Artist di perusahaan Developer Game

Ada beberapa posisi yang ditawarkan untuk Artist pada industri game. Artist pada industri ini berperan penting pada tampilan game. Dari video games, card games, mobile games dan game lainnya yang dikerjakan oleh Game Artist adalah yang berhubungan dengan tampilan dan desain.

Tergantung dari ukuran Perusahaan Game Developer-nya, kalau Developer indie bisa saja posisi Artist di rangkap. Sedangkan Developer dengan game grade AAA mereka membagi poisi Artist.

  1. Concept Artist:

    Concept Art dari game Witcher 3 Wild Hunt

    Artist seperti ini yang menggabungkan bermacam-macam konsep pada suatu game. Bisa karakter, setting, item yang ada di game, atau seluruh dunia game, gambar konsep, dan ilustrasi yang merupakan bagian terbesar yang membangun game dari gambar simple atau outline. Posisi ini bervariasi dan bisa ditangani oleh beberapa artist.

  2. Art Director:

    Concept Character dari Shadow of Mordor

    Posisi ini merupakan Artist dan Manager yang bertanggung jawab untuk memimpin projek atau produksi. Dalam industri game, direktur bisa memipin projek, department atau perusahaan dengan visi mereka, atau mudahnya mengkoordinasi yang lainnya.
  3. Illustrators:

    DotA Loading screen wallapaper by Artgerm

    Penggambar, tukang warna, sketchers dan pembuat konten static visual. Illustrator bertanggung jawab untuk pembuatan splash image yang biasa terlihat pada loading screen seperti Dota, League of Legends, Fallout dll. Selain itu beberapa poisisi illustrator ada yang bertanggung jawab membuat konsep karakter, konsep bangunan pada game, kendaraan, dll. Ada juga yang bertanggung jawab untuk membuat media tambahan (booklest, marketing dll. Pada dasarnya, yang menyelesaikan illustrasi adalah concept art dan illustrator dibutuhkan untuk membuat konten statis visual game.

  4. Graphic Designers:

    FalloutĀ  4 Booklet
    Seorang Graphic Designers bertanggung jawab dalam pembuatan ikon, desain cetak, layout di dalam game, dan lainnya. Ikon game yang keren dibuat oleh Graphic Designer! Booklet, cover CD game juga di tangani oleh Graphic Designer.
  5. UI Designers:

    Menu (inventory dalam game) User Interface game Dead Space

    Posisi ini bertanggung jawab membuat tampilan untuk tatap muka pada game. Desainer ini membuat tampilan tatap muka dan di berikan langsung kepada programmer. Biasanya beberapa Developer Game Indie merangkap posisi UI Designer dengan Graphic Design.

 

Itulah beberapa posisi yang disediakan untuk artist pada perusahaan Game. Dan setelah membaca ini, posisi manakah yang kamu minati?

:D

Leave a Reply