#KosasihDay 4 April 2014

Tribute by Beng Rahadian
Tribute by Beng Rahadian

#KosasihDay 4 April 2014 menjadi bentuk apresiasi para artists dan fans RA Kosasih atas kontribusi beliau pada dunia seni khususnya komik di Indonesia. Mengapa RA Kosasih layak menyandang nama besar dan menjadi inspirasi bagi generasi kreatif muda di Indonesia?

kosasih
(Artwork by Ronald Jusak IF/Essential)

kosasih 2
(see more:http://m.kaskus.co.id/thread/533bc9025bcb172b62000112)

Raden Ahmad Kosasih (lahir di Bogor, Jawa Barat, 4 April 1919 – meninggal di Tangerang, Banten, 24 Juli 2012 pada umur 93 tahun) adalah seorang penulis dan penggambar komik termasyhur dari Indonesia. Generasi komik masa kini menganggapnya sebagai Bapak Komik Indonesia. (sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/R.A._Kosasih)

“Almarhum merupakan komikus pertama yang meluncurkan karyanya dalam bentuk buku. Pantas jika dia didaulat sebagai Bapak Komik Indonesia,” ujar pengamat komik, Hikmat Darmawan. (sumber:http://www.tempo.co/read/news/2012/07/29/109419925/RA-Kosasih-Legenda-Bapak-Komik-Indonesia)

RA Kosasih menjadi pemasok utama komik wayang, yang menjadi bacaan paling digemari pada masa keemasannya. Karyanya, Mahabrata, Ramayana,
Pandawa Seda, Bharatayudha, Raden Parikesit sampai Srikandi memenuhi ruang benak anak-anak sampai orang tua di
masa itu. Komik wayang di tangan Kosasih dulu, bahkan lebih digemari daripada Shinchan atau dora Emon di masa
sekarang. “Kepiawaian Kosasih meletakkan struktur cerita dengan idiom Jawa membuat wayang menjadi gampang
diterima keluarga, apalagi dengan idiom sehari-hari. Kuat, menyentuh dan memesona,” puji Sardono W Kusuma,
pengagum Kosasih.
(sumber:http://rakosasih.blogspot.com/2009/11/ra-kosasih-yang-membesarkan-para-kurawa.html)

Sedikitnya ada 100 buku komik yang pernah dibuat Kosasih semasa hidupnya. Seluruh karyanya memiliki sejarah panjang yang merentang sejak 1953. Muncul dengan berbagai genre, seperti superhero, komik wayang, folklor, fiksi ilmiah, dan petualangan. Sebelum itu, pria yang lahir di Bogor pada 4 April 1919 itu mengambil posisi yang sama laiknya dengan para komikus yang lahir pada zamannya: bekerja sebagai komikus strip di koran-koran.

Tahun 1939, ia melamar sebagai juru gambar di Departemen Pertanian Bogor. Diterima, ia pun menjadi penggambar hewan dan tumbuhan. “Acap, serangga yang akan saya gambar harus saya lihat dulu di bawah mikroskop.

Pada masa-masa jayanya, sekitar 1960-1970, komik Kosasih mampu terjual puluhan ribu eksemplar per judul. Bahkan banyak di antaranya yang dicetak ulang. Buku serialnya yang pertama adalah Sri Asih, tokoh superhero wanita yang ia adopsi dari kisah Wonder Woman. Kosasih membuat serial Sri Asih sesuai dengan cerita-cerita lokal yang sedang populer saat itu. Misalnya edisi Sri Asih Vs Gerombolan, yang diilhami berita teror DI/TII yang saat itu ramai diberitakan.

Tak bisa dimungkiri, perjalanan hidup Kosasih punya andil yang tidak kecil dalam sejarah komik Nusantara. Ia berhasil meninggalkan jejak emas yang memperkenalkan epik cerita pewayangan dalam panel komik yang sederhana lagi menghibur. Kini, dalam tidurnya yang damai, ia patut berbahagia. Ribuan atau mungkin jutaan pembaca komiknya di seantero Indonesia akan selalu mengenangnya dengan takzim. Selamat jalan, Pak….

(sumber:http://www.tempo.co/read/news/2012/07/29/109419925/RA-Kosasih-Legenda-Bapak-Komik-Indonesia)

komik-inside

(image source:http://4.bp.blogspot.com/_PmgKlVMMcic/SpI6Ap1jwqI/AAAAAAAACJ4/q9eLvdQjL4c/komik-inside.jpg)

#KosasihDay juga diwujudkan dalam bentuk pameran Tribute to RA Kosasih, berikut informasinya:
(Sumber: https://www.facebook.com/events/285788404910181/)
Jadwal Acara #KosasihDay Jakarta

Pembukaan Pameran Tribute To RA Kosasih
Jum’at, 04 April 2014 Pk.19.00
Galeri Serrum, Jl Gurame No.3
Rawamangun – Jakarta Timur

Diskusi : “Perlukah kita mengenang RA Kosasih”
Sabtu, 12 April 2014 Pk. 16.00 – Selesai
Pembicara :
Yanusa Nugroho
C Suryo Laksono
Beng Rahadian
Moderator :
Henry Ismono
————–

Memperingati hari lahir mendiang Bpk.RA Kosasih, maka kami mengajak seluruh aktivis komunitas komik (pelaku industri : penerbitan, studio) kalangan profesional dan penggemar komik Indonesia, untuk turut merayakannya pada tgl antara 04-06 APRIL 2014, dengan kegiatan komik dan mempubikasikannya di sosmed dengan menyertakan kata #KosasihDay dalam keterangannya.

Kegiatan yg dapat dilakukan:
1. Diskusi
2. Pameran (boleh online atau menggunakan ruang nyata)
3. Posting sendiri karya tribute to RA KOSASIH di timeline masing-masing
4. Posting koleksi komik/ memorabilia/ foto/ catatan ttg RA Kosasih
5. Jamstrip komik
6. Workshop
7. Launching komik karya sendiri
dll

Kegiatan ini tidak terpaku pada skala besar dan kecil, boleh dilakukan perorangan atau kelompok. Ajaklah teman untuk sama-sama meramaikan acara ini. Ayo rencanakan mulai sekarang, sesuaikan waktunya.

Komik Indonesia memiliki pahlawannya sendiri, mari kita ingatkan masyarakat untuk tidak melupakannya.

 

(BP)

3 thoughts on “#KosasihDay 4 April 2014

  1. Do you might have a spam issue on this site; I also am a blogger, and I was asking yourself your scenario; weve created some good techniques and we are looking to exchange options with other people, be positive to shoot me an e-mail if interested.

  2. Just got some accessories from Benedict (iSkin, sleeve and coolskates all for the macbook). Definitely another smooth transaction. Can’t get any cheaper than with Benedict! You won’t go wrong with Benedict. Thanks again!

Leave a Reply