Pentingnya Gelar Akademis bagi seorang Ilustrator

Perlukah gelar akademis untuk menjadi ilustrator profesional?

sertifikattt Pernahkah kita mendengar seorang artist profesional mengklaim bahwa kesuksesannya adalah karena gelar sarjana ilustrasi yang ia miliki? Atau mungkin mendengar seorang artist besar dengan karya yang luar biasa dipertanyakan gelar kesarjanaannya? Tidak seperti bidang pekerjaan lain yang gelar merupakan hal yang sangat penting, ada hal krusial lain bagi seorang artist untuk mereka miliki lebih dari sekedar gelar sarjana yang mereka raih. Saat seorang artist dalam proses mencapai gelar akademisnya hal yang paling utama adalah mengedepankan pengembangan dirinya sebagai seorang artist daripada mengejar nilai atau kredit.

certificate 1Ada 2 pencapaian penting bagi seorang artist, yaitu sebuah portfolio dan publikasi yang bagus bagi portfolio tersebut. Untuk menghasilkan sebuah portfolio yang baik, seorang artis harus terus berkarya – konsisten dan produktif. Hal kedua adalah publikasi, publikasi portfolio seorang artist kini lebih mudah melalui website portfolio maupun sosial media, seperti Deviantart, Facebook atau Instagram dll.

“Your work, your attitude and your commitment are all that matters”.

Untuk mencapai semua hal itu, seorang artist harus mengedepankan 3 hal: Kerja keras, attitude dan komitmen. Tiga hal ini akan mengantar artist menjadi seorang profesional di bidangnya. Lebih mudah menemukan artist-artist terkemuka yang meraih sukses karena tiga faktor ini dan bukan hanya karena ia memiliki gelar akademis.

Memiliki portfolio yang bagus dan menjadi individu yang selalu bisa diandalkan adalah hal yang sangat penting. Seorang klien hanya peduli pada hal-hal berikut:

  • apakah mereka menyukai apa yang mereka lihat?
  • apakah kita mampu memberikan lebih dari apa yang mereka suka, tepat waktu, dengan spesifikasi mereka?
  • apakah anda akan memperlakukan pekerjaan dari klien anda dengan baik sehingga klien mengingat anda sebagai seorang artist yang menyenangkan dan profesional?

10574324_10152420169508803_6564727590561678889_n

Gelar sarjana yang kita miliki adalah pertimbangan terakhir setelah point-point tadi. Klien lebih tertarik melihat portfolio dan pengalaman kita selama menjadi artist dari pada gelar yang kita miliki. Sekali lagi, kita tidak perlu gelar akademis untuk menjadi seorang ilustrator. Kerja keras, portfolio yang kuat dan jaringan yang bagus adalah kunci sukses menjadi ilustrator profesional.

Tapi bagaimana kita mengembangkan skill teknis dan profesionalisme kita apabila kita tidak mengambil kelas ilustrasi? Kita semua tahu sebuah akademi ilustrasi akan membantu kita dalam materi-materi drawing, painting, color theory, design and art history dan berbagai macam sill teknis lainnya.Mengambil keputusan untuk mengambil sekolah art adalah hal yang sangat penting, jadi kita sebaiknya menemukan tempat yang tepat untuk memperdalam skill ilustrasi kita dan membantu membentuk kita sebagai artist profesional.

Jadi apa yang harus kita pertimbangkan ketika kita ingin belajar ilustrasi di sebuah akademi?

Sekolah seni akan membantu kita dalam 3 hal:

  1. skill aritistik
  2. pengetahuan teknis
  3. Membangun sebuah networking.

 Jadikan 3 hal tersebut sebagai prioritas ketika kita ingin memilih sebuah akademi ilustrasi. Sekolah tersebut harus mampu mendorong kita untuk menghasilkan kumpulan portfolio terbaik ketika kita menyelesaikan masa belajar kita. Sekolah tersebut harus mampu membentuk atitude dan membantu menciptakan karakter profesional dalam diri kita. Satu lagi, sekolah itu harus mampu membantu kita memiliki jaringan atau creative circle yang akan mempermudah kita saat masuk dunia industri. 

gabung-6

Bagaimana peta dunia industri saat ini?

Pergeseran orientasi ekonomi dunia Fordist ke post-Fordist yang mengedepankan aspek sumberdaya manusia telah menyebabkan persaingan luar biasa dalam merebut dan merayu talenta-talenta di dunia kreatif. Masa depan ekonomi dunia berada di pundak orang-orang kreatif yang mampu menyulap pengetahuan dan kreativitas menjadi inovasi yang melahirkan mesin ekonomi yang luar biasa.

Di era industri ini, sebuah akademi ilustrasi juga dituntut untuk bisa memberikan pengalaman dalam mengerjakan materi yang sama yang dikerjakan di industri. Sehingga saat siswa menyelesaikan belajarnya mereka telah memiliki portfolio yang sesuai dengan parameter dunia industri dan tidak terjadi kesenjangan kompetensi artist dengan tuntutan dunia industri yang spesifik dan terus berkembang. Selama belajar, siswa juga dibekali materi-materi self branding juga menjadi hal wajib karena di era informasi digital artis harus mampu “menjual” dirinya dengan baik. Saat ini artist dengan soft skill yang lebih unggul akan memperluas kesempatannya untuk lebih bisa berkembang di dunia industri. Artist tidak melulu menunggu “mendapatkan” pekerjaan. Seyogyanya artist akan mampu menciptakan peluang berkarya dan sukses bagi dirinya sendiri. Ekonomi kreatif berorientasi pada sumber daya manusia sebagai kontributor utama bidang ekonomi ini. Secara fair ini adalah tempat yang sangat menghargai skill dan performa. Seorang artist dengan porfolio dan attitude yang baik akan dengan mudah masuk industri.

Jadi, bagi mereka yang ingin menjadi artist profesional, temukan tempat terbaik untuk saat memutuskan memilih sebuah sekolah ilustrasi, pastikan hal-hal krusial tadi bisa dipenuhi oleh sekolah tersebut.

1297985112_industrial-workers-of-the-worldRibuan lulusan baru dari institusi akademis kreatif lahir setiap tahunnya berebut porsi kue pekerjaan di industri. Permasalahan yang muncul adalah sering kali terjadi kesenjangan kompetensi dari lulusan baru yang belum cukup memenuhi standar yang ditetapkan industri. Dunia industri kreatif adalah dunia yang selalu bergerak cepat, dinamis dan selalu penuh hal yang baru. Sementara percepatan gerakan industri terkadang tidak mudah terbaca dan tidak selaras dengan apa yang terjadi di dunia pendidikan kreatif.

Carrot Academy melihat celah kesenjangan ini sebagai tantangan untuk mengisinya dengan menciptakan program-program yang mampu menjembatani celah kesenjangan ini. Salah satu program yang disiapkan Carrot Academy untuk mencetak artist yang profesional dan kompeten di industri adalah 1 Year Diploma Program – Creative Illustration. Program ini memiliki fokus untuk memberikan siswanya kemampuan menciptakan peluang bagi dirinya di dunia industri alih-alih hanya sebagai “pencari peluang kerja”. Carrot Academy menyelaraskan program-programnya dengan industri kreatif sehingga pembelajaran di dalamnya menyerupai assignment yang dikerjakan dalam industri kreatif.

ife-3

Refferensi:

http://ask.metafilter.com/167583/Do-I-need-a-college-degree-to-become-an-illustrator

http://work.chron.com/degree-need-illustrator-2982.html

 

 

One thought on “Pentingnya Gelar Akademis bagi seorang Ilustrator

Comments are closed.