Inspirasi Hari Ini: Redjuice

Tahukan kamu cerita di balik nama “Redjuice”? Pen name “Redjuice” didapatkan ketika ia sedang membuat akun email dan mendaftarkan “Applejuice” sebagai nama email, namun tidak tersedia. Kemudian tercetuslah ide mengganti nama “Applejuice” menjadi “Redjuice”. Karier Redjuice mulai menanjak saat mengerjakan anime Guilty Crown. Redjuice dipercaya untuk mengerjakan character sheet dan visual anime tersebut. Berkat kerja kerasnya, Guilty Crown masuk dalam jajaran anime terpopuler dan tersukses di tahun 2013.

Redjuice 1

Redjuice dikenal dengan ilustrasi futuristik-science fiction nya. Ia juga gemar memberi bumbu mecha ke dalam karakter yang digambar. Latar belakangnya yang seorang insinyur, berpengaruh besar dalam perancangan konstruksi-konstruksi bangunan yang sangat detail di setiap artwork nya. Simak hasil wawancara eksklusif dengan Redjuice yang diadaptasi dari Ani-Culture berikut.

Q: Hal apa yang menginspirasi Anda untuk mulai menggambar dan menjadi seorang artist?
A: Saya mulai tertarik pada dunia menggambar sejak kecil. Sebelum menjadi ilustrator, saya bekerja sebagai insinyur. Saya senang mengisi waktu luang untuk menggambar dan mempublikasikan artwork saya di Pixiv dan Deviantart. Perlahan-lahan, skill ilustrasi saya meningkat.

Q: Sebagian besar orang mendengar nama Anda pertama kali dari Supercell. Bagaimana awal Anda memulai kerjasama dengan Supercell?
A: Saya mengenal Miwa Shirow (ilustrator dan desainer Supercell) secara personal. Suatu hari dalam sebuah event, ia bertanya apakah saya bersedia berkolaborasi dengan Supercell.

Q: Apa yang menginspirasi Anda mendesain karakter dalam Guilty Crown?
A: Saya terlebih dahulu membaca skenario. Selanjutnya adalah membuat character sheet untuk menentukan detail personaliti dan penampakan fisik dari setiap karakter. Seiring berjalannya waktu, ada perubahan dalam skenario dan rincian masing-masing karakter. Sebenarnya ada beberapa karakter yg tidak terdapat dalam skenario, tetapi saya mencoba men-sketsa beberapa karakter dan memperlihatkannya ke studio. Sungguh mengejutkan, ternyata mereka menyetujui nya!

Redjuice 2

Q: Sekarang ini kan Anda adalah seorang ilustrator profesional. Bagaimana Anda menyeimbangkan antara waktu bekerja dengan kehidupan pribadi?
A: Beberapa ilustrator memang berusaha mengimbangi pekerjaan dengan kehidupan pribadi. Namun, bagi saya, karena saya suka menggambar, saya akan tetap menggambar meski memiliki waktu luang sekalipun.

Q: Apakah ada rencana untuk proyek selanjutnya?
A: Untuk saat ini saya tidak dapat memberi tahu apapun. Yang pasti, ini adalah proyek besar yang sudah ditunggu-tunggu para penggemar.

Q: Perjalanan karir Anda bermula dari doujin circle. Bagaimana perasaan Anda yang mengalami masa transisi dari doujin circle menjadi seorang ilustrator profesional?
A: Awalnya saya memang membutuhkan adaptasi untuk mengimbangi antara waktu bekerja dengan free time. Seiring berjalannya waktu, kini saya sudah bisa meningkatkan kecepatan menggambar saya.

Redjuice 3

Redjuice 4

Q: Anda telah menyelesaikan banyak proyek anime dan game. Yang mana yang lebih Anda sukai, mengerjakan proyek anime atau game?
A: Saya lebih memilih animasi karena mengerjakan proyek animasi sungguh sangat menyenangkan. Meski harus tetap berpatok pada brief klien dan kadang merasa dibatasi ketika saya mengerjakan desain untuk animasi tersebut, saya tetap menikmati setiap proses yang saya lalui.

Q: Setiap artist pasti memiliki sumber inspirasi masing-masing. Bagaimana dengan Anda?
A: Sebagian besar ide untuk membuat konsep lahir dari hal-hal yang saya sukai, tetapi seringkali waktunya tidak cukup untuk menyelesaikan konsep-konsep tersebut. Oleh karena itu setiap meeting dengan para staff, saya akan membahas konsep desain karakter dan bagaimana jalannya animasi tersebut lalu membuat catatan kecil seperti misalnya bagaimana setting cerita atau hal-hal lain yang diperlukan untuk menyempurnakan konsep saya.

Q: Bagaimana perasaan Anda setiap akan merilis karya baru?
A: Gugup sekali! Apalagi ketika mendekati waktu deadline. Saya benar-benar stress. Sebenarnya saat ini banyak proyek yang sedang saya kerjakan tetapi sayang sekali saya belum bisa memberitahukan kepada Anda semua.

Redjuice 5

Q: Siapa karakter favorit Anda di guilty Crown dan mengapa?
A: Saya melihat cukup banyak cosplayer Inori. Ini menunjukkan bahwa inori memilki banyak penggemar di luar sana. Inori memiliki emosi yang datar, ia memang dirancang seperti itu. Secara pribadi, saya suka Mana karena karakternya hidup. Oleh sebab itu saya menghabiskan lebih banyak tenaga dan waktu saya untuk mendesain Mana.

Q: Apa yang ingin Anda sampaikan kepada para penggemar dan calon artist?
A: Saya termasuk pedas memberikan kritik dalam urusan menggambar. Sebanyak apapun waktu yang kamu habiskan untuk belajar art atau desain di sekolah,itu tidak akan pernah cukup. Kamu perlu mengeksplorasi orisinalitas dan gaya mu sendiri melalui ratusan dan ribuan jam menggambar. Kamu perlu merasa “kurang”supaya hasrat menggambarmu tetap membara.

Q: Apa motivasi yang ingin Anda berikan bagi para calon artist di luar sana?
A: Saya melihat banyak artist pro di Devianart dan Pixiv yang seringkali membuat fanart. Memang menyenangkan, namun kamu tidak bisa hanya berkutat disitu saja. Selamanya kamu tidak akan pernah menemukan terobosan. Ekspresi diri harus datang dari orisinalitas.

Redjuice 6

sumber

Leave a Reply