“Gambar udah Keren tapi kok Gak dapat Kerjaan ya?”

Print

 

Ada nih ilustrator jago yang setahun cuma ngerjain proyek-proyek kecil dan dalam jumlah sedikit. Kok bisa ya? Hal penting yang harus diperhatikan untuk menjadi artist sukses selain memilik portfolio yang keren, artist tersebut harus pintar menjual karyanya. Apa saja yang bisa dilakukan?

1. Memiliki website portfolio  yang baik

Skill udah mantep, nha semua artwork keren bikinan kamu harus disajikan dengan baik. Jaman sekarang majang portfolio gampang banget. Bisa lewat media sosial ataupun bisa lewat website portfolio gratis seperti Deviantart.com. Artwork keren bikinan kamu jangan cuma disimpen di hardisk ya.

2. Self Branding

Self branding itu perlu banget, karena selain punya portfolio keren, pasti orang-orang atau calokn-calon klien kamu pengen tau bseperti apakah reputasi kamu. Nha self branding ini bisa dilakukan dengan banyak hal, misal penggunaan nama artist yang baik boleh nama rekaan yang keren dan mudah diingat (catet: jangan pakai nama alay) atau gunakan juga akun email dengan kata-kata yang mudah diingat. Kamu juga harus hati-hati mengelola akun-akun media sosial agar selalu terlihat profesional, karena klien menyukai artist yang bisa diajak kerja dengan baik.

Show off! Pamerkan karya kita melalui ajang-ajang kreatif seperti Popcon, Comifuro dll. Rajin datang ke ekshibisi seperti ini akan membuat karya kita mudah dikenal. Banyak vendor dan calon klien potensial diam-diam datang di acara-acara seperti ini.

3. Membuat circle

Circle ini penting banget. Melalui circle kita bisa menambah wawasan, memperluas jaringan, menambah daftar klien dan juga memancing produktivitas. Circle juga akan membantu kita ketika kita membutuhkan bantuan saat mengerjakan proyek besar. Circle juga bisa membantu kita mengikuti ajan ekshibisi, kita bisa patungan modal untuk sewa stand.

4. Konsisten

Nha, kalo sudah buat website portfolio, punya circle dan produktif, berikutnya kita harus konsisten. Klien menyukai artist yang stabil dan konsisten karena mereka akan tahu kita bisa diandalkan. Jaga produktivitas kita secara konstan, hindari masa-masa kosong yang membuat kita seolah “hilang”. Klien kadang menganggap ketidak konsistenan kita sebagai indikasi kita artist bermasalah. Jadi jaga konsistensi ya!

5. Jadilah artist yang “BAIK”

Be Nice! Sebagai artist, tugas kita sebenarnya adalah menjual servis. Nha kita harus memiliki attitude dan bisa bersikap baik kepada siapapun. Ini adalah kunci sukses yang penting. Walaupun klien menyebalkan, kita harus bisa membuat pendekatan terbaik. Dengan bertambahnya jam terbang, kita pasti akan makin berpengalaman dalam hal ini.

6. Mau Berbagi

Jadi artist jangan pelit ya, bagikan ilmu kita. Buat tutorial gratis. Berikan servis lebih kepada klien. karena berbagi itu akan melipatgandakan apa yang kita miliki.

6 hal tadi adalah soft skill yang wajib dimiliki artist. Di program Di program Creative Illustration – Diploma Course di Carrot Academy siswa juga ditekankan untuk tidak hanya menguasai skill teknis tapi juga soft skill yang merupakan modal utama untuk menjadi artist profesional.

(BP)

Leave a Reply