“Carrie” Character Design in Diploma Course Class

Memasuki pertengahan tahun pelajaran, kelas Diploma Course memasuki sesi dengan materi advance. Tugas kali adalah membuat desain karakter dari Ikon Carrot Academy, yaitu Carrie yang digambarkan sebagai heroin muda yang tangguh dengan tema fantasi. Siswa dibebaskan untuk berkreasi membuat concept art ini dengan batasan karakter Carrie yang memiliki ciri khusus yaitu seorang gadis muda usia 20an, rambut pendek warna orange dengan aksesories topi militer atau hiasan telinga kelinci. Bagaimana proses pengerjaan Concept Art ini?

a3

1. Briefing
“There’s nothing worse than a woolly brief, unless you have total artistic freedom,”Tom Bagshaw

Dapatkan brief sejelas-jelasnya dari klien.

Dalam pembuatan sebuah proyek desain di industri, akan diawali sebuah brief oleh klien. Klien yang baik akan menyajikan ide, tema dan bagaimana visualisasi dari desain yang diinginkan dengan jelas. Artist harus mampu menangkap ide klien dengan baik dan jangan ragu-ragu untuk menanyakan lebih detail. Brief yang jelas akan memudahkan dalam pengerjaan konsep, sebaliknya brief yang tidak jelas dan klien yang bahkan tidak mengerti benar tentang konsep yang mereka inginkan akan sangat merepotkan.

Deadline.

Tentukan deadline sebaik-baiknya. Seorang artist harus memiliki komitment dan kemampuan mengukur pekerjaannya sesuai dengan deadline yang ditentukan klien. Deadline harus sesuai dengan tingkat kesulitan dan kuantitas pekerjaan. Bicarakan deadline dengan klien. Ide, skill dan kreatifitas yang luar bisa namun mengabaikan deadline adalah sebuah hal yang sia-sia. Konsistensi akan membuat artist mampu mengatasi deadline yang ketat dengan baik.

Source:http://www.digitalartsonline.co.uk/features/creative-lifestyle/how-handle-creative-brief/

brief

2. Research & Penyusunan mood board
Research ini bertujuan mengumpulkan semua informasi yang relevan dengan desain, termasuk referensi yang diperlukan. Penyusunan Mood board bertujuan membantu menentukan berbagai komponen yang termuat dalam concept art seperti profil karakter, kostum, gesture, cerita, environment, color tone, suasana dll dan menjadikannya sebagai referensi dalam pembuatan desain.

reseach
Research Mood Board for Carrie Concept Art

 

Contoh Mood boad dari: http://focus.gscept.com/2013ip09/files/2013/01/mm_charmood.jpg
Contoh Mood boad dari: http://focus.gscept.com/2013ip09/files/2013/01/mm_charmood.jpg

 

Contoh Mood boad dari: http://isle-of-ragnarok.wdfiles.com/local--files/isle-concept/Ragnarok-MoodB.jpg
Contoh Mood boad dari: http://isle-of-ragnarok.wdfiles.com/local–files/isle-concept/Ragnarok-MoodB.jpg

3. Thumbnail

Thumbnail adalah skets awal yang merupakan gambaran desain dalam bentuk kasar dan skala kecil. Thumbnail diharapkan mampu mewakili gambaran komposisi desain yang akan dibuat. Thumbnail biasanya dibuat dalam beberapa pilihan untuk menemukan desain yang paling menarik.

 

Thumbnail

Contoh Thumbnail dari http://assassinscreed.wikia.com/wiki/File:Animus_Island_StoryBoard_Concept_Art.JPG

4. Sketch

Sketch awal dibuat berdasarkan thumbnail yang telah terpilih. Dalam proses sketch ini, klien juga akan memberikan persetujuan atau revisi sampai seketch dikerjakan secara detail. Gunakan mood board sebagai bahan mendapatkan referensi agar hasil selalu sesuai dengan brief.

sketch

sketch-2

 5. Blocking dan Komposisi

Komposisi adalah faktor krusial dalam sebuah artwork. Dalam sebuah konsep art, penting sekali untuk menentukan bagaimana sebuah komposisi akan disajikan. Proses blocking ini akan menentukan bagaimana aerial perspective dalam desain dan meletakkan focal point agar lebih menarik. Di proses blocking cerita dalam konsep mulai disusun untuk menentukan bagaimana audience akan menikmati konsep desain tersebut.

blocking-01 blocking-02 blocking-03

6. Painting

Proses digital painting adalah proses yang paling menantang sekaligus bagian paling mengasyikkan, proses ini menentukan hasil akhir dari desain kita. Selama proses painting ini mood board akan membantu artist dalam mengerjakan warna, lighting, tekstur dan banyak faktor lain yang membutuhkan penyempurnaan dan memerlukan referensi agar hasilnya sesuai yang kita inginkan. Dalam proses painting perlu sekali diperhatikan untuk mengerjakan painting secara keseluruhan dan mengerjakan detail di proses akhir. Membuat detail adalah godaan yang kadang membuat proses terhambat karena ketika bagian lain jauh dari detail akan membuat frustasi.

Di bawah ini adalah beberapa contoh work in progress yang saat ini masih dikerjakan artist di kelas Creative Illustration – Diploma Course.

painting-02 painting-03 painting-04 painting-01
Bagaimana hasil artwork Carrie ini? Tunggu updatenbya setelah proses pembuatan artwork ini selesai. Program Creative Illustration – Diploma Course adalah program satu tahun penuh belajar menjadi Illustrator Profesional plus belajar menjadi yang terunggul dalam dunia Industri kreatif.

Tahun ini adalah angkatan pertama kelas Creative Illustration ini, angkatan kedua akan memulai kelas baru di bulan Agustus 2015. Enrollment Januari 2016 akan membuka pendaftaran mulai 15 Juli 2015. Dapatkan diskon gelombang pendaftaran hingga 50% di bulan Juli ini.

Info lengkap program ini silakan klik: http://www.carrotacademy.com/courses/creative-illustration-diploma/

Ex rain

a4

Price Program for Copy

(BP)

One thought on ““Carrie” Character Design in Diploma Course Class

Leave a Reply