Meneliti itu Seru! Panduan Seru untuk para Peneliti Muda

“Penelitian adalah bagaimana membuat segala sesuatu menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat bagi umat manusia. Wahai Peneliti Muda, dunia memerlukanmu!” – Meneliti itu Seru!

IMG_9294

Kemajuan peradaban manusia tidak bisa dipisahkan dengan sebuah penelitian. Penelitian adalah sebuah upaya manusia untuk mengetahui dan menemukan berbagai hal yang membuat kehidupan labih baik di masa depan. Ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang bersama proses penelitian yang terus menerus dilakukan.

Sebuah buku berjudul “Meneliti itu Seru” lahir sebagai sebuah panduan bagi para peneliti muda yang memiliki semangat untuk menemukan hal-hal baru yang berguna.

IMG_9274

Carrot Academy menjadi bagian dalam proses lahirnya buku yang dipersembahkan bagi peneliti muda ini. Bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Berawal dari kiprah Carrot Academy sebagai tim media kreatif International Physic Olimpiade 2016, hashtag #menelitiituseru lahir dan menjadi semangat untuk mendorong para peneliti muda untuk berkontribusi dalam dunia penelitian. Buku ini adalah rangkuman bermanfaat yang disusun tim ahli yang berpengalaman yang akan memberikan panduan bagi para peneliti muda.

Buku ini dibagi dalam 6 bab yang disusun dengan sistematis untuk membantu para peneliti dalam menggali inspirasi dan mendapatkan ide sekaligus mempelajari metode penelitian yang efektif.

IMG_9255

Prawacana 1 berisi Pelopor Peneliti Dunia, yang akan mengangkat kisah inspiratif para penemu yang diceritakan dari sisi para peneliti yang akan berguna bagi para peneliti muda membaca cara berpikir seorang peneliti unggul.

Prawacana 2 berisi pemaparan pentingnya sebuah penelitian bagi kemajuan peradaban manusia dalam hal ini, Indonesia, di mana para peneliti muda dipanggil untuk ikut berkiprah di dalamnya.

Memasuki Bab 1 tentang Street Researcher (Peneliti Jalanan), para peneliti muda akan dibimbing untuk memiliki mindset sebagai seorang peneliti! Bagaimana menjadi seorang yang memiliki jiwa peneliti yang mampu menemukan ide dan tantangan di manapun, kapanpun!

Bab 2 akan memaparkan bagaimana ribuan ide dan tantangan bisa ditemukan. Bagaimana kisah-kisah para peneliti muda Indonesia bisa mengukir prestasi di dunia internasional dengan kemampuannya menemukan obyek penelitian mereka.

Bab 3, peneliti akan diajak untuk berpikir kreatif dan kritis. Dalam bab ini, para peneliti berpengalaman yang menyusun buku ini akan menyajikan cara berpikir dalam memandang sebuah obyek penelitian. Bagaimana seorang peneliti mampu mengkritisi penelitiannya dan menjadikannya berharga.

IMG_9259

Setelah memiliki pemikiran kritis dan kreatif, para peneliti muda akan diajak untuk memiliki kemampuan menyajikan hasil penelitiannya. Mempublikasikannya sehingga bisa bermanfaat bagi dunia ilmu pengetahuan, yang akan dikupas dalam bab 4.

Di dalam bab ke-5, buku ini menyajikan tentang etika peneliti. Seorang peneliti harus memiliki pengetahuan tentang apa yang harus disampaikan dan apa yang tidak boleh disampaikan. Ada norma-norma yang harus dipatuhi oleh seorang peneliti yang baik.

IMG_9264

Terakhir, buku ini akan mengupas tentang etika menggunakan obyek penelitian. Tentu saja obyek penelitian adalah bagian penting dalam sebuah penelitian yang harus diperlakukan sesuai etika-etika yang berlaku.

Dengan penyajian dan desain yang menarik dari tim kreatif Carrot Academy, buku ini diharapkan mampu berperan dalam melahirkan peneliti-peneliti muda berprestasi di Indonesia. Meneliti itu Seru! Selain menjadi judul buku ini, juga diharapkan menjadi slogan untuk membangkitkan semangat generasi muda dalam meneliti. Siapkan dirimu untuk meneliti!

 

IMG_9267

 

 

Pengarah:
Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas
Kepala Subdit Peserta Didik, Direktorat Pembinaan SMA
Kepala Subdit Kurikulum, Direktorat Pembinaan SMA
Kepala Subdit Program, Direktorat Pembinaan SMA
Kepala Subdit Sarana dan Prasarana, Direktorat Pembinaan SMA

Penyusun:
Prof. Dr. Tineke Mandang
Dr. Dwi Anita Suryandari, M.Biomed
Dr. rer.nat. Abu Amar
Dr. rer.nat. Rino Rakhmata Mukti
Dr. Hendrawan
Dr. Heri Wibowo, M.Si
Dr. Wahyu Srigutomo

Kontributor:
Asep Sukmayadi, M.Si
Rizal Alfian, S.Kom, M.A.
Penyunting
Dr. Untung Yuwono
Lina Jusuf, M.Si

Desain Kulit, tata letak dan ilustrasi:
Carrot Academy

 

Leave a Reply