Mau jadi Desainer Apparel?

Apa mereka hanya membuat desain t-shirt yang keren? Bagaimana dengan yang lainnya? Berapa banyakkah yang desainer harus tau tentang printing dan proses pembuatan untuk membuat desain yang sukses?

  1. Desain Konseptual:
    Desainer Apparel yang dibutuhkan tidak hanya untuk membuat ilustrasi yang fantastis yang akan di aplikasikan ke t-shirt dan sejenisnya, tapi juga untuk membuat keseluruhan garis melalui desain konsep. Mau seperti apakah tiap garmentnya? Diamana desain akan di tempatkan atau di cetak pada garment? Bagaimanakah satu garment dengan yang lain? Ketika membuat suatu koleksi, stage konseptual adalah kunci dalam mencari tau bagaimana karya kamu akan cocok pada hasil akhirnya.
  2. Illustrasi:
    Merupakah jawaban yang sangat jelas: desain itu sendiri. Artist yang bekerja dalam apparel harus membuat lukisan aslinya, gambar dan kreasi vector yang kemudian akan di produksi pada garment dan asesoris.
  3. Templates: Tergantung pada posisi desainer, mereka bisa diminta untuk mencocokkan desain mereka ke sebuah template yang bisa di print langsung atau digunakan sebagai panduan oleh pencetak atau pabrikan untuk menyakinkan integritas dari desain tidak bermasalah dikarenakan keterbatasan manufaktur.
  4. Trend Spotting:
    semenjak desain akhir merupakan sesuatu yang dibutuhkan untuk dijual dipasar, mengetahui apa yang menjadi trend, pop culture, dan desain trend yang menjadi mainstream bisa membantu desainer menjaga pekerjaan mereka dan bisa dijual di pasaran. Apakah ini berarti bekerja langsung dengan tim marketing atau menjaga pada apa yang menjadi trend atau dengan desainer lainnya, sangat jarang seseorang bisa mendesain tanpa diluar influence jika mereka ingin kerjaannya laku(terutama jika kamu bekerja untuk perusahaan besar).
  5. Mengerti proses pencetakan:
    Desainer harus tahu keterbatasan percetakan. Akankah di screen-printed atau digital print? Apakah warna putih pada desain di cetak atau mereka membuatnya transparan? Bagaimana dengan ukuran cetakan itu sendiri: akankah garmentnya pas, atau kamu harus membuat banyak varian dari tiap produknya? Kita akan membahasnya secara detail dibawah, tapi mengetahui bagaimana kerjaan kamu akan di perlihatkan merupakan langkah yang penting dalam desain aparel yang sukses
  6. Lainya…
    Beberapa orang mungkin hanya bisa mempunyai posisi membuat kreasi ilustrasi yang akan ditangani oleh teman kerjanya dalam peroses pembuatan garment. Selain itu, bagaimanapun harus membuat konten siap cetak dari sketch hinga produk yang selesai dan harus dekat dengan printers, manufaktur dan tim marketing untuk menyakinkan bahwa desainnya siap untuk dijual.

 

 

 

Leave a Reply