Kekeringan Ide? Ini Kuncinya!

Kekeringan ide seringkali dialami oleh artist. Hal ini membuat artist jadi malas membuat karya dengan alasan menunggu inspirasi. Menunggu, menunggu dan menunggu. Tapi kok gak dapet inspirasi juga? Yaiyalah! Inspirasi gak akan datang kalau kamu kerjanya hanya menunggu. Kunci utama dalam mencari inspirasi adalah ini: buka mata selebar-lebarnya dan lihat sebanyak-banyaknya. Mulai dari browsing ke website-website yang memajang karya-karya ilustrasi keren sampai mengamati lingkungan sekeliling kita dengan jeli.

Lihat sebanyak-banyaknya, maksudnya, jika ingin menggambar karakter bukan berarti kita hanya boleh melihat-lihat seputar anatomi saja. Melihat-lihat ilustrasi background atau environment dapat memberikan kamu inspirasi untuk menggambar karakter yang unik. Misalnya kita bisa menggunakan palet warna dalam ilustrasi background atau environment tersebut. Cobalah juga pergi ke pameran dan lihat karya-karya desain grafis seperti tipografi, poster, brosur, buku cerita, creative branding, ataupun desain produk. Intinya jangan membatasi sumber inspirasi kita.

Nah disini letak pentingnya membawa sketchbook kemana-mana. Segera orat-oret sketchbook mu ketika kamu sudah menemukan inspirasi. Jangan tunggu nanti karena inspirasimu bakal menguap dan sulit untuk mendapatkannya kembali.

Jadi jangan menunggu inspirasi, tetapi kejar dan tangkaplah inspirasi itu!

carrot post

One thought on “Kekeringan Ide? Ini Kuncinya!

Leave a Reply