Masih Bingung Kertas Yang Bagus Untuk Pensil?

Kertas tetaplah kertas, dan menggambarpun sebenarnya bisa semua media. Tapi untuk beberapa kasus, bahan dan jenis kertas pun bisa mempengaruhi hasil akhir dari gambar kita. Beberapa kertas tidak begitu bagus untuk jenis pensil tertentu. Pensil yang sangat gelap misalkan 6B, 7B atau 9B cenderung lebih empuk dan pastinya mudah patah. Jadi pensil yang seperti itu di beberapa jenis kertas tidak menempel dengan bagus, pengaruhnya adalah di hasil arsiran pada gambar kita.

Permukaan kertas menentukan kehalusan, detail dan seberapa besar value dari draftsperson bisa dibuat. Berikut ulasan bebera kertas yang paling bagus untuk menggambar dengan pensil:

 

Arches Hotpress Watercolor Paper

Enchanted Tree
Kertas yang keras dengan permukaan yang lembut  yang bisa meng-handle banyak erasure. Kertas ini menahan kethitaman pensil dengan sangat bagus dan sangat bagus untuk membuat gradasi yang sangat halus. Sangat bagus dengan semua jenis pensil (dari 9H – 9B). Kertas jenis ini tersedia dalam satuan dan berbagai macam ukuran.
Kertas ini terbuat dari 100% cotton. Dan memang sangat bagus untuk gambar yang sangat detail.
Stonehenge Paper
 
Kertas ini memiliki permukaan yang terbilang lembut. Permukaannya lebih halus dari Arches Hotpress. Harus menggunakan pensil dengan ujung yang halus dan harus mengarsir beberapa kali untuk membuat hitam gelap.
Kertas ini tersedia dalam satuan dan berbagai macam ukuran. Terbuat dari 100% cotton dan terbilang sangat mahal.
Strathmore 400 Series Pastel Paper
Sesuai dengan namanya kertas ini memang bagus untuk pastel, tapi juga bisa digunakan untuk pensil. Kertas ini memiliki testur yang sangat jelas. Dengan menggunakan teknik yang tepat, sangat mungkin untuk membuat hitam pekat dan detail yang tajam.
Kertas ini sangat bagus untuk membuat gambar potraits, landscape dan lainnya yang membuatuhkan texture sebagai point of interest -nya.
Walaupun kertas ini sangat menyenangkan, perlu diperhatikan bahwa texture dari kertas akan terlihat ketika di foto atau scan yang akan mengganggu jika digunakan untuk publikasi.
Kertas Gambar yang Terbilang Bagus. Beberapa kertas yang disebutkan dibawah ini kertas untuk menggambar dengan pensil yang bagus dalam beberapa keadaan.
 Strathmore 400 Series Medium Surface Drawing Paper
Kertas ini agak kekuningan dan memiliki texture agak kasar. Bagus untuk sketching cepat karena texture yang kasar. Agak susah dengan banyak detail. Tapi sangat mudah untuk membuat value secara menyeluruh. Mudah untuk menghapus coretan pensil pada kertas ini, yang berarti sangat mudah untuk membuat highlight pada arsiran.
Canson Classic Cream Drawing Paper
Kertas jenis ini sangat enak untuk sketch cepat/kasar. Untuk perbandingan texture pada kertas ini lebih halus daripada Strathmore 400 Drawing Paper, sperti pada ulasan diatas.
Dengan kertas sperti ini sangat mudah untuk membuat hitam gelap dengan pensil yang tidak terlalu empuk (6B keatas), cukup dengan 2B hitam gelap bisa dengan mudah didapatkan. Jadi tidak terlalu butuh banyak tipe pensil, cukup 2b, hb dan salah satu pensil yang sedikit hitamnya, penghapus dan rautan pensil.
 Strathmore 500 Series Drawing Paper
Kertas yang bagus untuk membuat gambar hewan yang berambut/berbulu. Kertas ini bisa menahan kehitaman pensil dengan sangat bagus tapi diperlukan kerja keras untuk membuat hitam terang dengan beberapa tipe pensil dan banyak goresan.

Strathmore 500 Series Plate Finish Bristol Board


Kertas ini hampir sangat halus mulus untuk beberapa gambar. Namun kamu bisa membuat texture yang sangat halus seperti kelopak bunga. Diperlukan kerja keras untuk membuat hitam pekat dan kesabaran, dan diperlukan banyak goresan.
 Strathmore 400 Series Smooth Surface Bristol Board


Kertas ini memiliki texture yang tidak rata, dan ketika membuat blending akan ada titik seperti noda. Tapi tetap bisa untuk menghindari titik-titik seperti noda tapi butuh waktu dan kesabaran.


Strathmore 300 Series Smooth Bristol Board
Kertas ini sangat halus seperti seri 400 Bristol Board, tapi tidak cukup texture untuk membuat banyak arsiran hitam gelap.
Kertas Gambar yg Kurang Bagus – Tidak disarankan untuk menggunakan kertas ini untuk menggambar dengan pensil.
Arches Cover
Kertas ini memang digunakan untuk printing. Biasanya kertas yang digunakan untuk print ini mempunyai permukaan yang sangat halus.
Bienfang Raritan Heavyweight Drawing Paper
Sulit untuk membuat hitam pekat pada kertas ini. Kertas ini sulit untuk menahan pensil seperti 4B, 5B…9B dan hanya akan rontok/tidak menempel.
Canson Mi-Teintes Drawing Paper
Seperti Bienfang kertas ini juga sangat sulit untuk membuat hitam pekat.
Clayboard
Kertas ini super halus. Hampir tidak ada texture.
Lanawuarelle Hot Press Watercoor Paper
Kertas dengan fiber  dan lebih buruk daripada Arches tapi tidak se jelek RIves BFK
Rives BFK
Kertas dari banyak fiber dan tidak disarankan untuk memakai kertas ini.
Dibawah ini daftar merek kertas gambar dengan keunggulan dan kekurangannya:
Paper Reviews Archival Price Rating Best Sketching Choice Best Fine Art Choice
Arches Watercolor Yes High Excellent X
Stonehenge Yes Low Excellent X
Strathmore Pastel Paper No Low Excellent X X
Strathmore 400 Drawing Paper No Low Good X X
Canson Drawing Paper No Low Good X
Strathmore 500 Drawing Paper Yes High Good X
Strathmore Illustration Board Yes High Excellent X
(Limited)
Strathmore 500 Bristol Board Yes High Excellent X
(Limited)
Strathmore 400 Bristol Board No Low Good X X
(Limited)
Strathmore 300 Bristol Board No Low Poor (Limited)
Arches Cover Poor
Bienfang Raritan Poor
Canson Mi-Teintes Poor
Clayboard Poor
Lanaquarelle Poor
Rives BFK Poor
Setelah kamu baca ini, diharapkan kamu lebih pintar memilih kertas.
©2016 Carrot Academy
Words by Devenum
Artworks by Carol Rosinski

3 thoughts on “Masih Bingung Kertas Yang Bagus Untuk Pensil?

  1. mas kalau pengganti kertas selain strathmore 500 Bristol Board ada gak yang lebih murah, soalnya mahal harga kertasnya

  2. mau nanya kertas REEVES PAD DRWAING bagus gak buat gambar wajah

  3. Dimana saya bisa dapatkan jenis kertas2 tersebut pak? Susah banget carinya, terimakasih

Leave a Reply