“Mulailah Kesuksesan anda dari sebuah Passion” – Henryca Citra

great_destination_by_henryz

“Mulailah Kesuksesan anda dari sebuah Passion” – Henryca Citra

Henryca Citra adalah salah satu Ilustrator terbaik dari jajaran kampiun – kampiun ilustrator di Indonesia dan tentunya membuat Indonesia diperhitungkan di dunia sebagai pemasok artist – artist jago kelas dunia. Simak interview via korespondensi dengan Henryca, semoga bisa menginspirasi!

have_a_cigar_II_by_henryz

Carrot Academy  :

Halo bang Henryca, salam kenal dan terima kasih mau berbagi dengan Carrot Academy, boleh ceritakan sedikit tentang anda termasuk apa saja aktivitas anda saat ini dan bagaimana  perjalanan karir anda di dunia ilustrasi?

Henryca Citra       :

Nama lengkap saya Henryca citra, lahir 14 November 1980. Saya saat ini tinggal di Medan. Saya saat ini sedang menggarap studio illustrasi di Medan, namanya : Teritori. (www.teritoristudio.com) . Saat ini saya juga sambil mengajar kursus illustrasi disini.

Awalnya saya magang dan kerja part time di Phoenix game studios (Malaysia). Setelah itu di IFW (Batam) selama hampir 2 tahun, dan setelah itu pindah ke IFS (Singapore). Tahun 2008 balik ke Medan jadi freelancer lagi sampe tahun 2010.  Tahun 2011 pengen cari pengalaman baru di bidang matte painting di sebuah studio animasi di Jepang namanya Polygon Pictures inc. Banyak sekali tentunya pengalaman berharga yang saya dapat dari tempat – tempat tersebut .

Carrot Academy  :

“Bagaimana perjalanan anda mengenal ilustrasi, pasti ada banyak proses yang menarik yang bisa diceritakan?”

stroke_by_henryz-d3qf208

Henryca Citra       :

Pertama kali menggambar ketika saya masih duduk di bangku TK. Saya sering melihat abang saya menggambar, nha dari situ timbul rasa suka untuk menggambar. Setelah itu saya ambil kursus menggambar ketika saya SMP kelas 1 sampai dengan SMP kelas 3, fokus saya saat itu belajar media tradisional seperti cat air dan poster color. Setelah tamat sekolah saya sempat meninggalkan gambar kurang lebih selama 5 tahun dan beralih ke Desain Grafis dengan mendalami Corel Draw. Saya tertarik untuk lebih mendalami Desain Grafis dan memikirkan untuk mengambil kuliah di Malaysia. Saya mengambil kuliah di Limkokwing Malaysia. Nha selama saya kuliah di situ, justru saya kembali bergairah dalam hal gambar ketika saya berada di kelas life drawing. Dari sana juga saya dikenalkan teman tentang penggunaan pen tablet untuk mengerjakan ilustrasi digital. Saya sungguh berterima kasih untuk teman saya yang telah mengenalkan pen tablet pada saya. Pelan-pelan saya membiasakan membuat painting digital dan saya sangat menyukainya sampai hari ini.

Carrot Academy  :

Adakah suka duka selama menekuni ilustrasi?

Henryca Citra       :

Tentu selalu ada bagian suka dan duka dalam hal apapun kan, di dunia ilustrasi digital yang saya tekuni ini, sukanya adalah ketika ide datang dan saat itu tangan dan otak berjalan bersama-sama. Nah dukanya adalah ketika tidak ada mood untuk melanjutkan pekerjaan alias jenuh. Nah salah satu jalan keluar yang biasa saya lakukan adalah  memancing mood dengan melihat karya – karya keren di internet…..Hehhehe…..jadi boleh sih jenuh, tapi itu bukan alasan ya

Carrot Academy  :

Saat ini anda sedang sibuk mengerjakan proyek apa ya? Ceritakan ya, pasti sangat menarik:)

Henryca Citra       :

Saya dan tim sedang mengerjakan matte painting untuk TV series Transformer prime season 3 (interview ini dilakukan sekitar bulan Juli, dan series tersebut telah tayang http://www.imdb.com/title/tt1659175/ – red), dan juga ada handle illustrasi – ilustrasi card game, dan mengerjakan order untuk mendesain wallpaper di cafe di daerah Medan.

have_a_cigar_by_henryz

Carrot Academy  :

Proyek-proyek besar apakah yang menjadi moment – moment paling exciting bagi anda selama menekuni ilustrasi?

