Milisi Kreatif #01 Digital Painting Masterclass

Sessi Pertama di 2014!

Dalam sessi Milisi Kreatif #01 yang perdana di tahun 2014 ini mengambil tema “Digital Painting Masterclass” yang akan mereview artwork dari peserta dan dibedah untuk membuatnya menjadi artwork keren yang memenuhi kaidah-kaidah artistik seperti komposisi, perspektif, value, anatomi, lighting dll. Sessi masterclass kali ini dipandu oleh digital artist dari Carrot Academy Artupida.



Sessi kali ini mereview artwork peserta Ivory Natuzi, mahasiswi DKV Binus
1743730_10200756939239528_794736716_n (1)
Dalam review kali ini, ada beberapa hal yang perlu dicermati dalam sebuah artwork. Artwork karya Ivory Natuzi ini memiliki style yang unik dan ide cerita yang bagus, tapi ada beberapa hal yang bisa dimaksimalkan dalam artwork ini:

1. Perspektif, pada artwork yang direview terlihat adanya perspektif wayang adalah salah satu yang sering terjadi dalam sebuah artwork, wayang adalah obyek 3D dalam format 2D, jadi di sini artwork menjadi terlihat flat dan tidak berdimensi. Nha untuk membuat perspektif yang baik kita bisa menggunakan bantuak garis perspektif. Perhatikan garis horison dan posisi obyek sesuai jarak dan angle obyek tersebut.

2
2. Komposisi, sebuah komposisi yang keren bisa membuat gambar sederhana menjadi sangat menarik, meletakkan obyek utama dengan tepat di antara obyek lain dan background bisa menghasilkan komposisi yang seimbang dan keren. Bisa juga menggunakan cropping di photoshop apabila sedang mengerjakan ilustrasi digital.
Salah satu cara membuat komposisi yang bagus juga dengan sistem pengelompokan value karena adanya perspektif aerial (obyek terdekat adalah yang paling gelap, dan makin jauh makin terang). Dalam ilustrasi digital, biasanya teknik ini sangat mudah dengan menggunakan teknik greyscale.
Gunakan juga parameter-parameter seperti v-shape, garis imajiner diagonal, vertikal dan horisontal untuk membuat komposisi makin keren.

10
19
3. Story Telling; ini adalah bagaimana kita menyampaikan ide dalam artwork, ini adalah sebuah cara menyajikan artwork kita agar bisa dinikmati, membiarkan orang yang melihat berimajinasi dan menyampaikan ide kita dengan baik. Story telling sangat dipengaruhi komposisi dan faktor-faktor lain seperti penggunaan foreground, pose dan ekspresi dari karakter, bagian-bagian yang ditonjolkan atau disembunyikan untuk membuat cerita lebih dramatis, pemanfaatan warna hangat dan dingin dengan baik dan ingat, “less is more” ketika kita ingin menyampaikan sebuah cerita tidak semua obyek harus kita tonjolkan, biarkan orang menggunakan imajinasinya dan dalam sebuah komposisi selalu ada point of interest yang didukung oleh bagian-bagian lain yang akan menuntun penikmat artwork kita dengan story telling yang baik.

Nha inilah finishing artwork versi Artupida, perubahannya cukup banyak, tapi idenya tetap sama. Oke sampai ketemu di sessi Milisi Kreatif selanjutnya!

milisi
milisi-2
milisi-foto

Leave a Reply