“Kalo Mau Belajar Gambar apakah harus masuk DKV?”

Print

 

Pertanyaan seperti ini sering muncul karena selama ini bidang ilustrasi masih belum mendapatkan porsi yang cukup dalam dunia pendidikan di Indonesia. DKV sendiri seperti dikutip dari wikipedia adalah “Desain komunikasi visual atau lebih dikenal di kalangan civitas akademik di Indonesia dengan singkatan DKV pada dasarnya merupakan istilah penggambaran untuk proses pengolahan media dalam berkomunikasi mengenai pengungkapan ide atau penyampaian informasi yang bisa terbaca atau terlihat. Desain Komunikasi Visual erat kaitannya dengan penggunaan tanda-tanda (signs), gambar (drawing), lambang dan simbol, ilmu dalam penulisan huruf (tipografi), ilustrasi dan warna yang kesemuanya berkaitan dengan indera penglihatan.”

Sementara itu seorang yang memiliki passion ilustrasi tidak selamanya memiliki ketertarikan dengan hal-hal yang tercakup dalam DKV di atas, demikian juga sebaliknya, mahasiswa DKV yang tidak memiliki skill ilustrasi advance karena mungkin mereka mengambil bidang tertentu seperti animasi atau design grafis.

Namun ada juga beberapa kampus di Indonesia telah memiliki jurusan ilustrasi yang menjadi bagian dari program seni rupa. Perlu diperhatikan juga apakah kamu tertarik dengan fine art atau ilustrasi industri. 2 materi tersebut memiliki cakupan dan tujuan pembelajaran yang berbeda.

Jadi apabila ilustrasi adalah benar-benar merupakan passion yang ingin ditekuni, sebaiknya pertimbangkan dan pelajari dengan baik jurusan mana yang akan diambil yang nantinya bisa mendukung. Apalagi jika lebih tertarik dengan industrial art yang merupakan bagian tersendiri dari ilustrasi.

Nha apabila tertarik untuk memiliki profesi sebagai ilustrator profesional yang mampu berkecimpung di dunia industri ilustrasi saat ini mulai bermunculan institusi yang menawarkan program yang berisi materi industrial art. Salah satunya program Creative Illustration – Diploma Course di Carrot Academy. Selama 960 jam artist akan mempelajari secara intensive materi yang fokus kepada ilustrasi dan entrepreneurship sehingga target menjadi ilustrator profesional akan terpenuhi dalam waktu 1 tahun belajar.

(BP)

 

Leave a Reply