Apa itu CONCEPT ART?

Penasaran pengen banget tahu apa itu CONCEPT ART ? bingung seperti apa dunianya? baca terus artikel ini sampai selesai!!!!

to_kill_the_satan___wip_test_by_artupida_d2e3fld-fullview

 CONCEPT ART

Adalah salah satu bentuk Ilustrasi di mana tujuan utamanya adalah untuk menyampaikan representasi dari desain , ide atau mood untuk digunakan dalam film, video game, animasi atau buku komik sebelum dimasukkan dalam produksi akhir. Jadi sebelum kita bisa menikmati kerennya film Transformer misalnya, bagian produksi Concept Art telah menghasilkan artwork-artworknya sebagai referensi untuk alur produksi selanjutnya. Concept Art sering disebut juga sebagai ENTERTAINTMENT DESIGN.

Dalam prosesnya, COncept Art dikembangkan dari berbagai iterasi. Berbagai solusi dieksplorasi sebelum menetapkan desain akhir. Concept Art tidak hanya digunakan untuk mengembangkan pekerjaan, tetapi juga untuk menunjukkan kemajuan proyek kepada director, klien dan investor. Setelah pengembangan karya selesai, Concept Art dapat dikerjakan ulang dan digunakan untuk materi iklan. Concept Art tidak sama dengan Visual Development Art atau Concept Design dan ketiganya mungkin sering membingungkan. Namun yang perlu diingat, dari ketiga profesi ini, Concept Artist memiliki fokus untuk menerjemahkan ide sebelum dilanjutkan oleh bagian lainnya.

Seorang CONCEPT ARTIST adalah seorang individu yang menghasilkan desain visual untuk item, karakter, atau setting area yang belum ada. Ini termasuk, namun tidak terbatas pada, produksi video game produksi film, produksi animasi dan terus berkembang luas di era digital ini. CONCEPT ARTIST dituntut sebuah komitmen tinggi dalam perannya di dalam bagian produksi besar.

Dalam beberapa tahun terakhir CONCEPT ART telah melibatkan penggunaan teknologi digital. Perangkat lunak, seperti Photoshop dan Corel Painter tersedia dengan mudah, serta perangkat keras seperti tablet grafis, memungkinkan metode kerja yang lebih efisien.

Tema yang paling banyak digunakan dalam CONCEPT ART adalah sains fiksi dan fantasi. CONCEPT ART awalnya menjadi media utama dalam desain poster film sejak awal Hollywood, namun, karena naiknya CONCEPT ART yang digunakan dalam produksi video game, CONCEPT ART telah diperluas untuk mencakup genre dari sepak bola ke Mafia dll.

(Baca: 5 Mitos tentang Concept Art)

Skill yang dibutuhkan oleh seorang Concept Artist

Dengan produksi yang ketat dan cakupan yang luas, seorang Concept Artist harus mampu menuangkan ide-ide kreatif yang didukung skill fundamental. Seorang Concept Artist wajib menguasai skill berikut ini:

  •  Drawing and Painting
  • Anatomy
  •  Perspective
  •  Composition
  •  Light and Color
  •  Storytelling
  •  Character Design
  • Environmental Design

Seorang Concept Artist yang baik harus menonjol dalam mengerjakan proses produksi yang berulang. Concept Art adalah sebuah proses berkelanjutan yang selalu melibatkan klien, director dan produser. Concept Artist harus mampu membangun proyek yang berkelanjutan dibandingkan berkomitmen hanya dalam sebuah artwork. Sebuah tantangan yang menarik.

(Baca: Program Concept Art Terbaik di Indonesia)

Bidang pekerjaan yang melibatkan Concept Art.

  • Character Design
  • Environmental Design
  •  Industrial Design
  •  Prop Design
  • Lighting Design
  •  Matte Painting
  • Storyboarding
  • Architectural Rendering
  • 3D modelling

Bayu

Alur kerja dalam proses pembuatan Concept Art.