Henryca Citra       :

Sejauh ini proyek yang paling ternama sih proyek Transformer Prime (Tv series), dan moment menarik yang memicu saya adalah bisa bekerja dengan studio animasi Jepang yang pernah bikin cinematic game atau film yang saya pernah suka. Saya sangat excited.

Carrot Academy  :

Oya, anda juga memiliki sekolah ilustrasi di Medan, bisakah ceritakan sedikit, motivasi dan bagaimana perkembangan sekolah ilustrasi yang anda kelola saat ini?

Henryca Citra       :

Belum jadi sekolah sih, masih kursus. Motivasi saya adalah ingin berbagi atau sharing ilmu saya aja ke yang lain. Dan menjadikan pulau sumatera ini ga kalah hebat dengan orang-orang di pulau Jawa.

Hmmm.. tentang perkembangannya, orang-orang di sini masih kurang begitu antusias. Ada beberapa, tapi antusiasnya masih belum sebanyak di Jakarta.

season_to_remember_by_henryz-d5v3bn4

Carrot Academy  :

Wah ikut bangga dengan kerja keras membangun sekolah ilustrasi ini, semoga ke depannya bisa lebih maju ya dan antusiasme masyarakat di sana makin tinggi, kalau bisa virus I Love Drawing bisa menyebar di seluruh Indonesia dan muncul penerus – penerus ilustrator jago seperti anda:)…Nanti bisa share banyak hal tentang sekolah Ilustrasi sama Carrot Academy:)

Oya, anda adalah salah satu ilustrator dan concept artist yang cukup diperhitungkan Indonesia, saya lihat anda sering memasukkan unsur – unsur lokal dalam artwork anda, apa yg menjadi motivasi anda mengangkat muatan tradisional ini?

Henryca Citra       :

Di medan banyak sekali landmark yg menarik dan juga banyak bangunan peninggalan Belanda dengan arsitektur yang keren. Saya  pikir kalau obyek – obyek tersebut digambar dengan tema fantasi tentu akan sangat menarik. Satu lagi, kalau gambarnya bisa sampai dikenal oleh orang luar akan sangat membangun citra bangsa Indonesia.

Carrot Academy  :

Wah ide yang luar biasa ya memasukkan muatan lokal tersebut apalagi sampai membuat Indonesia dikenal di mana – mana:)

oya kalau tidak salah hitung, anda telah mendapatkan 7 daily deviation dari Deviantart, suatu hal yang sangat luar biasa dan sulit pastinya, mungkin anda adalah artist Indonesia yang terbanyak mendapatkannya. Bagaimana anda bisa sangat produktif namun dengan konsistensi karya yang sangat terjaga?

Henryca Citra       : Hahaha..saya ga pernah menghitungnya. Masih banyak lagi kok artist – artist lain yang lebih banyak dari itu yang dapat DD.

Saya adalah seorang yang betah di rumah. Jadi senang sekali memakai waktu saya untuk bikin karya2 personal. Yang terakhir saya bikin Great Destination II. Sekarang saya usahakan bikin ketika lagi nggak ada orderan. Jadi sudah lumayan lama tidak membuat personal art tapi saya akan terus berusaha produktif ke depannya.

great_destination_ii_by_henryz-d4p5c7z

Great Destination II

Carrot Academy  :

Saya liat style artwork anda sangat beragam, bagaimana pandangan anda tentang style?

Henryca Citra       :

Mmm..menurut saya pribadi saya masih sangat suka dengan gambar – gambar berat yang renderannya super realistic, tetapi kadang saya jenuh juga melihat karya – karya yang keren di CG forum kebanyakan renderannya yahud. Lama kelamaan bosan, oleh karena itu saya banting mood saya dengan pindah haluan sebentar di style – style yang agak ringan, dan warna warni.

Style itu buat saya adalah ketika seorang artist menggambar tidak lagi melihat referensi langsung tetapi memanggil lagi timbunan database yang sudah tersimpan di kepalanya dan menggambar sesuatu yang  datangnya dari hati. Ciptaan dia sendiri, yang mungkin keluar dari kejenuhan realistis. Seperti kartun – kartun  bikinan LAT (kartunis asal Malaysia)., menjadikannya sesuatu yang unik dan mudah dikenali.  Mmmm..mungkin penjelasan saya masih terlalu dangkal. Hahaha.

