Formula Rahasia Menjadi Digital Artist Sukses – Artgerm

“Ask Yourself Why You Choose Art as Your Life Path and Enjoy what You’ve Done as a Part of a Journey” – ARTGERM

b586f66b259e1bd5ea758e1324dd2103-d3bg98q

http://artgerm.deviantart.com/art/Fall-Out-Toy-Works-TPB-200632778

Artgerm adalah salah satu digital artist yang sukses dalam dunia industri. Skill dan stylenya telah mendapat pengakuan luas. Bagaimana Artgerm bisa berada di titik pencapaian skill dan kesuksesannya saat ini? Ia akan berbagi banyak hal tentang bagaimana jalan yang harus ditempuh untuk menjadi sukses, mulai dari penguasaan skill fundamental, menguasai skill ekstra, menemukan style sampai bagaimana memahami dunia industri.


Hal pertama yang harus dikuasai untuk menjadi Digital Artist yang sukses adalah skill fundamental. Apa saja skill fundamental yang harus dikuasai dengan baik?

FUNDAMENTAL SKILLs
1. Anatomy
Mempelajari anatomi merupakan IN OUT PROCCES, di mana kita akan mempelajari anatomi creature/human dari dalam ke luar, dalam hal ini adalah Tulang – Otot – Kulit – Etnis – Gender dan atribut lain yang berpengaruh pada tampilan
2. Lighting
Identik dengan bayangan. Bagaimana kita memahami bagian terang gelap pada sebuah obyek.
3. Colours.
Artgerm menekankan untuk mengeksplorasi warna dengan cara “go beyond realism”, realism is stuck. Semua warna adalah hasil observasi, tentu saja kita tidak bisa membayangkan sebuah warna baru yang belum pernah kita lihat sebelumnya.
4. Composition
Artist’s not looking through eyes but camera eyes. Understand Camera lense is best way to understand Composition.
5. Perspective
Ada banyak metode perspektif yang bisa digunakan, tapi ada cara lebih mudah dan akurat dengan menggunakan sebuah foto referensi yang memiliki perspektif yang mendekati komposisi yang ingin kita buat di artwork kita.
6. Aesthetic
Nilai estetika adalah apa yang membuat sebuat artwork “keren”, satu hal yang paling sulit untuk dipelajari dan nyaris tidak bisa diajarkan diajarkan, bisa jadi ini sebuah preferensi yang sangat pribadi dan individual. Satu hal yang pasti artwork harus memenuhi 5 unsur di atas sebelum bisa memenuhi nilai estetika. Pada akhirnya, dalam industri, nilai estetika akan menentukan seberapa banyak orang yang akan mencintai artwork kita dan seberapa menjualnya artwork. Untuk mengembangkan kemampuan estetika kita, kita harus memiliki kemampuan mendefinisikan sedetail dan segamblang mungkin, saat kita melihat artwork yang keren, apa yang membuat kita menyukainya. Jadikan itu sebagai sebuah kebiasaan.
Mungkin bisa dianalogikan dengan mendefinisikan sebuah game yang membuat kita kecanduan. Definisikan apa yang membuat kita mau menghabiskan berjam2 untuk menikmati game itu.

‘Always break it down and understand exactly in small segment why exactly you like something from the artistic point of view. Do it as a habit and we can learn a lot more things’.

‘Satu-satunya cara untuk memperdalam skill adalah dengan menggabungkan teori dan observasi dan dilipatgandakan oleh durasi praktik yang terus menerus’.

Gambarlah sesuatu yang baru tiap hari, pada setiap praktik berikan 10% lebih besar porsi tuntutan kesulitan dari gambar sebelumnya.
Berbicara tentang style, Jangan berkutat dalam hal style. ‘The Origin of art is no Style’. Alih-alih bersikeras mencari style khas kita, gunakan teknik “Expand your Comfort Zone (of style).
Dari ke 6 skill fundamental tadi, seorang digital artist juga harus memiliki skill yang esensial. Apa saja skill esensial tersebut?

ESSENTIALS SKILLS:
1. Menguasai penggunaan pen tablet
Oke, kita bisa menggambar dengan mouse, tapi “why bother?”:D
2. Visualization
What you have in your mind to be able to visualize through art, nothing more frustrating than having a great idea but you can’t show people
3. Painting
Art in general; We are not responsible to recreate reality but to recreate the perception or the illusion of reality
Dalam memahami Digital Painting, sebagai contoh saat kita menggambar hutan, kita tidak akan memggambar sampai setiap helai daun untuk membuatnya logis dan masuk akal, tapi tugas kita adalah menyajikan painting kita menjadi sesuatu yang masuk akal dan diterima secara visual. Tugas digital artis adalah merekreasi ilusi baru dari sebuah realita.
4. Digital Imaging
Banyak proses blending yang menuntut penguasaan digital imaging dengan baik.

BONUS SKILL
5. Photography
Photography, adalah cara terbaik untuk mempelajari komposisi, warna, perspektif dan realita.
6. Graphic Design
Mendukung kemampuan kita untuk mengemas artwork kita dan merepresentasikannya dengan baik.
7. 3D Modelling
Membantu memahami desain karakter dalam wujud yang paling realistis

MEMASUKI DUNIA INDUSTRI

Ketika seorang artist telah menguasai skill yang dibutuhkan untuk menjadi profesional dan mencoba masuk ke dalam dunia industri, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yang berhubungan dengan dunia industri. Bagaimana untuk bisa memasuki dunia industri bagi seorang artist yang baru memulai?

