5 Tips Menjual Art di Konvensi

Bisa menjual Art atau gambar di konvensi seperti Popcon, Comicon dan lainnya merupakan kebangaan tersendiri bagi setiap Artist yang membuka booth mereka pada sebuah konvensi. Pada artikel kali ini Sam Flegal akan memberikan tips-tips jitu untuk menjual art atau gambar di sebuah konvensi.

Sam Flegal adalah seorang Ilustrator yang memiliki skill luar biasa dalam mengerjakan painting tradisional dengan media oil painting. Karya-karyanya bertema fantasi yang sangat relevan dengan style masa kini. Sam Flegal sangat produktif dan kerap mengikuti berbagai konvensi. Nha sebagai artist dengan jam terbang tinggi dalam mengikuti konvensi, Sam berbagi tips bagaimana seorang artist sebaiknya mempersiapkan dirinya untuk mengikuti konvensi.

http://samflegal.deviantart.com/art/Freyr-s-Last-Stand-391445965
http://samflegal.deviantart.com/art/Freyr-s-Last-Stand-391445965

 

1. CARI EVENT YANG TEPAT UNTUK ARTWORK KITA

Ada banyak tipe acara: Popcon Asia, AFA, Comifuro, Horror, Gaming, Anime dll. Beberapa mencampur tapi disamakan, misal horror dan tatto, comic dan gaming. Jika kamu ingin menjual, kamu harus ada di tempat yang tepat.

Bq5-YnRCYAAu3Vk

Misalnya kamu membuat gambar Zombie, Setan, dan gambar lainnya yang seram. Tepat jika kamu menjualnya pada event Horror atau Metal tapi akan sangat tidak tepat jika kamu menjual pada event Anime.

 

2. BESAR ATAU KECIL
Jadi faktor lain pada sat convensi adalah ukuran dari acara convensi itu sendiri. Aturannya ketika kamu berada pada convensi kecil maka harga barang juga di sesuaikan, harga murah tapi tetap pada batas aman. Semakin murah harga baranga anda akan semakin mudah untuk mencoba acara kecil.

Comic-Con-Crowd

 

Jika kamu berada pada acara besar maka kamu bisa membuat harga barangmu lebih mahal. Pada acara besar potensial keuntungannya akan sangat besar. Direkomendasikan agar anda sering mengikuti acara besar agar merasakan rasanya sebelum membuka booth pada acara besar. Acara kecil pada tempat tinggal sangat bagus untuk mendapat pengalaman dan belajar bisnis convensi.

3. PUNYA MERCHANDISE YANG BENAR DENGAN HARGA YANG TEPAT
Kamu telah memilih acaramu dan kamu tahu ukuran serta genre dari acaranya, sekarang adalah waktunya untuk meyakinkan ada barang untuk dijual tapi yakinkan bahwa yang kamu jual itu barang yang tepat. Orang-orang cenderung membeli barang yang mereka kenali atau sukai. Memang akan terasa berat bagi mereka yang baru pertama kali mengikuni konveksi. Rekomendasinya adalah membuat paling tidak satu barang untuk dijual yang pas untuk acaranya. Jika kamu menghadiri Comic Con, gambar lah karaker komik yang kamu sukai, jika kamu menghadiri acara bertemakan Horor buatlah gambar atau merch yang bertema monster. Pastikan itu buatan/karya kamu sendiri!

PA090105-590x339

Pastikan juga harga jual barang kamu sesuai dengan pasaran. Jika harga pasaran misalkan Rp. 300.000 maka ada baiknya jika kamu menjual dengan harga yang lebih murah misalnya Rp. 250.000,-. Kebanyakan orang ingin suka dengan barang yang unik/keren dengan harga yang relatif murah. Sekali lagi lakukanlah sebuah penelitian, lihat dan cari tahu apa yang orang lain akan jual: ukuran, apa yang mereka jual. Jika kamu benar-benar sangat ingin menjual pada sebuah konveksi, bacalah buku dan website tentang marketing dan penjulan.

 

MarieAntoinette_Zombie_bag

4. MEMBUAT PRODUK ANDA MUDAH UNTUK DIBELI
Pastikan harga mudah dibaca dan terlihat jelas. Jika mungkin kamu memajang karya di belakangmu dan dibelakang meja. Undang orang untuk mengambil merchandise kamu untuk dilihat. Makin banyak pembeli yang ‘intim’ dengan karya kamu makin banyak kemungkinan mereka untuk membelinya.

video_image-218598

Ketika semua sudah siap, ada bagusnya jika kamu mencantumkan kartu nama pada setiap barang yang akan dijual. Anda tidak akan pernah tau kemana Karya kamu pergi, dan kemungkinan pembeli untuk mencari kamu lagi akan lebih mudah.

5. TANYAKAN KEPADA PEMBELI
Memang sulit untuk dilakukan, membutuhkan latihan, tapi berhasil. Setelah seseorang melihat karya kamu, kamu telah mejawab pertanyaan mereka, dan meceritakan tentang Art kamu, tanyakan gambar mana yang mereka sukai. Kemudian tanyakan, “Apakau kamu mau yang itu atau ada yang lain yang lebih kamu suka?” Katakan sesuatau yang membuat booth anda beda dari yang lain, misal beli dua dapet satu, atau diskon jika membeli lebih dari satu. kemudian tanyakan “cash atau Credit?”

samloraine_gencon2015

Jika kamu belum pernah menjadi sales, hal ini mungkin akan sangat tidak nyaman bagimu, namun lama-lama anda akan terbiasa. Pengalaman Sam Flegal, orang-orang pada sebuah konvensi biasanya mereka membeli barang yang tidak bisa mereka dapatkan di luar konvensi.

Sudahkah kamu siap di event tahun ini?

 

IEK2015

 

 

 

As always… Have a Nice day!!!

One thought on “5 Tips Menjual Art di Konvensi

Leave a Reply