Carrot Academy  :

Ha ha…. jadi style itu bukan sekedar pelarian ya, kadang – kadang saya melihat beberapa artist pemula memutuskan mencari style ketika dia bahkan belum pernah berada di titik jenuh ilustrasi realistis dan belum pernah mengerjakan artwork – artwork dengan renderan yang rumit seperti yang telah anda kerjakan selama ini.  Masih berhubungan dengan style, artist siapa saja yang mempengaruhi anda dalam ilustrasi?

Henryca Citra       :

Saya suka dengan artwork -artwork  Jason Chan, Takehiko Inoue (strokenya bener – bener gila) dan sekarang saya suka dengan Ruanjiajia, coba cek kerjaannya di http://ruanjiajia.cghub.com/

ruanjia

Artwork by: Ruanjiajia

Cara dia painting bener-bener angkat topi. Saya lagi belajar untuk bisa seperti dia teknik paintingnya.

Carrot Academy  :

  • (Humble banget yah bang Henryca ini masih ngefans sama artist lain he he)
  • Menurut anda hal-hal apa yang harus dimiliki seorang artist untuk mencapai suksesnya dan bagaimana langkah-langkah yang perlu diambil untuk mencapai sukses itu, mungkin ada beberapa tips?

Henryca Citra       :

Bermula dari gairah (Passion), setelah ada gairah baru semuanya bisa terarah seperti air mengalir. Jadi kalo artis itu mengejar sukses dengan ambisi pengen terkenal terlebih dahulu, maka dia akan jenuh (putus asa) dan berhenti pada saat tertentu. Tetapi kalau kamu mulainya dengan gairah (kemauan hati) untuk pengen berkarya menciptakan seni, dia akan terus menikmatinya. Belajar terus dan asah terus skillnya sampai kamu tua.

Carrot Academy  :

Wah sepakat banget soal passion ini, wejangan yang sangat berguna:)

Kalau melihat  artwork – artwork anda sangat kaya warna, detail dan sangat rumit, menurut anda , bagaimana anda bisa ada di level itu, adakah proses yang bisa anda ceritakan?

battle_arena_design_by_henryz-d4st8uy

Henryca Citra       :

Iya, saya pernah banting style yang biasanya dark fantasy, jadi yang cerah seperti di great destination. Pengen coba aja sih yang warna warni. Hahaha.

Saya benar – benar menikmati tahap detailnya. Saya bersyukur bisa menikmati hal seeprti ini….. Hahahha. Tipsnya, tolong catat baik – baik ya….. ga boleh jenuh, dan tetap konsisten!….. Memang kadang bisa jenuh, tapi berhenti aja sejenak. Jangan sampai kehilangan interest:)

Carrot Academy  :

Apabila saat ini anda masih seorang pemula, apa yang ingin anda lakukan, atau apa yg ingin anda katakana pada Henryca Citra muda di masa lalu apabila anda bisa mengatakannya, mungkin sesuatu yang bisa memotivasi?

Henryca Citra       :

“Isilah waktu mu dengan menikmati waktu, menggambarlah supaya kamu bisa menikmati waktu. ”

monster_six_by_henryz-d41w2fd

Carrot Academy  :

Apakah yang ingin anda sampaikan kepada mereka yang sedang memulai terjun di dunia ilustrasi?

Henryca Citra       :

Gambar terus!…. Bawalah sketchbook dimana pun kamu pergi, dan jangan cuman di bawa, gambar apa yang kamu lihat. Sebanyak mungkin yang kamu bikin itu semuanya akan menjadi hartamu. Bukumu bisa menjadi kenanganmu dimana bisa terlihat prosesnya dari pemula sampai menjadi jagoan.

Carrot Academy  :

Selain di Deviantart.com, di manakah bisa mendapatkan informasi tentang anda?

Henryca Citra       :

Bisa kunjungi fan page FB di www.facebook.com/teritoristudio

Carrot Academy  :

Pertanyaan terakhir……Apakah arti inspirasi bagi anda?

Henryca Citra       :

Inspirasi itu merupakan motor yang menggerakkan kita untuk berkarya.

Carrot Academy  :

Wah terima kasih banget, semuanya sudah dijawab dengan tuntasssss dan banyak pencerahan yang bisa didapat…. terima kasih banyak bang Henryca sudah meluangkan waktu menjawab, semoga bisa menginspirasi ilustrator – ilustrator yang ingin sejago dan sekeren anda. Sukses buat semua proyek – proyeknya dan sukses juga buat sekolah Ilustrasinya.

Carpe Diem

(BP)

guan_yu_by_henryz-d6kuf6y

Leave a Reply