Carrot Tutorial – Menggambar Kinomoto Sakura dengan Cat Air

Carrot Tutorial – Menggambar Kinomoto Sakura dengan Cat Air
Membuat fanart bisa menjadi sebuah motivasi untuk mengembangkan skill ilustrasi kita karena kita akan sangat menikmati saat mengerjakannya. Tantangannya tentu saja karena kita harus bisa mempresentasikan karakter yang kita buat agar menarik bagi fans karakter tersebut. Tutorial kali ini menyajikan langkah-langkah menciptakan fanart yang cantik dari Kinomoto Sakura dengan detail-detail khasnya.

Yok pelajari tips dan triks menggambar Kinomoto Sakura menggunakan cat air!

1.  Siapkan alat dan bahan.

Alat tidak terlalu banyak, disarankan menggunakan kertas khusus cat air . Merk Koi direkomendasikan karena hasilnya cukup baik dan kemasannya memudahkan saat penggunaan. Apa saja yang dibutuhkan?

2. Buatlah Sketsa dengan Pensil Mekanik 0.2mm.

Pensil mekanik dengan ukuran kecil berguna karena sketsa menjadi lebih tipis, apabila ada kesalahan coretan tidak akan mengganggu saat Pewarnaan. Sketsa di media water color tidak perlu tebal agar mudah hilang saat sesi pewarnaan nantinya.

 

 

 

 

 

 

 

3. Lanjutkan sketsa apabila gambar yang ingin kita buat memiliki detail yang rumit.

Gunakan referensi apabila diperlukan agar gambar kita sesuai dengan apa yang kita inginkan. Sketch harus cukup jelas agar saat pewarnaan kita memiliki panduan yang jelas sesuai konsep gambar kita apabila tidak menginginkan banyak improvisasi.

4. Mulai proses pewarnaan.

Basahi area yang akan diwarnai dengan tipis dan merata dengan kuas sedang. Mulailah memberikan warna dasar ketika area masih basah, gunakan kuas kecil untuk area gambar detail.

 

 

 

 

 

 

 

Setelah warna dasar merata sesuai yang kita kehendaki, mulailah memberi shading. Gunakan cat yang lebih gelap di area bayangan. Lanjutkan dengan kuas bersih untuk meratakan cat warna gelap untuk membentuk gradasi.

vlcsnap-2018-02-20-11h08m24s172

 

 

 

 

 

 

 

 

Tambahkan secondary color menggunakan kuas kecil agar bisa menjangkau detail-detail yang rumit.

 

 

 

 

5. Selesai, saatnya memberikan signature kita.

Signature adalah bagian penting dari artwork kita. Signature merupakan bagian dari statemen dan branding kita. Desainlah signature yang artistik dan ikonik agar mudah diingat namun juga mempercantik artwork kita.

 

 

 

 

 

 

 

6.  Its Wrapped!.

Ternyata dengan teknik yang benar, menggambar dengan media cat air menjadi menyenangkan dan menghasilkan gambar yang keren! Yok mulai mengeksplorasi media cat air untuk memperluas skill ilustrasi kita!

 

 

Tutorial kali ini dibawakan oleh Zachrani Khairunissa yang memiliki portfolio di akun instagramnya @suzu_ran. Siswa Carrot Academy dari program Creative Illustration 1 Yr Fulltime Course 6.07 angkatan tahun 2018 ini menyukai media cat air sejak lama dan ingin mendalami ilustrasi buku anak.

 

Ikuti terus tutorial-tutorial praktis dan berguna dari artist-artist Carrot Academy. Pantau tutorial dalam bentuk artikel dan video di:

INSTAGRAM
http://instagram.com/carrotacademy

FACEBOOK
http://facebook.com/carrotacademy

YOUTUBE
https://www.youtube.com/user/carrotacademy

ART BY CARROT ACADEMY STUDENT
https://www.instagram.com/ky0_0/

Credits
Music by Joakim Karud
http://youtube.com/joakimkarud

Leave a Reply