MILISI KREATIF XI (Bag. 2) “Managing Online Payment for Freelance Artist”

Online Payment for International Market

Sesi Milisi Kreatif XI bagian kedua ini dibawakan Tri Satria Jati, siswa Carrot Academy dari program Creative Illustration 1 Year Diploma Course. Tri beberapa tahun belakangan ini telah terjun di dunia freelance artist dan memiliki banyak catatan pengalaman selama bertransaksi online dengan klien dari dalam dan luar negeri menggunakan online payment. Di sesi ini Tri berbagi banyak hal tentang online payment termasuk paypal, virtual paypal dll.

milisi tri

milisi tri 2

Online Payment for International Market

Metode yang paling populer untuk online payment saat ini ada 2:
1. Paypal
2. Western Union

Apa itu Paypal?

Paypal adalah jasa penengah yang paling popular di dunia saat ini untuk transaksi online, Paypal dapat di gunakan dalam berbagai transaksi seperti untuk bisnis online, jual beli barang, menerima pembayaran dari pihak lain secara online atau bahkan untuk membeli sebuah artwork.
Paypal telah menjadi alat pembayaran terbesar di dunia dengan lebih dari 153 juta account. PayPal dapat digunakan di 190 negara dan 17 mata uang yang berbeda di seluruh dunia.

Bagaiman acar kerja Paypal?

Untuk mengirim atau ingin menerima kiriman uang, di paypal, pengirim hanya membutuhkan alamat email akun si penerima, prosesnya sangat cepat dan mudah, pihak lain tidak dapat melihat informasi kartu kredit atau account bank. Hal ini menjadi kelebihan PayPal dalam menjaga keamanan data pribadi penggunanya.

Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat akun paypal?

– Rekening bank
– VCC
– Email baru

Bagaimana cara membuat paypal?

1. Daftar akun dengan email baru

Isi data diri sebenar mungkin sesuai data di ktp teman-teman, lalu nama alamat email harus seprofesional mungkin. Jangan bikin nama yang terkesan “alay” ya:)

Contoh akun email profesional antara lain jossartwork@yahoo, jossart@yahoo.com atau theartofjoss@yahoo.com

Kenapa harus seperti itu? Karena email ini akan kita gunakan untuk berkarier, jadi buat seprofesional mungkin dan buat password email yang berbeda dari biasanya dengan kombinasi campuran antara huruf dan angka, untuk keamanan.

2. Sign Up
Buka halaman website paypal.com, di halaman utama klik Sign up, di paypal memiliki 3 tipe akun, yaitu:
a. Akun personal :
Dengan akun tipe ini anda sudah dapat mengirim dan menerima uang dan melakukan penjualan. Tidak ada biaya untuk setiap transaksi yang anda lakukan pada tipe ini. Namun Ada limitberapa banyak uang yang dapat Anda terima per bulannya.
b. Akun Premier:
Tipe ini hampir sama dengan akun Personal, akun Premier cocok digunakan untuk penjual amatiran yang ingin menjual produknya secara reguler. Jika saat ini anda memiliki akun personal, anda dapat melakukan upgrade ke akun Premier.
c. Akun Bussiness:
TipeAkun Business cocok digunakan untuk bisnis yang berskala besar atau online store. Pada tipe ini anda diperbolehkan menggunakannya pada nam abisnis Anda.

Jadi jika anda bingung memilih akun personal, premier atau business, saat ini anda bisa memiliki akun personal terlebih dahulu.

Di kolom data pribadi anda harus mengisi data pribadi selengkap dan Sesuai dengan data pribadi anda, samakan data pribadi akun paypal dengan akun rekening bank Indonesia anda (BCA, Mandiri, BRI dsb) dari nama, alamat, no telepon dsb ( harus benar-benar sama) karena jika data diri di akun paypal anda berbeda, dengan data diri di akun rekening bank anda, itu akan menjadi sebuah masalah yaitu saldo yang ada di rekening anda tidak akan bisa di-withdraw (dicairkan) dan uang tidak akan sampai di rekening bank anda, dan akun anda bisa terkena limit.

Setelah mengisi data diri di form pendaftaran, skip langsung klik tombol‘’Masuk ke rekening saya’’, setelah itu anda harus menghubungkan akun paypal anda dengan kartu kredit anda, sekarang akun paypal anda telah selesai dibuat, hanya status akun masih tidak terverifikasi.

Apa dampaknya jika akun belum terverifikasi?

a. Tidak dapat menerima kiriman uang
b. Hanya dapat mengirim uang dengan jumlah uang yang sangat sedikit
c. Akun sangat mudah kena limit dari paypal

Mengenal Virtual Credit Card (VCC)

Lalu bagaimana cara agar akun paypal kita terverifikasi? Yang kita butuhkan adalah VCC, apa itu VCC? VCC adalah Virtual Credit Card.

Di mana kita bisa membeli VCC?

Gunakan pencarian dengan keyword berikut di google: “jual VCC paypal 1 tahun”. Atau gunakan cara ini, seperti yang direkomendasikan ketika saya membuat VCC, ketik “indovcc” atau add akun Yahoo Messenger: indovcc
Menggunakan VCC sangat membantu karena harga VCC sangat murah di bawah 100rb per tahunnya dan cara menggunakannya pun sangat mudah

Setelah proses pembuatan akun paypal selesai, kita diminta untuk menambahkan data kartu kredit kita, nah pada proses ini karena kita akan menggunakan VCC, jadi silahkan kontak si penjual VCC tersebut dan order VCC paypal 1 tahun di jasa yang direkomendasikan di atas.

