Hari Pertama Creative Illustration Diploma Course Angkatan ke-6!

“The question isn’t who is going to let me; it’s who is going to stop me.” — Ayn Rand.

Wajah-wajah baru yang antusias memenuhi ruangan kelas di Carrot Academy, 14 Agustus 2017. Datang dari kota-kota di Indonesia, mereka bertemu dalam sebuah program yang akan mengantarkan mereka mewujudkan impian mereka, Creative Illustration 1 Year Diploma Course.

20900547_10154865212933803_5171560743877201710_o (1)

Program yang mencetak ilustrator profesional ini telah memasuki generasi ke-6 di pertengahan tahun 2017 ini. Namun benarkah program ini mampu memberikan jaminan pada mereka untuk mendapatkan apa yang mereka dapatkan?

20861934_10154865211668803_6210238970311543512_o (1)

Beberapa artist di kelas ini mengungkapkan dengan semangat bagaimana bergabung di kelas ini adalah rencana terbesar bagi mereka yang telah ditunggu-tunggu. Namun, beberapa yang lain mengungkapkan bahwa mereka membutuhkan waktu yang lama untuk memutuskan bergabung di kelas ini. Beberapa dari mereka menganggap keputusan bergabung di program ini adalah sebuah keputusan yang ikut menentukan perjalanan hidup mereka selanjutnya. Mengapa?

Ada banyak ketakutan untuk mengambil keputusan mengikuti mimpi kita. Takut kita akan gagal secara finansial dengan pilihan profesi kita (ilustrasi). Takut kita tidak cukup berbakat di bidang ini. Takut kita tidak akan cukup sukses di bidang ini?

20

Menjawab mitos-mitos di bidang ilustrasi.

1. Ilustrator tidak akan membuat kita sukses.

Benarkah dunia ilustrasi tidak akan memberikan sukses finansial? Dalam sebuah workshopnya, Artgerm salah satu ilustrator tersukses di dunia menegaskan bahwa uang adalah hasil kerja keras, sementara kesuksesan seorang artist bukan hanya tentang uang, tapi bagaimana seorang artist menciptakan karya, membagikan ide-idenya. Pada saatnya, masyarakat akan memberikan penghargaan pada karya-karya besar yang diciptakan oleh dorongan berkarya bukan karena dorongan uang. Ketika seorang pekerja dalam bidang apapun bekerja 8 jam sehari, dia akan mendapatkan penghasilan setimpal dengan kerja kerasnya.

2

185

Artist yang bekerja 8 jam sehari dan mengerjakan artworknya dengan baik, akan mendapatkan lebih banyak dari sekedar uang, yaitu kepuasan batin, apresiasi dan karya itu sendiri. Jika kamu mengeluh tentang finansial, apakah kamu sudah merasa bekerja sekeras artist-artist besar seperti Artgerm atau Chris Lie? Studi0-studio ilustrasi selalu membuka kesempatan bagi artist baru untuk bekerja dengan mereka, namun sedikit sekali artist baru yang memenuhi kualifikasi. Dunia ilustrasi adalah dunia profesi yang paling fair, karena hasil pekerjaan kamu bisa dilihat dan diukur langsung melalui karya kamu.

5

2. Takut tidak cukup berbakat?

“Genius is 1% talent and 99% percent hard work…”― Albert Einstein

Bakat dianggap sebuah mitos di Carrot Academy. Attitude dan kerja keras kita selama di kelas dan di meja gambar kitalah yang akan membentuk kita menjadi apapun yang kita inginkan. Ambillah nama artist sukses dan besar secara random, adakah salah satu di antara mereka yang tidak melewati masa-masa berat belajar? Masa-masa penuh kegagalan? Masa-masa kelam ketika mereka masih merangkak tangga kesuksesan? Kalau kita belum bekerja sekeras mereka, tidak selayaknya kita berharap banyak. Materi di program Creative Illsutration Diploma Course tidak diperuntukkan bagi mereka yang tidak menyukai kerja keras. Materi di program ini didesain agar artist memiliki nilai-nilai yang dimiliki seorang valuable artist seperti kerja keras, ketekunan, keterbukaan, ketertarikan dengan hal baru, peduli dengan lingkungan dan mudah terinspirasi oleh karya-karya dan hal abru yang positif. Bakat adalah sebuah mitos yang hanya menjadi alasan bagi mereka yang menolak proses belajar. Tidak ada artist besar yang menjadi jago gambar ketika mereka bangun dari tidur mereka.

27a

Formula Artist Sukses

Memilih program Creative Illustration Diploma Course ini adalah sebuah keputusan yang membutuhkan komitmen tinggi. Memilih program ini sama dengan memilih untuk menciptakan versi terbaik dari artist baik secara personal dan profesional. Carrot Academy meyakini, bahwa seorang valuable artist membutuhkan kerja keras yang sama untuk menjadi profesional seperti halnya menjadi seorang profesional dalam bidang lain. Seorang individu tidak mungkin menjadi artis sejati hanya mengandalkan passion. Passion + Action + Attitude adalah formula untuk mencapai kesuksesan dan hal-hal besar. Untuk mencapai semua itu, artist-artist dalam program ini akan melewati masa-masa penuh tantangan, melawan kebosanan, melatih endurance menikmati proses menggambar selama 5 jam sehari di kelas. Tugas-tugas yang makin menuntut performa yang makin tinggi tiap bulannya. Tidak mudah memang untuk mencapai sukses. Kerja keras adalah bagian dari sukses, namun passion akan memberikan energi tambahan yang membuat setiap kerja keras menjadi tantangan dan proses yang menyenangkan dan tidak melelahkan.

Selamat datang DC 6.06 Carpe Diem!!

“Life isn’t about finding yourself. Life is about creating yourself” – George Bernard Shaw

6

 

Leave a Reply