6 hal yang harus dilakukan ketika memutuskan menjadi concept artist

Apa yang harus dilakukan ketika ingin menjadi seorang Concept Artist?

Banyak sekali informasi seputar dunia Concept Art yang kita dengar di era industri kreatif ini. Kita sering mendengar Concept Art adalah karir kreatif yang paling menjanjikan bagi mereka yang tertarik dengan desain games, film dan hiburan digital. Kita bisa melihat banyak hal berkaitan dengan concept art dari artbook game dan film, atau video dokumetnasi proses produksi yang melibatkan concept artist. Banyak sekali prospek yang menarik dalam 20 tahun terakhir ini.

 

concept art carrot academy

 

Memang benar bahwa dunia concept art sangat kompetitif saat ini, permintaan talent-talent baru selalu tinggi seiring pertumbuhan kualitas dunia digital entertainment.

Bagaimana untuk memulai proses memasuki dunia concept art, sementara kita belum memiliki pengalaman sama sekali? Inilah 6 hal yang yang bisa memandu langkah kita memasuki dunia concept art. Apabila kita merasa memiliki passion di dunia seni dan entertainment, tidak ada alasan untuk menyerah dalam mencapai mimpi kita.

1. Tidak ada kata terlambat.

Pertanyaan paling sering diucapkan adalah, “Saya sudah berusia XX, apakah saya terlambat untuk memulai mimpi saya menjadi seorang concept artist?

Jawaban PASTI untuk pertanyaan ini adalah “Tidak ada kata terlambat!”.

Apa dibalik fakta tentang usia ini? Kita bahas lebih dalam lagi. Kebanyakan pertanyaan ini timbul ketika seorang artist memiliki rencana jangka panjang. Ketika seorang mulai menggambar di usia 35 dan menggambar 6 jam sehari, mereka akan mencapai skill profesional di kisaran usia 38-40. Namun, mereka tidak memiliki pengalaman dan harus mencari lowongan pekerjaan yang tidak mempersyaratkan umur.

27629449_10155285954983803_762265793943001166_o

Seorang artist dengan jam terbang tinggi di dunia industri berbagi pengalamannya. Usia bukan faktor yang menentukan seorang di dunia concept artist. Fakta yang terjadi adalah, di usia yang matang, kehidupan seseorang akan makin rumit dengan pernikahan, anak dan pekerjaan lain. Hal ini akan menyita banyak waktu untuk proses pengembangan skill dibandingkan mereka yang ada di rentang usia 20an. Tapi masalah waktu yang terbatas ini bukan berarti karir di concept art menjadi mustahil. Kita hanya membutuhkan usaha yang lebih keras dan lebih keras lagi agar berkembang sesuai target. Hal positifnya adalah, keterbatasan seringkali membuat manusia akan mengeluarkan potensi terpendam dalam dirinya.

Satu hal lagi yang perlu diingat, perusahaan memperkerjakan seorang individu bukan seorang “artist”. Artinya, skill kita memang sangat dibutuhkan, tetapi kita juga harus memiliki kepribadian, mental, kebiasaan positif dan jaringan yang bagus di industri. Jika kita seorang individu yang berkualitas  dengan skill yang baik, kita akan memiliki kesempatan menembus industri di waktu yang tepat.

Jika kita seorang individu yang memiliki kepribadian yang menarik dan skill yang tinggi, di usia berapapun pasti akan memiliki tempat di dunia industri. Usia di atas 30 tahun adalah usia di mana seorang artist akan memiliki kepribadian yang telah matang.

Satu hal yang mungkin kurang menyenangkan untuk didengar adalah, seorang artist tidak akan menghasilkan uang sebanyak yang kita bayangkan. Pekerjaannya mungkin keren dan menarik tapi bukan sebuah jalan untuk menjadi kaya raya. Jika passion kita di seni dan entertainment design kita akan menikmati pekerjaan ini. Untuk mendapatkan penghasilan yang besar, itu bukan hal yang mustahil, tapi kita akan bekerja ekstra keras untuk memperluas cakupan pekerjaan kita. Bagaimanapun, tidak ada pekerjaan yang mudah bukan untuk sukses?

Ingat, ini bukan tentang usia, tapi ini tentang mindset dan gaya hidup kita. Jika kita melakukannya dengan total, kita akan membangun portfolio yang luar biasa dalam waktu yang optimal dan meraih pekerjaan yang kita impikan.