Setelah melakukan pembayaran dengan mentransfer pembayaran VCC-nya, kita akan dimintai email oleh penjual VCC untuk mengirimkan 2 topik :
1. Data VCC yg akan kita gunakan untuk verifikasi paypal.
2. Tutorial menggunakan VCC pada paypal.

Jadi kita tidak perlu bingung, si penjual pasti akan membantu sampai proses verifikasi selesai, tenang aja:D

Cara verifikasi VCC pada paypal

Nah setelah kita mendapatkan kiriman email dari penjual VCC, begini cara verifikasi VCC pada paypal:

Ke my account –>klik dapatkan status verifikasi–> pada kolom status akun masukan Data VCC, ada 4 yaitu :
a. Jenis kartu
b. nomer kartu credit card
c. tanggal kadaluarsa (berakhirnya)
d. kode keamanan

Setelah menambahkan data VCC pada akun paypal kita, proses telah selesai. Kita harus menunggu kiriman sms yg berisi kode exposure/kode epaypal dari penjual VCC atau bisa juga cek di website si penjual VCC setelah 1×24 jam.

Setelah mendapatkan kiriman sms kode exposure, kita akan melakukan login akun paypal–> lalu ke tab status akun–>klik dapatkan status verifikasi–> masukan kode exposure (4 digit) di kotak yg tertera dan SELESAI!! Sekarang akun telah terverifikasi!!

Setelah itu kita harus memasukan rekening bank lokal yang kita gunakan pada akun paypal kita, tujuannya apa? Agar saldo yang ada di akun paypal kita bisa dicairkan dan masuk ke rekening bank kita.

Cara memasukkan akun rekening bank lokal:
1. Login ke situs www.paypal.com
2. Ke My Account –> Profile –> Add or Edit Bank Account
3. Isi data rekening bank dan informasi Bank lokal kita.

Untuk kolom Bank Code (Sandi Bank Penerima) adalah 7 digit angka (terdiri dari 3 angka Sandi Bank + 4 angka Kode cabang Bank tempat membuat rekening)

Catatan 1. Bank code nama lainnya di Indonesia adalah nomor kliring bank, jadi anda juga dapat menanyakan nomor kliring cabang bank kita saja yang mempunyai 7 digit angka agar lebih mudah
Catatan 2. Kode cabang bank bukanlah kode SWIFT bank, untuk mendapatkan nomor Kode cabang Bank anda yang benar kunjungi situs Banknya atau hubungi bank yang bersangkutan
Atau biasanya di web si penjual VCC, tertera kode bank lokal, kita bisa cek disana: www.indovcc.com

jati 1

Bagaimana melakukan Withdrawal terhadap uang kita?

Setelah kita sudah memasukan rekening bank lokal kita ke akun paypal, sekarang kita dapat melakukan withdraw (mencairkan uang) ke rekening bank kita, caranya yaitu:
1. Ke situs www.paypal.com
2. Ke My Account –> Withdraw –> Withdraw funds to your bank account
3. Masukan jumlah uang yang ingin di withdraw dalam dollar (akan di convert menjadi rupiah di rekening bank     kita oleh pihak bank kita secara otomatis)
4. Klik continue dan ikuti langkah selanjutnya
5. Dana akan masuk rekening bank anda dalam 5-7 hari kerja atau mungkin lebih tergantung Bank yang bersangkutan

Syarat dan ketentuan withdrawal paypal ke rekening bank lokal:

1. Untuk bisa withdraw anda harus :
a. Sudah menjadi verified member
b. Memiliki rekening bank lokal di indonesia, seperti BCA, Mandiri, Lippo bank dll atas nama pemegang Paypal tsb. Dana withdraw akan dimasukan ke dalam rekening tsb.
2. Bank lokal yang anda pakai harus dapat menerima Rupiah
3. Diperlukan 5-7 hari kerja atau mungkin lebih tergantung Bank anda untuk memproses withdraw
4. Terdapat minimal jumlah withdraw, yaitu $10 USD atau Rp100.000
5. Terdapat biaya fee setiap anda withdraw, yaitu sekitar Rp16.000 untuk withdraw dibawah Rp1.500.000, gratis biaya fee jika withdraw minimal Rp1.500.000 atau lebih

Paypal Limit/Banned

Ada pun poin-poin yang harus diperhatikan agar akun paypal kita tidak terkena limit/ bahkan banned antara lain :

1.  Buat email dengan nama yg seprofessional mungkin dan password yg sama sekali belum dipakai, utamakan campuran kata antara huruf dan angka.

2.  Data info pribadi antaraakun bank danakunpaypalharussama.
3.  Save data VCC, karena untuk jika sewaktu-waktu data tersebut dibutuhkan

Setelah akun selesai dibuat, usahakan jangan digunakan untuk menerima saldo dalam waktu 2-3 minggu / 1bulan, untuk menjaga terhindar dari limit!

4. Hanyaboleh login/membuka akun paypal di 1 komputer IP ygsama
5. Usahakan memakai koneksi internet yg koneksinya sangat stabil, kencang dan ketika modem menyala ip tidak berubah
6. Selalu sisakan saldo di akun paypal, minimal $10 USD
7. Jika ingin mencairkan saldo, usahakan 2-3 hari setelah menerima uang

8. Hal yang harus diperhatikan untuk keamanan akun adalah jangan selalu login dan log out terlalu sering, cukup login untuk cek saldo, mencairkan saldo dan sekedar cek akun

Nha buat Artist Freelance yang mulai merambah pasar internasional saatnya membuat akun paypal untuk transaksi online payment-nya. Thanks buat Tri Satria Jati yang telah berbagi di Milisi Kreatif!

jati 2

(BP)

3 thoughts on “MILISI KREATIF XI (Bag. 2) “Managing Online Payment for Freelance Artist”

Leave a Reply