Apakah speedpaint itu?

Speedpaint yang bisa diartikan juga dengan menggambar cepat. Speedpaint memang pada dasarnya kita menggambar secepat mungkin. Tapi bukan berarti menggambar dengan terburu-buru. Jadi ada bedanya menggambar buru-buru dengan speedpaint.

Apa bedanya?

Speedpaint itu cepat tapi terkonsep, jadi sebelum menggambar kita sudah ada konsep untuk gambar yang akan kita buat.

Menggambar buru-buru itu kita menggambar karena ingin cepat selesai. Jadi sebagian orang yang menggambar terburu-buru hasilnya jelek.

Jadi, speedpaint itu merupakan seni menggambarkan/menuangkan ide spontan yang memperlihatkan textur (yang diperlukan) warna, komposisi element tanpa memperlihatkan detail tiap objeknya. Bisa dibilang juga, “Beauty through imprecision”. Merupakan bentuk seni ekspresi. Ide termurni untuk gambarnya datang pada saat pertama kali mulai menggambar ketika inspirasi kita segar.

Jika kamu -ketika menggambar secara hati-hati mem-blending warna kulit atau menggambar tiap daun pada rumput, itu bukan speed painting. Kamu tidak seharusnya menghabiskan waktumu untuk memberikan detail pada apa yang kamu gambar, terutama ketika speedpaint -tapi jika kamu memang tidak sedang buat speedpainting ya ga masalah.

Tapi apakah ini berarti gambarmu harus terlihat acak-acakan? Tidak!, Walaupun hasilnya tidak seperti apa yang kamu bayangkan, terutama ketika pertama kali buat speedpaint!

Skill dalam speedpaint dan menggambar apa yang ada dipikiranmu, diharuskan menggambar.

Salah satu Artist yang berperan di dunia speedpaint adalah Goro Fujita, dan ini lah karya-karyanya :

Dan ini beberapa Speedpaint karya anak Carrot Academy:

sdfasdfsafsadfsdfd

Kesimpulannya: Speedpaint itu menuangkan ide spontan, dengan konsep dan komposisi yang matang. Bukannya menggambar asal selesai dalam waktu kurang dari 45menit.

Artikel berikutnya kita akan membahas, Tips-tips Speedpaint….

Referensi artikel: sumber

Leave a Reply