Untuk bisa masuk dan bertahan dalam dunia industri, seorang artist harus paham dan mengikuti bagaimana dunia industri berputar. Beberapa aturan yang perlu dipahami seorang artis digital adalah:

1. Understand the industry
Kemampuan untuk mengerti tentang dunia industri akan membantu artist mampu “bersuara” di dunia industri. Tentukan di mana posisi artist dalam industri yang sangat luas. Idealisme sangat bagus, tapi ada hal lain juga yang harus diperhatikan. Sometimes “I just want to do art” is not enough, you have to decide what exactly what you want to be in the industry. Perkembangan teknologi juga menjadi faktor yang sangat penting dalam dunia industri untuk diikuti, baik software maupun hardware.
2. Sensitive to trend
Go out and meet new people, see what happen in the world. Tujuannya adalah agar artwork kita selalu relevan dengan nilai2 kekinian.
3. Meeting the client need
Being Digital Artist; We don’t make art to please our self but our job is to solve our client problem. Kita punya sesuatu yang bisa kita tawarkan kepada klien, dan pertemukan dengan kebutuhan mereka.
Selesaikan artwork sebelum deadline. Hal yang paling menyedihkan adalah ketika kita menghasilkan ide yang luar biasa hebat tapi klien tidak menginginkannya lagi karena melewati deadline.

Ada beberapa hal penting yang harus dipahami oleh artist. Beberapa hal ini kadang tidak dipahami dengan baik dan mengakibatkan kemampuan artist hanya berjalan di tempat.

1. STYLE

“The Origin of Art is no style”.
Style adalah preferensi visual seorang artist untuk menyajikan ide sesuai dengan cita rasa pribadinya. Dasar dari sebuah style adalah realisme. Setiap style memiliki formulanya masing-masing. Untuk menciptakan sebuah style kuncinya adalah konsisten. Apakah konsistensi cukup? Tidak sesederhana itu! Selain konsisten, kita harus selalu membiasakan diri untuk keluar dari zona nyaman kita! Biasakan mengekspansi zona style kita sehingga area style kita akan makin berkembang. Biasakan diri untuk bisa nyaman dengan hal-hal yang baru, eksplore hal-hal baru, nikmati cara dan proses kerja yang baru. Keluwesan adalah hal yang sangat penting!
Don’t stick with just one inspiration, one favorite artist. Get more inspirations, take what you like and make your own style. We have to be consistent but we have to give option.
Hal penting dalam mengembangkan sebuah style adalah kemampuan menangkap nilai-nilai keindahan dalam style artist-artist yang kita kagumi karyanya dan menjadikannya sebagai batu tumpuan sebuah penciptaan style baru.

2. REFFERENCE

“You can not Draw what You don’t Know”
Banyak hal salah kaprah yang dipahami oleh artist-artist baru dan orang awam tentang referensi. Mereka menganggap referensi bukanlah hal penting, dan menggangap tanpa referensi kita bisa membuat sebuah desain karya keren dengan imajinasi kita. Itu adalah kesalahan besar!

Semua artist besar dalam sejarah peradaban selalu menggunakan referensi. Referensi bisa didapatkan dalam kehidupan sehari-hari, gambar, foto dan ingatan kita. Kita juga memiliki sumber referensi untuk pose yang sangat mudah didapatkan, yaitu tubuh kita sendiri!

“Everyday Life is the Best Refference”

2. THEORY

“We need theory to understand what is wrong”
What if other don’t like our style? Its mean you have to expand your style. As a commercial we need to find a demand in this industry. Expand our tastes.
But first we have to love our art, so others will love it. Love your work, when you doing what you don’t like, it shows in your artwork. People will see.

UKURAN KESUKSESAN SEORANG ARTIST

Nha bagaimana mengukur kesuksesan seorang artist? WHAT IS SUCCESFUL ARTIST?
Money is a result of every hard works, but it’s not the objective of you creating art. The objective of making good art is to share our idea. People can smell, can taste our art.

1. Have Strong passion and commitment in art is the most important thing.
We admit that learning the fundamental skill is boring, but don’t ever be in the position that you have been through this. Artgerm, spend effective 3 years for learning the fundamental skill. Conquer it.

2. Understanding Market Positioning and Commercial reliability
Every artist has a potentiality to be a unique artist, prepare yourself to choose your position in the industry
No Degree in art, Portfolio is the only certificate.
Impress client with the portfolio. The best way to show portfolio is to give the 3 first best artwork. Don’t put all.

3. Solid art foundation with great flexibility and execution.

4. Strong Online presence and involved with the community (Deviantart etc)
When is exactly we ready to show our artwork is no better than TODAY! as earlier as possible
Maybe your artwork is suck, but believe that there are some people like your art. One day some of those people might influence your ways to industry
The successful artist treat their fans because their success is depend on their fans.

5. Good network of Clients

“Art is our objective of our emotion to express, so enjoy”
ARtgerm, Kendrick, Kai

“Art is not a subject or a profession, art is life style”

Minggu, 10 Maret 2013, dewa-dewa digital art dari Imaginary Friends Studio menyambangi Jakarta, tepatnya di Ritz Carlton, Stanle ‘Atrtgerm’ Lau, Kendrick dan Kay berbagi berbagai hal seputar dunia Digital Art yang disupport oleh 3DSense. Artikel ini dirangkum dari materi yang diberikan selama workshop. Banyak hal tetap aktual dan relevan dari materi ini bagi artist yang ingin sukses!

Learn to Love Your Work – ARTGERM

(BP)

3 thoughts on “Formula Rahasia Menjadi Digital Artist Sukses – Artgerm

  1. pengen banget bisa belajar disini, tapi kok rumahku di Jogja.. jauh banget.

Leave a Reply