LOADING

Type to search

Onivira The Five Legendary Heroes; Artbook by Juan Taka

Share

Onivira The Five Legendary Heroes adalah buku ilustrasi karya Juan Taka sebagai tugas akhir di program Illustration Diploma Course 06 tahun 2017/2018. Program Illustration Diploma Course merupakan program pelatihan ilustrasi 1 tahun penuh yang didirikan semenjak 2014, program ini didesain bagi mereka yang memiliki passion untuk menjadi ilustrator profesional.

Depan-Juan

Hallo nama saya Juan, saya penulis dan ilustrator dari buku anak-anak yang berjudul Onivira. Onivira awalnya saya lakukan untuk Inktober, terus saya mulai dari satu karakter yang namanya Anacle.

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-2

Dari Anacle ini, saya mulai bikin backstory-nya dan dari backstory-nya munculah satu universe yang namanya Onivira.

Inspirasi Onivira itu banyak banget, dari; Lord of the Rings; ada Narnia; terus ada Harry Potter. Ketika mengerjakan project akhir saya di program Diploma Course, saya dikasih kesempatan untuk bikin project apa aja dan akhirnya saya pilih Onivira.

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-3

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-4

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-5

Dan dari situ, dari inktober, saya mulai membuat cerita yang akhirnya bisa layak untuk dijadikan buku anak-anak. Jadi pertama-tama saya me-research banyak tentang bagaimana cara membuat fantasy universe. Saya banyak references dari nonton Youtube baca-baca buku dan pelajarin apa yang udah Tolkien, C.S. Lewis sama J.K Rowling yang udah lakukan di buku mereka dan dari situ munculah intisari-intisari yang saya pengen terapin di Onivira.

Kayak misalnya saya pengen ada lima heroes yang mereka dari kota-kota yang berbeda dan akhirnya melawan satu musuh yang bisa mengancurkan dunia mereka. Dari situ saya mulai mengembangkan lagi story-nya dan akhirnya jadilah Onivira.

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-6

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-7

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-8

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-9

Setelah menemukan jalan ceritanya saya mulai mencari nama-namanya. Nah, cari namanya ini rada susah nih. Untungnya saya di bantu oleh website yang men-translate nama menjadi nama elvish, itu semuanya di ambil dari bukunya Tolkien. Untuk Onivira sendiri saya memodifikasi kata Olympia jadi Onivira, dan banyak lagi kaya kota Atland yang tadinya dari Atlantis.

Environment Design

Kalau untuk design saya banyak ngambil dari suku Inca, dan Aztec, juga Maya yang ada di Amerika Selatan. Untuk bangunan, saya khusus di bagian suku Maya. Karena saya terinspirasi dari Temple of the Sun-nya yang ada disana, juga ter-inspirasi dari Machu Picchu dan segala macem. Jadi basically bakalan kaya suku-suku disana.

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-10A

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-11

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-12

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-13

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-14

COSTUM DESIGN

Design baju saya banyak ter-inspirasi selain dari suku Maya, Aztec, dan Inca saya banyak ter-inspirasi dari India, dan juga Greek. Jadi saya mencoba memperpadukan beberapa aspek itu untuk menjadi satu design Onivira.

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-15

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-16

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-17

Character Design

Gua mau karakter-nya humanoid tapi saya juga ngga mau seperti manusia, jadi saya memilih untuk membuat kupingnya seperti kuping elf. Saya juga membuat kulitnya bermacam-macam kaya warna; biru; hijau dan seperti ada warna tan dan segala macem.

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-18

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-19

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-20

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-21

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-23

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-25

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-26

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-26

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-27

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-28

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-31

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-32

Harapan ke depannya kalau misalnya udah di-publish saya mau supaya anak-anak yang baca buku Onivira ini bisa enjoy dengan bukunya sama illustrasi-nya dan bisa terngiang-ngiang sampai mereka dewasa.

Onivira_The_Five_Legendary_Heroes_by_JuanTaka-30

(BP/CA)

Tags:
Carrot Academy

Carrot Academy adalah pusat pelatihan pengembangan minat ilustrasi bagi siapapun yang ingin mendalami ilustrasi dari benar-benar dasar, pelatihan ini tidak hanya diperuntukkan untuk mereka yang sudah profesional saja namun bahkan mereka yang sama sekali belum pernah menggambar namun ingin mempunyai kemampuan ilustrasi bisa mengikuti pelatihan ini. Anda akan menemui banyak hal bersama Carrot Academy yang akan mengguncang realita Anda, serta mengubah cara pandang Anda tentang ilustrasi, selamannya! Sebagai sebuah terobosan satu-satunya dan pertama kali di Indonesia, sejak berdiri pada tahun 2008, kami telah menghasilkan ratusan alumni di Indonesia untuk mengerti lebih dalam tentang ilustrasi dan bagaimana menjadi seorang Valuable Artist.

  • 1

You Might also Like

Leave a Comment