  1.  Review the Brief – Pekerjaan ini selalu berkaitan dengan creative director yang mengerti cakupan proyek yang kita kerjakan. Karena itulah kita harus memahami elemen-elemen dasar dan cerita dalam proyek yang kita kerjakan.
  2. Thumbnailing – Thumbnailing adalah step vital dalam keseluruhan proses yang melibatkan gambaran cepat 10 hingga 100 skets kasar yang membantu kita mendapatkan konsep yang kita inginkan.
  3. Digital Painting – Ketika kita memutuskan sebuah ide yang menarik, selanjutnya kita akan memasuki tahap digital painting untuk masuk dalam proses rendering.
  4. Details, Details, Details, – Saat kita membangun ide kita, di situlah kita harus menyajikan detail karakter dan dunianya. Bagaimana kita menampilkan berbagai perspektif, berbagai sudut pandang dari desain dan karakter kita.
  5. Review dan kritik – Setelah kita menyelesaikan pekerjaan kita, kita akan berhadapan dengan kritik dan masukan dari art director dan seluruh tim agar pekerjaan kita sesuai dengan konsep proyek.
  6.  Project Reference – Apabila seluruh tim menyetujui pekerjaan kita, hasil kerja kita akan menjadi referensi bagi seluruh tim di dalam proyek. Kita akan menikmati hasil kerja keras kita!

Tertarik untuk menjadi Concept Artist? Bagaimana memulainya?

Dunia Concept Artist sangat menarik dan kompetitif. Banyak sekali talent bersinar di luar sana dengan pekerjaan yang penuh menjanjikan. Inilah tips untuk mulai langkah memasuki dunia Concept art.

  1. Praktik, praktik dan praktik! – Kita tidak bisa mengukur seberapa sih durasi praktik kita untuk mencapai kualitas terbaik? Yang bisa kita lakukan adalah menantang diri kita untuk membentuk habit sebaik mungkin untuk membuat diri kita seorang concept artist handal. Pelajari skill fundamental dan jangan terlalu memikirkan terlalu banyak ide yang ingin kita tuangkan, karena – skill kita akan berkembang pelan dan pasti.
  2. Share, share dan share! – Penting sekali untuk bergabung dengan komunitas maupun offline yang membergabuungkinkan kita sharing karya dan mendapatkan masukan berharga untuk perkembangan skill kita. Serap baik-baik feed back dari orang-orang yang mengkritisi karya kita.
  3. Pilih spesialisasi kita – Pada saatnya, kita akan menemukan di mana kita merasakan skill kita menonjol dan mendapat apresiasi dari karya kita. Kita bisa memilih character design, environment design atau menciptakan mahluk-mahluk keren yang akan memberikan kita banyak kesempatan dalam dunia concept art.

Artist-artist Concept Art handal yang sukses di industri ini antara lain:



FRANK FRAZETTA

Salah satu pelukis fantasi terbesar sepanjang masa. Tentu saja yang paling terkenal.

FENG ZHU – CONCEPT ART
artist modern yang pernah mengerjakan banyak projek besar seperti Transformer dll

STAN WINSTON
Dewa make up dan monster. Beberapa karyanya adalah Alien, Jurassic Park, Predator  dan Terminator yang legendaris

Syd Mead – Ilustrator futuris terbesar sepanjang masa.

Jack Kirby & Will Eisner – Mungkin nenek moyang penting dari genre buku komik.

Frank, Ollie & The Nine Old Men – Animator legendaris zaman keemasan Disney.

Ralph McQuarrie – Orang yang merancang Star Wars yang legendaris Jean “Moebius” Giraud – Salah satu pikiran visual yang paling imajinatif yang pernah hidup di bumi ini.

Gimana dah paham kan CONCEPT ART ? dan bagaimana menariknya dunia CONCEPT ART :)

Selamat berkarya !!!!!!

(Baca: Program untuk Menjadi Entrepeneur di Bidang Ilustrasi, Daftar Sekarang!)

Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/Concept_art

http://africandigitalart.com/2018/01/what-is-concept-art-the-ultimate-guide/

(BP/CA)

7 thoughts on “Apa itu CONCEPT ART?

  1. Bolehkan saya bertanya,
    Apa saja poin-point penting yang bisa dilihat dari concept art yang sudah dibuat ?

    Terima kasih

  2. Kalau boleh tau, sumber penulisannya dari mana ya? dan siapa penulis untuk artikel ini?

    Terima Kasih

Leave a Reply