah:

1. Tidak mau belajar dari yang sederhana.

2. Tidak mau repot belajar dari yang dasar.

3. Tidak sabar atau tidak mau menerima proses, maunya CLING!!! jadi seperti seseorang yang sudah puluhan tahun menempa ilmu.

4. TIdak mau menerima kenyataan kalau ‘Bakat dan Skill itu tidak ada’ yang ada adalah kita belajar terus, bakat dan skill itu bisa didapat ketika ilmu yang kita pelajari ditempa terus menerus.

5. Tidak mau usaha ketika belajar, tapi bukannya mencoba setelah itu bertanya tapi tanya terus tidak take action.

6. Tidak mau atau malas memakai referensi.

7. Tidak mau atau malas mencoba hal baru.

8. Tidak mau atau malas memakai referensi yang berbeda aliran atau genre. Seseorang dikatakan kreatif itu karena ia telah melihat berbagai macam jenis, aliran dan bentuk referensi.

9.  Merasa cukup dengan skill yang dimilikinya, atau tidak mau keluar zona nyaman

“Upgrade skill itu gampang, masalahnya MAU atau TIDAK”

Dan…bagaimana cara menghilangkan “mentok” itu?

113

Ada beberapa hal yang sangat mudah dilakukan untuk menghilangkan Mentok ide.  Beberapa hal yang bisa dilakukan itu adalah:

1. Lakukan hal lain

 

_MG_0305 copy

Ketika ide tidak kunjung datang atau mentok, salah satu hal termudah adalah melakukan hal lain. Misalnya mendengarkan musik, sepedaan keliling komplek/kampung, main kerumah temen, ngepoin seseorang, olah raga dll.

2. Berkumpul atau ngobrol dengan teman
Dick Macks Pub - Dingle Ireland
Berkumpul atau ngobrol dengan teman juga salah satu hal yang bisa meningkatkan mood atau mendapatkan kembali ide-ide yang hilang. Dengan mengobrol kita bisa sharing ilmu, pengalaman, brain storming dll. Atau belajar bersama dengan teman atau di Grup sosial media, Contohnya di grup Carrot Academy kamu bisa ikutan brain storming, saling balas komen di postingan orang, diskusi ketika bedah artwork artist terkenal dll

3. Mandi
e7835559c843e1cd30ed3c8f4779d49e_400x400
Mandi? ga salah nih… apa hubungannya mandi dengan mentok atau stuck ide?Tapi banyak orang mengakui keteka mereka mandi/shower secara tanpa sadar dan tiba-tiba, ide, ilham atau apapun itu terlintas di pikiran kita. Selain itu mandi juga membuat badan segar. Jadi cobalah sediakan buku catatan dan pensil ketika akan masuk kamar mandi, dan ada untungnya jika kamu punya HP anti air jadi tidak perlu repot-repot bawa buku catatan.

4. Internet

 

article-2256067-16B964D7000005DC-733_634x409

Ya internet, internet tempatnya semua info disebar, dari ilmu hitam sampai ilmu brilian. cobalah cari referensi lain, baca artikel, liat meme, youtube dll. Tapi inget, selalu sadar diri…memang internet itu kamu bebas menjelajah tapi kamu juga harus waspada dan memfilter dan hindari hal-hal “BURUK” hahaha….

5. Jangan terobsesi

 

280762_9740510_lz

Jangan terobsesi disini maksudnya adalah, misalnya kamu sedang terobsesi jadi artist professional dan kerja di studio terkenal kemudian ketika anda mentok, cobalah untuk memikirkan dan mengganti sementara obsesimu. Bukan berarti melupakan obsesi terbesarmu itu. Misalnya kamu jago gambar dan jago maen gitar. Ketika mentok ide saat menggambar, ambilah gitarmu mainkan musik favoritmu, atau bahkan gali teori musik lebih dalam.

6. Baca buku

 

acid_picdump_55

Pergilah ke Perpustakaan, ke toko buku terdekat atau baca online. Selain nambah wawasan, buku juga bisa sebagai sumber inspirasi. Seperti novel ketika kita membaca novel kita pasti akan kebayang scene yang terjadi dalam cerita yang sedang kita baca.

 

Note: Ingat, walaupun di kejar deadline cobalah tetap luangkan waktu agar tidak mentok, ga mood atau stress.

meme-orkel
Sekian dulu guys…selamat beraktivitas.

If you like it, share it… if have something else, give us feedback. :D

2 thoughts on “Penyebab “Mentok” ide dan cara mengatasinya

  1. Thanks buat tipsnya kakak… ada id line yg bisa di add gak buat belajar lebih banyak tentang art??

  2. thankss banget nih problem sering ngalamin banget haha, dan tips nya sangat membantu.. semangart!

Leave a Reply