Inspirasi Hari Ini; Pascal Campion – Concept Artist

Artist dengan style yang sangat mudah dikenali ini berasal dari Amerika Serikat. Perkenalannya dengan dunia ilustrasi cukup unik, dimulai pada usia yang sangat muda yaitu 7 tahun ketika kakaknya memberi tugas untuk mencontoh sampul sebuah komik dan imbalannya Pascal diperbolehkan membaca komik tersebut.

Inspirational Artists: Pascal Campion from Onyx Cinema, Inc. on Vimeo.

“Apa pandangan anda tentang bakat?”
“Pascal, kamu tidak punya cukup bakat untuk menjadi artist profesional”
Kalimat itu diucapkan oleh guru seninya saat ada di tingkat 6. Kalimat yang cukup pedas itu tidak membuatnya menyerah, dan kini Pascal membuktikan bahwa dirinya adalah bukti nyata bahwa kesuksesan bisa diraih dalam berbagai area profesi dan kehidupan kreatif adalah hal yang tidak mustahil. Pascal kini adalah salah seorang artist independen ternama di dunia.

“Apa pandangan anda tentang kesuksesan?”
“Nothing is valuable without meaning”.
Banyak artis mengukur kesuksesan dari uang, fans dan klien-klien besar. Bagi dia, sukses tanpa arti bukanlah ukuran yang sebenarnya. Karena itu bagi dia, teman, sikap murah hati dan keluarga adalah definisi kesuksesan.

“Apa kunci sukses saat membangun skill?”
Disiplin dan rutinitas!
Buatlah jadwal terencana, walaupun proses kreatif itu sesuatu yang spontan tugas kita adalah menyiapkan waktu yang tepat untuk proses tersebut. Hal ini adalah satu-satunya cara yang selama ini membantu saya dalam membuat artwork. Apabila kita tidak memiliki rutinitas menggambar, kita akan menghadapi banyak kesulitan saat harus menyelesaikan sebuah artwork.
Menyusun jadwal itu sebenarnya cumup mudah, bangun lebih pagi, siapkan sarapan dan tentukan waktu untuk sketch harian kita. Terkadang itu membosankan, tetapi saya tetap melakukannya sebagai bagian dari profesionalisme dan bukan sekedar hobby yang kita lakukan sesuka kita.

“Bagaimana sebuah proses kreatif terjadi?”
Ketka sebuah ide muncul, apapun ide itu, walaupun konyol dan tidak masuk akal, saya tetap menggambarnya. Terkadang ide itu hanya sebuah komposisi di mana saya ingin meletakkan sesuatu dalam sebuah artwork dan saya terus menggambarnya. Semua detail dan penjelasannya akan dikerjakan belakangan.
Terkadang ide itu menjadi artwork yang menarik terkadang tidak sama sekali, saya tetap menjaganya tetap spontan untuk menjaga sisi fun dan lebih hidup sesuai dengan tuntutan bidang yang saya tekuni.

“Bagaimana proses mewarnai dalam artwork anda karena terlihat sangat unik?”
Berbeda dengan kebanyakan artist, pascal menganggap bagian mewarnai adalah bagian yang terbesar dalam pembuatan artwork. Seringkali ia menggunakan sketch yang cepat dan kasar, dan lebih mengeksplorasi proses penyelesaian artwork dalam pewarnaan. Warna dalam artwork Pascal adalah esensi dari artwork itu sendiri karena baginya warna adalah bagian dalam komposisi sebuah artwork. Warna mengendalikan artwork yang ia hasilkan. Seringkali sebuah artwork berbeda jauh dengan sketch awal ketika selesai proses painting.

“Apa yang anda lakukan untuk tetap kreatif?”
“Berhenti menggambar!”
Serius! Terkadang serang artist tidka berhenti dari aktivitas menggambar dan menggambar. Menggambar menjadi sedemikian mudahnya, namun untuk menghasilkan sebuah ide baru, itu menjadi kesulitan sendiri. Jadi Pascal akan meluangkan sejenak waktu untuk benar-benar keluar dari aktivitas menggambar, bisa berlibur, bertemu teman, nonton, piknik atau bersepeda. Terkadang godaan untuk membawa setchbook sulit ditahan, namun pada akhirnya sketchbook menjadi berisi gambar-gambar itu saja. Apapun itu selain aktivitas menggambar yang akan mengembalikan semangat dan kreatifitas.

“Pelajaran apa yang anda dapatkan dari artist lain?”
Pelajaran bahwa tidak ada sesuatu cara yang benar atau salah dalam menciptakan art. Banyak ruang bagi setiap individu untuk menciptakan cara mereka sendiri.

“Inspirasi apa yang bisa anda bagikan?”
Ya!
Lakukan apa yang kamu cintai! Love what you do! Lakukan pekerjaan itu dengan bahagia. Camkan terus, mengapa anda memilih passion anda, selalu ingat apa yang anda inginkan dan kejar!
Jangan menunggu persetujuan dari siapapun apabila anda ingin melangkah maju. Lakukan saja!
Banyak sekali artist besar yang hanya mengerjakan pekerjaan apabila ada yang memberikan kesempatan atau sebuah proyek kepada merena, dan merasa bahwa mereka tidak memiliki kesempatan lain. Kesemaptan itu harus dicari. Lakukan saja. Anda ingin membuat film animasi pendek? Novel grafis? Segera luangkan waktu untuk mengerjakannya.

Sumber: http://pascal-campion-interview.blogspot.co.id/

CGMA Master Class Tutorial by PascalCampion

Leave a Reply