IMG_9941

2. Mulai dari mana?

Jika kita memulainya dari awal, kita harus pelajari hal fundamental atau dasar terlebih dulu. Saran ini terdengar membosankan dan sepertinya bukan jalan paling cepat. Tapi kita memang benar-benar membutuhkan skill dasar untuk memiliki skill advance. Form, value,lighting dan perspektif adalah beberapa contoh yang harus kita pelajari. Cara terbaik adalah belajar dari subyek nyata di lingkungan. Kita akan mulai belajar dari drawing dan dilanjutkan ke painting, keduanya membutuhkan prinsip yang sama dalam belajar. Menggambar dari subyek nyata akan membuat kita mengerti cara artist melihat sebuah obyek. Seni memiliki 2 komponen; melihat dan menciptakan. Pergerakan teknis tangan kita saat menggambar akan berkembang selama latihan seiring kemampuan melihat dan mengukur yang kita miliki.

Life drawing adalah cara terbaik untuk mengembangkan skill ilustrasi.

IMG_9917

Hampir keseluruhan Concept artist akan merender proyeknya secara realis, tapi dengan penuh kebebasan bagi imajinasi kita untuk bergerak bebas di luar batas realita. Goal kita adalah membuat campuran terbaik antara 2 tipe art dan menggabungkannya dalam seni yang realistis. Jika kita bisa menggambar/painting obyek nyata di depan kita secara rutin, nantinya kita akan dengan mudah melakukannya dengan menarik lagi memori dari kepala kita. Dengan demikian kita akan dengan mudah menciptakan karakter, environment, pesawat, robot, apapun yang kita inginkan. Semua ini hanya bisa dicapai ketika kita menguasai skill fundamental dengan baik. Jadi dari mana kita akan mulai?

3. Di mana dan belajar apa?

Jika kita googling, kita akan menemukan tutorial dan buku art buat pemula yang melimpah di internet. Hal ini akan menjadi sesuatu yang membingungkan pada awalnya. Ketika mulai proses belajar kita akan mendownload atau membeli terlalu banyak buku dan tutorial yang seringkali manfaatnya sangat sedikit.

Ketika kita mulai belajar, lebih baik mencoba bertahan dengan sumber yang terbatas dan belajar dengan lebih optimal. Resource sedikit namun jumlah waktu belajar yang banyak. Salah satu contoh yang disarankan adalah Drawabox. Situs  gratis dan berisikan materi-materi dari artist yang terpercaya. Untuk kursus video bisa mencoba Proko, yang memiliki banyak materi yang detail tentang figure drawing.

proko figure robo bean drawing shapes
Proko robo beans from the figure drawing course

Belajar dari Proko cukup menyenangkan karena simple dan mudah, cocok bagi artist pemula karena penyampaiannya yang mudah dipahami.

Untuk buku materi fundamental, salah satu yang bagus sebagai alternatif adalah dari Scott Robertson’s How To Draw. Mungkin tidak ada materi life drawing, jadi kita masih bisa eksplorasi materi lain, namun materi di dalamnya sangat bagus untuk melatih imajinasi kita dan membantu kita berpikir secara kontekstual. Banyak sekali buku dan tutorial tersedia, namun tidak semuanya sesuai bagi pemula. Beberapa buku lain yang disarankan antara lain:

Beberapa orang tidak nyaman dengan proses belajar tanpa mentor seperti ini. Salah satu hal yang paling diingat adalah, kemampuan kita belajar sendiri dipengaruhi oleh kurangnya disiplin, stress, kebingungan dan kemampuan untuk mengatur rencana belajar yang baik. Namun perlu diingat, art adalah sebuah proses belajar terus menerus, kita tidak akan pernah berhenti belajar.

Memulai belajar adalah langkah pertama. Penting sekali untuk menanamkan semangat belajar dalam diri sendiri setiap waktu. Artist seringkali akan menjadi mentor bagi dirinya sendiri dengan mendorong diri sendiri untuk lebih maju.

Apabila kita merasa memerlukan mentor untuk belajar, kita bisa mencari sekolah art yang berkualitas. Sekolah art yang baik adalah yang mampu memberikan mindset yang benar tentang “menjadi artist” dan mampu membuat kita bekerja dengan lebih baik selama proses belajar. Belajar dengan mengikuti kelas membutuhkan dana yang patut dipertimbangkan juga. Carrot Academy saat ini tercatat sebagai sekolah ilustrasi yang bisa menjadi pilihan di Indonesia. Beberapa program bisa dipilih bagi pemula maupun bagi kalangan dengan skill menengah. Salah satu kelebihan yang ditawarkan Carrot Academy adalah, di sini semua orang akan diarahkan untuk bisa menggambar dengan mengesampingkan bakat. Ilustrasi adalah skill yang bisa dipelajari seperti halnya skill profesional lain. Bagi yang serius ingin menjadi ilustrator profesional, Carrot Academy juga membentuk mindset valuable artist yaitu artist yang tidak hanya memiliki skill teknis, namun juga memiliki karakter dan mental positif yang akan membuatnya mampu bertahan di dunia profesional.

