Mengapa Wajib Memasukkan Sketchbook dalam Daftar Wajib kita?

Ilustrator dan para visual kreatif lainnya wajib selalu membawa sketchbook dalam setiap kesempatan, mengapa? Inilah beberapa alasan yang membuat sketchbook menjadi must have item di daftar barang bawaan kita.

sketchbook 01

1. Sketchbook adalah gudang penyimpanan ide kita.

Ide bisa datang kapan saja dan di mana saja, apalagi ide cemerlang biasanya datang saat kita dalam sebuah perjalanan pengalaman yang menarik dan mendapatkan paparan visual baru yang mencerahkan inspirasi kita, apabila kita tidak langsung mencatat atau menggambarkannya, hampir dipastikan kita akan kehilangan ide yang sangat berharga itu.

Terkadang saat kita mentok dan kering ide, cobalah bolak bailk lembaran sketchbook lama kita, pasti ada kesegaran baru yang akan kita temukan yang akan membuat kita terpicu untuk berkreasi lagi.

2. Sketchbook adalah media paling nyaman buat bereksplorasi.

Berkreasi menemukan ide itu haruslah bebas dari zona stress, suatu hal yang berbeda ketika kita mengejar karya yang memiliki deadline. Jadi bebaskanlah diri kita dengan menikmati saat-saat berharga menggoreskan ide-ide liar kita dalam sketchbook kita.

Sketchbook itu nggak harus dilihat banyak orang.

Berbeda dengan karya portfolio yang harus kita ekspose semaksimal mungkin, kita bisa memiliki sketchbook sebagai area personal kita yang tidak perlu kita ekspose kalau kita mau. Jadi tunggu apalagi untuk memiliki ruang ide yang sangat personal dalam sebuah sketchbook?

Sketchbook adalah kebebasan, tidak ada yang salah dalam sketchbook.

3. Sketchbook adalah sebuah komitmen.   

Sketchbook bisa menjadi sebuah tantangan pribadi untuk mengisinya lembar demi lembar secara konsisten hingga lembar terakhir.

Hal ini seperti sebuah latihan untuk membuat “otot” kreatifitas kita makin kuat.

4. Kita akan mendapatkan perjalanan/kronologi perkembangan skill kita.

Saat kita merasa skill kita tidak beranjak ke mana-mana, cobalah buka-buka lagi sketchbook lama kita. Apabila memang konsisten mengisi sketchbook kita secara produktif, bisa dipastikan kita akan mendapatkan kilasan kronologi perkembangan skill kita dari cupu ke level kita sekarang. Tentu saja kalau kita masih cupu, ada yang salah dengan cara kita belajar. Melihat kronologi skill kita akan membantu menumbuhkan rasa percaya diri dan semangat untuk menjadi lebih baik.

sketchbook 02

5. Sketchbook membantu memecahkan masalah yang berhubungan dengan emosi.

Hmm sepertinya ini agak di luar topik tentang kreatifitas dan ide ya, tapi dari beberapa pengalaman artist yang telah melewati masa-masa berat, sketchbook adalah media yang sangat membantu dalam mengatasi situasi yang berhubungan dengan issue emosi. Ketika tidak ada satu orangpun yang mampu mengerti msalah kita, sketsa-sketsa dalam sketchbook bisa menjadi tempat mengekspresikan apa yang kita rasakan. Bagaimanapun, dalam sebuah msalah, sikap dan cara kita menghadapi masalah itu lebih penting dari apakah masalah itu selesai atau tidak, terkadang ada sesuatu yang tidak perlu kita selesaikan, namun cukup kita hadapi dengan sikap yang baru.

Luapkan segenap emosi kita dalam sketsa-sketsa di sketchbook kita, ayo!

 

Sumber: http://ow.ly/XEiK307fkEV

Leave a Reply