“Dibilang Jago Gambar kalo udah bisa Gambar pake Imajinasi doang”

Print

 

Banyak sekali yang mengatakan seperti ini:

“Saya tuh pengennya gambar pake imajinasi, biar keliatan keren dan kreatif”
“Hmmm gambar saya kok jelek terus ya, soalnya saya kurang imajinasi sih?
“Mas, anak saya itu gimana ya, kalo gambar bisanya nyontoh, bisa nggak ya nanti dia jadi jago gambar kalo nggak punya imajinasi gitu?”
“Yah kalo gambar nyontoh doang mah semua juga bisa”
“Gambar nyontoh kan sama aja njiplak, gak kreatif dong”

Hmm…..semua pernyataan di atas ada benarnya namun tidak semua benar. Faktanya adalah kita tidak bisa menggambar apapun yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Imajinasi adalah rangkuman data base memori semua obyek yang pernah kita lihat sebelumnya.

Kreatifitas memang diperlukan dalam menciptakan sebuah gambar. Namun untuk sebuah Concept Art, sebuah artwork diciptakan melalui proses yang tidak pendek, salah satunya adalah penyusunan mood board yang menjadi panduan artist untuk menciptakan karyanya. Mood board ini adalah “bahan contekan” bagi artist untuk menghasilkan copcept artnya. Nha di sinilah porsi imajinasi dan kreatifitas artist akan diramu bersama faktor-faktor lain untuk menciptakan Final Artwork yang keren.

Di program Creative Illustration – Diploma Course salah satu materinya adalah mempelajari  proses pembuatan artwork dari brief client, research sampai karya selesai dibuat. Kemampuan memahami referensi menjadi hal yang penting dalam sesi materi ini.

http://www.carrotacademy.com/courses/concept-art-digital-painting/

(BP)

Leave a Reply