“Ilustrator itu Kerjanya Bikin Komik ya?”

Print

Print

 

Pertanyaan yang klise ini sering kali dilontarkan mereka yang awam terhadap dunia ilustrasi. Memang sih kadang ilustrasi itu identik dengan komik atau lukisan. Biasanya sih para orang tua yang anak-anaknya hobi gambar bayangan mereka anaknya pasti jadi tukang bikin komik. Nha trus pada protes, kan komik Indonesia nggak laku? Gimana dong bisa sukses jadi ilustrator??

Nha semua itu pemikiran yang jadulll bangetttts. Jaman era informasi digital ini, ilustrasi menjadi bagian dari berbagai profesi di industri kreatif. Ilustrasi menjadi bagian penting dari Concept Art, Matte Painting, Advertising, Digital Imaging, Animasi, Film, Game dannn masih banyak lagi. Tapiii, tidak ada salahnya juga komik menjadi profesi andalan karena industri komik adalah industri global yang memiliki prospek sangat bagus. Marvel dan DC adalah segelintir contoh studio penghasil komik besar di dunia. Industri komik ini melibatkan ribuan artist dari seluruh dunia. Siapa sih yang tidak kenal Ardiansyaf, penciler jago dari Tulungagung? Beliau adalah salah satu dari sekian puluh pekerja di industri komik yang sukses di Indonesia.

Komik Indonesia nggak laku??

Memang saat ini komik Indonesia masih berjuang untuk mensejajarkan diri dengan komik Amerika dan Jepang. Tapi kesempatan untuk membuat komik Indonesia yang dicintai masyarakat masih terbuka lebar. Banyak kok komik Indonesia yang sukses karena memang berkualitas. Sebut saja si Juki atau Grey dan Jingga yang memiliki penggemar yang sangat loyal.

Jadi, buat yang tertarik menjadi komikus, tuntutannya tetap sama kok dengan bidang ilustrasi lain. Tantangan di dunia komik memang sedikit beda apabila kita terlibat penuh dalam sebuah produksi komik. Selain kualitas gambar yang bagus, kita dituntut bisa menyajikan cerita dan karakter yang menarik pembaca. Jadi mari kita sambut kebangkitan komik Indonesia dengan semangat!!

Komik juga menjadi salah satu materi yang dipelajari di program Creative Illustration – Diploma Course di Carrot Academy. Selama 960 jam artist akan mempelajari secara intensive materi yang fokus kepada ilustrasi dan entrepreneurship sehingga target menjadi ilustrator profesional akan terpenuhi dalam waktu 1 tahun belajar.

(BP)

Leave a Reply