Apabila tidak memiliki dana yang cukup, sediakan waktu sebanyak-banyaknya untuk belajar dan belajarlah dengan cara yang benar. Banyak sumber materi yang bisa dimanfaatkan, atau komunitas seperti ConceptArt.org ataupun grup Facebook Level Up yang bisa memberikan kita masukan kritik dan saran untuk artwork kita.

Kita harus menyadari, bagaimanapun pilihan cara belajar kita, tidak ada cara yang paling benar atau salah untuk melakukannya. Hal yang paling penting adalah bagaimana hasil dari proses belajar kita. Jika kita menemukan sesuatu yang membuat kita berkembang, lanjutkan secara konsisten. Tidak ada orang yang tiba-tiba menjadi seorang Concept Artist. Perlu waktu bertahun-tahun belajar, research dan kerja keras. Sediakan waktu dan fokus, kita akan terkejut dengan hasilnya nanti.

4. Alat yang diperlukan.

Mulailah proses belajar dengan media tradisional, itu adalah saran yang terbaik. Media tradisional adalah alat yang lazim digunakan artist, dengan menguasainya terlebih dulu akan membuat kita terhindar dari rumitnya software dan komputer.

IMG_8421

Tidak salah juga jika kita ingin langsung belajar digital. Itu sah-sah saja karena tidak ada media yang lebih baik dari media lainnya. Pada akhirnya nanti untuk menjadi seorang concept artist akan menggunakan media digital. Yang perlu diperhatikan di sini adalah fokus kita pada awal proses belajar adalah membentuk skill kita dibandingkan direpotkan dengan proses mencari alat-alat atau media untuk menggambar.

“Satu nasehat yang akan saya berikan pada diri saya sendiri saat mulai masuk dunia ilustrasi adalah”Drawing lebih penting dari Painting. Kamu tidak akan bisa membuat painting bagus dari sketsa yang buruk”. Mike Azevedo, freelance illustrator/concept artist

5. Pamerkan karya kita.

Saat kita sudah belajar drawing dan painting dengan baik, ada saatnya bagi kita untuk menunjukkan gambar kita ke publik untuk mendapatkan saran dan kritik. Memamerkan karya kita bukan jaminan untuk kita bisa berkarir di concept art tapi pasti akan memberikan kontribusi nyata bagi perjalanan proses kita ke depannya.

Susunlah portfolio sebaik mungkin. Berikan yang terbaik agar kita bisa diterima di dunia industri pada saat yang tepat. Buatlah portfolio dengan unik dan mampu menunjukkan skill kita.

Pada awal proses hal ini mungkin akan terasa sulit, apalagi kita sering menggambar dengan tujuan untuk belajar – bukan untuk portfolio. Temukan referensi dari berbagi artist profesional sebagai panduan kualitas yang ingin kita capai dan barometer standar yang akan memicu belajar kita serta membuat artwork kita lebih terarah sesuai standar industri.

Gtoraverse

 6. Cara terbaik untuk memulai.
Cara terbaik untuk memulai adalah dengan MENGGAMBAR sekarang juga. Jika kita memang serius dengan tujuan kita memiliki skill yang baik, maka kita akan menggambar sebanyak mungkin yang kita bisa. Alokasi waktu terbaik kira-kira 1-2 jam perhari. Kita akan melihat kemajuan setidaknya 5-6 jam apabila kita memang berusaha cukup keras. Kita akan mengorbankan beberapa hal seperti TV, video games dan mungkin kebiasaan “nongkrong” kita. Keseriusan kita akan berbanding lurus dengan usaha dan pengorbanan yang kita lakukan. Artikel ini memberikan banyak informasi namun cara terbaik adalah dengan mempraktekkannya. Doronglah diri sendiri pada sebuah kebiasaan harian menggambar dan terus meningkatkan perkembangannya setiap hari.
Mulailah dari 30 menit, 1 jam, 2 jam dan terus tingkatkan jumlah waktu menggambar kita. Kita bisa terkejut dengan hasil yang akan kita dapatkan dalam 1 tahun proses belajar yang berkualitas.
Sekarang, berhentilah membaca dan mulailah menggambar!

No automatic alt text available.

https://conceptartempire.com/become-a-concept-artist/

Leave a Reply