LOADING

Type to search

Jadi Ilustrator Bisa Bikin CEPET Kaya?

Share

Apakah jadi Ilustrator bisa bikin CEPET kaya? Pertanyaan yang sebenarnya ngga cuman ilustrator, tapi semua bidang profesi, dari tukang ojek, pengasong hingga eksportir produk misalnya. Mereka selalu bertanya apakah mereka bisa kaya dari profesi mereka, Nha kita akan bahas dari sisi profesi ilustrator.

1. Gambar TIDAK akan Bikin Kita Cepet Kaya!

Banyak pekerjaan yang bisa bikin kita kaya. Tapi apakah bisa “CEPAT” kaya? Apabila ingin cepat kaya banyak profesi lain yang lebih menjanjikan. Mengapa pilih jadi Ilustrator?“Apabila kita memang menyukai gambar dan ingin menjadikannya profesi, ada proses panjang yang harus dilewati untuk menjadi ilustrator sukses dari belajar skill gambar, membangun style, belajar cara kerja yang baik, skill marketing, networking dan masih banyak lagi. Proses belajar dan berkembang bisa menjadi sesuatu yang penting dibandingkan result yang kita inginkan. Ketika kita berhasil melewati prosesnya dengan baik artinya kita mengerti cara menjadi orang sukses dan bukan hanya cara mendapatkan uang. Sukses lebih penting dari nilai uang itu sendiri.Apakah ilustrator bikin cepet kaya

“Untuk menuju level lebih tinggi kita tidak bisa menjadi orang yang sama dengan kita sebelumnya” – Leonardo Dicaprio

2. Yang Cepat Datang akan Cepat Berlalu!

Ada kalanya gambar bisa menghasilkan uang dalam waktu cepat, namun biasanya ada faktor kebetulan yang menyertainya. Keberuntungan tidak bisa diandalkan setiap saat.

“Menjadi kaya dan mendapatkan uang dalam waktu cepat adalah hal yang berbeda.”

Apabila kita mendapatkan uang dalam waktu cepat karena suatu keberuntungan, maka mindset kita belum siap untuk jangka panjang berikutnya. Menjadi kaya juga menuntut banyak konsekuensi antara lain bagaimana memanajemen keuangan dan menjaga kelanjutan sumber kekayaan kita.

3. Anomali Fenomena Cepat Kaya.

Seringkali kita mendengar orang yang tiba-tiba sukses dan menjadi kaya dalam sekejap. Ada dua hal yang bisa menyebabkan orang tiba-tiba kaya, yaitu sebuah anomali atau sebuah kebetulan atau keberuntungan yang membuat tiba-tiba menjadi kaya. Namun sebuah kebetulan adalah sesuatu yang tidak bisa diandalkan.

Penyebab kedua adalah karena kita tidak mengetahui proses perjalanan orang tersebut. Kebanyakan kita lebih tertarik dengan kisah sukses daripada kisah proses perjuangan yang seringkali tersembunyi.

Mendapat keberuntungan memang tidak bisa ditolak, namun sebaiknya kita lebih fokus pada kerja keras, komitmen dan konsistensi dalam berkarya yang tidak akan pernah menghianati kita.

“Bahkan ketika kita berkali-kali gagal, semua proses termasuk kegagalan itu akan membentuk kita untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.”

4. Semua Dimulai dari Nol.

Untuk mencapai level nilai ekonomi yang tinggi, bidang ilustrasi membutuhkan waktu dan berbagai faktor dan semua dimulai dari nol. Kita bisa hidup cukup dan bahagia sebagai ilustrator, namun untuk menjadi “kaya raya” itu hal lain lagi. Sebagai ilustrator kita akan membangun skill kita dari nol, demikian juga nilai ekonomi gambar kita. Untuk mencapai nilai ekonomi yang kita inginkan selain skill kita juga berhadapan dengan market. Kita bisa menentukan siapa pembeli dan sebesar apa nilai ekonomi yang kita dapatkan.

Banyak ilustrator sukses yang berhasil membangun karirnya diawali dari nol hingga mereka berada di tempat di mana mereka menemukan market yang tepat untuk gambarnya.

“Kita tidak akan mencapai level kita sampai kita siap.”

5. Uang Bukan Alasan Berkarya.

Jika fokus berkarya karena uang, maka kalian telah salah jalan. Tokoh-tokoh besar dunia menciptakan karya yang merubah dunia berawal dari kecintaan pada bidang yang mereka tekuni. Mark Zuckenberg membangun Facebook berawal dari kegilaannya pada teknologi informasi dan ingin membuat platform sederhana yang menghubungkan teman-teman kampusnya. Sesuatu yang dilakukan dengan didasari rasa suka atau sering disebut passion, apabila dilakukan dengan penuh komitmen akan memberikan output tanpa memberikan beban “bekerja”.

Uang adalah hasil dari setiap kerja keras, namun seni adalah tentang menyampaikan ide melalui karya kita. Jadi ada tujuan lebih besar dari pada sekedar mencari uang dengan cepat di dalam kita berkarya.

“Kita butuh uang untuk hidup tapi uang bukan tujuan kita untuk hidup”

6. Makin Dikejar Makin Susah Didapat.

Uang dan kekayaan bisa menjadi hal yang makin susah dikejar ketika kita sangat menginginkannya. Ketika kita berfokus pada besarnya uang yang ingin kita dapatkan kita akan melupakan proses membangun diri kita sebagai orang yang memiliki “kemampuan dalam menghasilkan uang” itu sendiri.

Mengejar uang tanpa membangun kemampuan akan membuat kita makin frustasi.  Jadi fokuslah pada apa yang kita sukai, tergila-gilalah pada mimpi kita. Bekerja keras dan berprogres dengan sabar namun pasti. Uang dan kesuksesan akan mengikuti kerja keras kita pada saat kita siap menikmatinya.

“Hal terbesar saat seseorang menjadi seorang jutawan bukanlah jumlah uang yang dihasilkan, tapi bagaimana uang merubah kita.” Jim Rohn

(BP/CA)

Carrot Academy

Carrot Academy adalah pusat pelatihan pengembangan minat ilustrasi bagi siapapun yang ingin mendalami ilustrasi dari benar-benar dasar, pelatihan ini tidak hanya diperuntukkan untuk mereka yang sudah profesional saja namun bahkan mereka yang sama sekali belum pernah menggambar namun ingin mempunyai kemampuan ilustrasi bisa mengikuti pelatihan ini. Anda akan menemui banyak hal bersama Carrot Academy yang akan mengguncang realita Anda, serta mengubah cara pandang Anda tentang ilustrasi, selamannya! Sebagai sebuah terobosan satu-satunya dan pertama kali di Indonesia, sejak berdiri pada tahun 2008, kami telah menghasilkan ratusan alumni di Indonesia untuk mengerti lebih dalam tentang ilustrasi dan bagaimana menjadi seorang Valuable Artist.

  • 1

Leave a Comment