8 Alasan Mengapa Artist harus Memiliki Mata Sepintar Lensa Kamera

Perlukah pengetahuan fotografi bagi seorang artist? Mata artist seharusnya bekerja seperti sebuah lensa kamera yang dikendalikan seorang fotografer ahli. Bagaimana sebuah mata yang bekerja seperti sebuah lensa? Inilah 8 alasan mengapa artist harus memiliki mata sepintar lensa kamera.

1. Komposisi keren.
View finder pd kamera secara otomatis akan menangkap komposisi terbaik ke dalam sebuah frame. Artwork yg keren mutlak memiliki komposisi yang menarik.

‘And after drawing comes composition. A well-composed painting is half done’ Pierre Bonnard – artwork by Jean Baptiste Simeon Chardin

2. Menonjolkan obyek utama (Point of Interest).
Lensa akan berusaha menonjolkan obyek yg menarik (Point of Interest) dan menyingkirkan obyek2 yg mengganggu keluar dari frame.

Art of Cropping
Artwork by www.breathingcolor.com/blog/art-of-cropping/

 3. Obyek yang efisien.
Di hadapan sebuah lensa, sebuah obyek akan menjadi pusat perhatian, dan obyek pendukung akan membuat obyek utama semakin menarik. Kamera akan menentukan bagaimana foreground dan background ditempatkan untuk memberikan eksposure yang terbaik bagi obyek utama.

artwork by cdna0.artstation.com
artwork by cdna0.artstation.com

 4. Menguasai Depth of Field.
Lensa apabila diperlukan akan memberikan depth of field untuk memberikan nilai lebih pada obyek. Lensa dengan bukaan yang besar akan memberikan kesan bokeh yang membuat kedalaman pd artwork. Artist yang sangat menguasai pemahaman ttg bokeh salah satunya adalah Rudy Siswanto atau Crutz.

artwork by Rudy Siswanto
artwork by Rudy Siswanto

5. Menguasai angle dan perspektif.
Sebuah kamera akan menentukan angle mana yang terbaik untuk membuat obyek utama dalam artwork kita menjadi menarik dan berdimensi. Sebuah gambar yg flat adalah hasil kerja mata yg buruk.

Artwork by Ilya Kuvshinov
Artwork by Ilya Kuvshinov

 

6. Menangkap gesture dan pose dengan sempurna.
Kecepatan dan ketepatan waktu dalam menangkap gambar dalam sebuah foto adalah skill yg sama yg dibutuhkan artist saat menggambar gesture dan pose. Kesan hidup dan dinamis akan membuat artwork kita makin keren.

 Artwork by Hamid Raza
Artwork by Hamid Raza

7. Menguasai dan memanfaatkan pencahayaan dengan baik.
Kamera akan memanfaatkan cahaya dengan cerdas sebagai sebuah faktor terpenting yang membuat foto menjadi keren. Demikian juga ketika kita membuat artwork, pengetahuan lighting kita akan membuat artwork kita makin dramatis.

THIEF released by Eidos Montreal / SquareEnix.
THIEF released by Eidos Montreal / SquareEnix.

8. Membuat cerita yang lebih baik dalam artwork.
Pada akhirnya, kamera melalui lensa akan menangkap sebuah cerita sesuai dengan kehendak artistnya. Dengan cara kerja ini, artist akan berusaha membuat artworknya memiliki storytelling yang baik dengan mengandaikannya sebuah moment nyata yang diabadikan melalui lensa kamera.

Artwork by Dennis Chan
Artwork by Dennis Chan

 

Jadi, untuk melatih skill mata kita, tidak ada salahnya belajar tentang fotografi karena akan berkontribusi besar pada skill ilustrasi kita.

(BP/CA)

One thought on “8 Alasan Mengapa Artist harus Memiliki Mata Sepintar Lensa Kamera

  1. I have noticed you don’t monetize your website, don’t waste your traffic, you can earn extra cash every month because
    you’ve got high quality content. If you want to
    know how to make extra bucks, search for: Mrdalekjd methods
    for $$$

Leave a Reply