Penting Dan Harus Diketahui Bagi Seorang Artist

Seorang artist itu harusnya ga hanya bisa gambar tapi tahu banyak hal. Jadi setidaknya ketika ditanya seseorang kita bisa menjawabnya secara teoritis. Jadi orang lain akan menilai kita lebih….dan kita pun merasa lebih pede hahaha.

Sebenernya apakah yang harus diketahui bagi seorang artist. Yang harus kamu ketahui adalah ini “Lima Unsur Penting Dalam Shading.” Kenapa penting, karena shading adalah hal yang utama dalam menggambar. Tanpa shading… gambar terlihat flat dan biasa, hanya seperti sketch/doodle.

Dalam menggambar realis maupun semi realis, kamu harus benar-benar memahami bagaimana cahaya bisa sangat mempengaruhi suatu objek. Ada lima unsur shading yang sangat penting untuk menggambarkan bentuk  objek secara realistik.

Amati gambar bentuk bola dibawah

aaaaaaaaaa

1. Cast Shadow

Cas Shadow adalah warna yang paling gelap. Dan selalu berlawanan dengan sumber cahaya. Pada gambar bola itu, cast shadow terdapat di bagian paling bawah dimana bola menempel pada permukaan dibawahnya. Area tersebut tidak ada cahya karena bentuk bola, atau karena suatu objek yang menjorok. Yang menghalangi cahaya dan membuat bayangan. Cas Shadow bisa di sebut juga sebagai Ambient Occlussion

scan_five-elements-of-shading.psd

2. Shadow Edge

Warna abu-abu gelap ini terdapat pada area yang disebut Shadow Edge. Area ini terletak pada bagian yang jauh dari cahaya

3. Halftone

Warna abu-abu ini terdapat pada bagian tengah bola, diantara yang langsung terkena cahaya dan tidak terkena cahaya.

4. Reflected Light

Warna abu-abu muda ini terdapat pada bagian tepi bola atau pada object dan membagi gelapnya Shadow Edge dari Cast Shadow. Reflect light bisa disebut juga sebagai Ambient Light. Jadi Cahaya ini berasal dari sumber cahaya utama yang terpantul dari suatu objek dan mengenai objek lain.

5. Full Light

Area paling terang ini terletak di bagian yang langsung terkena sumber cahaya

scan_five-elements-of-shading.psd

Perbedaan pada tepi merupakan indikasi Shading

Untuk mengindikasi tepi cahaya pada suatu objek, kamu harus membuatnya pada bagian hitam gelap alasnya. Seperti pada gambar, dengan warna background yang terlalu gelap membuat gambar kurang kuat shadingnya.

Perhatikan gambar dibawah.

Artwork oleh Jiyu Kaze, dengan shading yang tepat dan benar gambar pun bisa seperti 3D model.

1926841_604410012982274_1882986005_n

Semoga artikel kali ini membuat kamu jadi lebih cerdas :D

©2016 Carrot Academy

Words by Devenum

Leave a Reply