Type to search

5 TIPS NYONTEK GAMBAR YANG BENER DAN BIKIN JAGO – LEVEL BEGINNER

Share

Sebelumnya kita sudah belajar dan membahas bahwa NYONTEK GAMBAR akan membuat kita JAGO hanya jika caranyA BENAR. Tips ini akan sangat berguna bagi para pemula yang sedang ingin meningkatkan skil menggambarnya. Ayo pelajari caranya mulai dari level BEGINNER hingga level ADVANCE.

Inilah 5 tips NYONTEK GAMBAR yang benar dan bikin JAGO level beginner!

1. SONTEK YANG KALIAN SUKAI!

Ini adalah aturan utama yang tidak boleh ditawar. Sonteklah dari hal-hal yang kalian sukai. Kalau kalian suka dengan otomotif conteklah gambar motor. Jika suka dengan film-film animasi keren sontek karakter-karakternya favorit kalian. Sonteklah segala sesuatu yang membuat kalian itu EXCITED. Saat kalian memulai belajar gambar enyahkan pikiran apakah dengan nyontek bisa jago? Apakah dengan nyontek nggak bikin nggak kreatif dll? Berhenti bertanya-tanya dan fokus nyontek yang kalian sukai. Pada fase pertama ini yang kalian butuhkan adalah excitement dalam menggambar yang akan membuat kalian semangat dalam mengerjakannya.

“Seperti pacaran. Kalo cinta tentu rela melakukan yang terbaik dengan senang hati!”

2. SONTEK SAMPAI SELESAI!

Aturan ke-2 yang menjadi kunci sukses nyontek. Setiap menyontek buatlah target untuk menyontek hingga SELESAI!. Proses ini akan membuat kalian belajar tentang konsistensi, tanggung jawab, disiplin, daya tahan dan mental finisher yang menjadi syarat mutlak seorang VALUABLE ARTIST di masa depan.Di masa depan ketika kalian menjadi ilustrator profesional kalian tidak akan menggambar hanya ketika kalian senang dan harus selalu menyelesaikan apa yang telah dimulai. Walaupun mungkin kondisinya tidak memungkinkan berusahalah selesaikan gambar apapun resikonya! Di sinilah kalian akan membangun fondasi mental kalian.

Menyontek tidak selesai hanya akan membuat kita memiliki mental pecundang. Jangan biasakan ninggalin pas lagi sayang-sayangnya. Cuma looser yang gitu :)”

3. SONTEK SEMIRIP MUNGKIN!

Ketika kalian nyontek usahakan sontek semirip mungkin. Pastikan benar-benar mirip mulai dari tehniknya, warnanya, value atau gelap terangnya, ceritanya, ekspresinya dll.  Sontek semuanya semirip mungkin. Pertanyaannya bagaimana bisa tahu cara atau teknik dari artis atau idola yang gambarnya kalian sontek, bukankah tiap artist memiliki teknik tersendiri? Jawabannya adalah bahwa jika kalian ingin tahu cara seorang artis itu  menyelesaikan gambarnya satu-stunya cara adalah datang dan melihat langsung ketempatnya dandijelaskan langkah demi langkah proses pembutan karyanya. Tentu saja ini nyaris mustahil bukan? Namun kalian tidak perlu kuatir, justru disini adalah kesempatan kalian untuk menggunakan segala sesuatu yang kalian punyai untuk menemukan dengan cara kita sendiri bagaimana proses menyamai idola kalian. Proses menemukan cara unik kalian yang mirip tersebut justru akan memberikan manfaat yang lebih besar jika dibandingkan berusaha menggunakan teknik yang sama. Jangan terhambat dan berhenti oleh segala keterbatasan kalian baik itu alat, bahan atau kurangnya pengetahuan.

“Ini adalah esensi dari menyontek! Pastikan benar-benar mirip mulai tehnik, warna, gelap terang, cerita, ekspresinya dll. Seperti saat kamu berusaha mengenali karakter pacar lebih dalam”

4. SESUAIKAN DENGAN MEDIA REFERENSI

Di fase awal menyontek upayakan agar gambar yang akan kita buat apple to apple dengan media gambar yang ingin kita sontek. Misalnya kalau referensinya foto berwarna usahakan juga untuk memakai media yang berwarna juga. Atau misalnya referensi kita foto hitam putih ya kalian harus menggambarnya dengan media pensil misalnya. Jika kita memiliki referensi berwarna kemudian kita menyonteknya ke dalam media pensil hitam di atas kertas putih maka proses meng-convert media referensi ke dalam media yang berbeda dengan yang kita miliki akan membut otak kita berusaha lebih keras saat menyontek. Ini belum saatnya dilakukan di fase awal menyontek. Proses ini cukup sulit dan malah akan menghambat kalian. Hambatan seperti ini akan membuat kalian mudah menyerah saat menyontek.

“Pada fase awal menyontek tidak disarankan membebani otak kita untuk switch media. Akan rumit seperti saat kamu sok-sokan mau merubah pacar kamu.”

5. PILIH REFERENSI BERKUALITAS

Jangan sembarang menyontek. Pastikan yang kalian contek adalah karya yang bagus dan berkualitas. Tidak semua gambar layak untuk disontek. Jika menggambar ibarat memasak, maka menyontek itu seperti saat kalian belanja. Untuk menghasilkan masakan yang enak kalian membutuhkan bahan-bahan segar berkualitas. Sebaliknya jika bahan yang kita gunakan tidak segar sudah tentu sehebat kita memasak tidak akan menghasilkan masakan yang enak.

Perlu kalian ketahui gambar bagus hanya bisa dihasilkan oleh mereka yang memiliki selera artistik yang bagus. Dalam dunia gambar dikenal adanya sense of art. Ketika kalian memiliki banyak wawasan tentang karya yang bagus, sering melihat karya bagus, mengerti seperti apa karya yang bagus dan banyak pengetahuan lain tentang keindahan sebuah karya maka karya kita secara otomatis akan terarah sesuai selera artistik kita.

Ada pepatah,”Panahlah ke arah bintang-bintangm jika panah kita meleset maka panah kita akan jatuh ke bulan.” Jadi perluaslah wawasan kamu, tapi hati-hati pilih wawasan yang bermutu dengan menyontek gambar-gambar yang bermutu. Pilihlah contoh gambar-gambar yang bener-bener bagus sambil kalian melatih selera seni kalian. Dengan demikian tidak cuma skill kalian yang meningkat namun selera seni dan skill kalian juga meningkat secara bersamaan.

“Tidak semua karya memiliki kualitas baik untuk bahan kita nyontek. Kamu aja milih jodoh ga mau sembarangan kan?”

Nhah itu dia 5 tips level beginner. Ingat untuk selalu bersabar sebelum melanjutkan ke level berikutnya. Artist profesional tidak mendapatkan skill gambarnya hanya dengan menggambar beberapa puluh karya saja. Karya yang bagus tercipta dari ribuan karya jelek. Pahami dan praktikkan 5 tips awal ini dan mari lanjutkan ke level advance!

(CA/BP)

Leave a Comment

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?