LOADING

Type to search

CARA MENCARI STYLE GAMBAR UNTUK PEMULA

Share

Style menjadi salah satu topik yang paling sering dibicarakan di dunia art. Banyak yang beranggapan bahwa style adalah sesuatu yang wajib dimiliki seorang artist sebagai bukti karyanya otentik, eksistensinya diakui, sebagai pencapaian tertinggi seorang artist dan berbagai anggapan lain yang membuat style begitu penting. Bermacam anggapan tentang style ini banyak mempengaruhi artist pemula dalam proses berkarya dan mengembangkan dirinya. Bagaimana menyikapi semua anggapan tersebut dan langkah apa yang sebaiknya diambil ketika ingin mengembangkan style? Inilah jawaban terhadap mitos-mitos tentang style dan cara mencari style gambar bagi artist pemula yang dirangkum oleh Artupida, Ilustrator dari Carrot Academy.

1. STYLE ADALAH AWAL SEGALANYA

Banyak yang beranggapan bahwa menemukan style itu sesuatu yang sangat penting dilakukan bahkan sebelum men-develope skill, membangun networking, mengembangkan platform portfolio dll. Style harus ditemukan dulu sebelum berkarya!

TUJUAN UTAMA MENGGAMBAR ADALAH MENGHASILKAN KARYA YANG BAIK BUKAN STYLE”.

Berkaryalah tanpa peduli dengan style. Style adalah seperti puzzle yang tersusun dari karya-karya yang kita kerjakan dengan sungguh-sungguh.

Mencari style adalah menyusun puzzle hingga semua kepingan membentuk wujud akhir, sayangnya banyak artist yang sedang berkembang terhenti ketika potongan puzzle mereka belum selesai. Proses menyusun puzzle adalah proses yang penuh ketekunan, mencoba dan gagal hingga menemukan yang benar-benar tepat.

2. STYLE HARUS DICARI!

Artist pemula banyak beranggapan style harus ditemukan, kalau tidak kita tidak akan mendapat tempat di dunia ilustrasi dan karya kita akan menjadi karya “tanpa jati diri”.

“STYLE AKAN MENEMUKAN KITA PADA SAATNYA”.

Style itu bukan untuk dicari, sebaliknya style itulah yang akan “menemukan” kita. Style adalah gabungan dari semua yang pernah kita lihat, semua studi gambar yang pernah kita lakukan, semua praktik dan karya, semua inspirasi yang pernah kita kagumi dan semua paparan terhadap seni yang kita alami. Style itu seperti pacar. Style adalah sebuah cara menggambar yang membuat kita merasa nyaman dalam menjalani proses dan menghasilkan sesuatu yang spesifik dan membanggakan kita. Kita bisa menikmati cara itu seperti kita bertemu dengan pacar kita.

3. PENGAKUAN STYLE SANGAT PENTING BAGI ARTIST.

Artist pemula merasakan bahwa akan tiba waktu baginya untuk menyatakan style yang menjadi miliknya. Style yang memberikan jati diri sebagai seorang artist sejati.

“YOUR QUALITY ARTWORK IS EARNED BUT YOUR STYLE IS GIVEN”

Pada saatnya nanti publiklah yang akan memberikan pengakuan style pada kita berdasarkan karya-karya kita yang telah memikat publik. Kita tidak perlu mengklaimnya karena publik akan memberikan pengakuannya sendiri. Semakin lama kita berkarya dengan kualitas kita maka pengakuan itu akan semakin dekat.

4. SEMUA HARUS DICOBA UNTUK MENEMUKAN STYLE YANG TEPAT.

Ada sebuah anggapan bahwa style adalah proses pencarian melalui berbagai eksperimen percobaan yang penuh perjuangan.

“STYLE ITU GAMBAR YANG “ITU-ITU AJA””

Mencoba hal baru dan keluar dari zona nyaman itu bagus, namun mendalami “inside of the box sebelum out of the box” juga bisa membuat kita berkembang. Lihatlah portfolio artist yang terkenal dengan stylenya. Mereka memiliki banyak karya yang “itu-itu saja”. Artist besar itu telah mencapai fase di mana ribuan jam menggambar telah membentuk style mereka. 

5. STYLE ADALAH EKSISTENSI SEORANG ARTIST.

Ada sebuah anggapan bahwa style itu harus dimiliki seorang artist agar diakui eksistensinya bagaimanapun caranya! Bahkan ketika harus mengorbankan banyak hal. Mengorbankan kesempatan belajar hal yang fundamental, mengorbankan kesempatan memperluas wawasan atau mengorbankan banyak potensi lain yang belum terasah.

“BEING ARTIST IS A PATH NOT A DESTINATION”.

Artist akan menggambar minimal 8 jam sehari seperti profesi lainnya saat bekerja. Akan melelahkan apabila kita tidak menikmatinya. Style adalah ketika kita merasa “effortless” saat menghasilkan karya yang keren. Ingatlah alasan kita saat memilih gambar menjadi passion kita. Jadi jangan pernah TIDAK MENIKMATI proses menggambar karena alasan apapun!  Just DRAW!

Carrot Academy

Carrot Academy adalah pusat pelatihan pengembangan minat ilustrasi bagi siapapun yang ingin mendalami ilustrasi dari benar-benar dasar, pelatihan ini tidak hanya diperuntukkan untuk mereka yang sudah profesional saja namun bahkan mereka yang sama sekali belum pernah menggambar namun ingin mempunyai kemampuan ilustrasi bisa mengikuti pelatihan ini. Anda akan menemui banyak hal bersama Carrot Academy yang akan mengguncang realita Anda, serta mengubah cara pandang Anda tentang ilustrasi, selamannya! Sebagai sebuah terobosan satu-satunya dan pertama kali di Indonesia, sejak berdiri pada tahun 2008, kami telah menghasilkan ratusan alumni di Indonesia untuk mengerti lebih dalam tentang ilustrasi dan bagaimana menjadi seorang Valuable Artist.

  • 1

Leave a Comment