LOADING

Type to search

5 Manfaat Aktivitas Menggambar untuk Anak

Share

Dalam penelitiannya yang dimuat dalam International Journal of Science Education, Margaret L.Brooks, pHD yang merupakan pakar pendidikan anak mengungkapkan bahwa peran orang tua dalam mendukung anaknya melakukan aktivitas menggambar akan memberi manfaat besar bagi pertumbuhan anak. Aktivitas menggambar tidak hanya membuat anak menjadi berbakat menggambar namun juga mendukung aspek-aspek lain dalam pembentukan kepribadian dan kemampuan anak hingga saat dewasa nanti. Jadi ketika anak melakukan aktivitas menggambar, berikan dukungan dan perhatian agar mendapatkan manfaat terbaik bagi perkembangan anak. Inilah 5 manfaat aktivitas menggambar bagi anak-anak.

1. Meningkatkan Imajinasi.

Imajinasi adalah bagian penting dari pertumbuhan anak. Ketika mereka membayangkan, mereka mampu membentuk skenario mereka sendiri dan bermain pura-pura, sehingga menjadi lebih mandiri dan maju. Kita semua harus mendorong kemampuan ini  karena itu adalah manifestasi dari kebebasan berekspresi dan kreativitas, dua komponen utama yang harus dimiliki anak.

2. Cara Terbaik Menampilkan Emosi.

Masalah terbesar pada orang dewasa adalah bagaimana mereka mengelola emosi  yang sangat berpengaruh pada semua aspek kehidupan. Karena itu penting sekali melatih kemampuan menyalurkan emosi semenjak dini. Menggambar adalah aktivitas hobi dan passion yang bisa menyalurkan emosi secara positif. Warna dan obyek yang mereka gambar adalah cara yang bagus bagi anak-anak untuk menunjukkan perasaan dan  membuatnya lebih mudah mengekspresikan perasaan mereka saat dewasa.

3. Meningkatkan Proses kognitif.

Kognisi berarti memperoleh pengetahuan dan pemahaman melalui pikiran, pengalaman, dan indera. Menggambar berarti mereka terus-menerus berpikir atau merasakan sesuatu, jadi pilihan gambar, pola yang digunakan, dan cerita yang coba digambarkan membantu membangun pengetahuan dan keterampilan visual  anak.

4. Meningkatkan Keterampilan Motorik dan Koordinasi.

Menggambar akan membuat anak belajar bagaimana cara memegang pensil dan / atau krayon dengan benar dan cara mewarnai di area yang terbatas. Ini sangat penting karena memegang pensil dengan benar adalah langkah awal yang besar dari hal-hal yang kemudian mereka pelajari dalam kehidupan. kemampuan ini kelak juga mempengaruhi tulisan tangan.

5. Mengembangkan Kreativitas dan Kepercayaan Diri.

Memberi anak-anak kebebasan untuk menggambar berarti mereka dapat menciptakan apa pun yang mereka inginkan. Apa yang mereka gambar memungkinkan kita melihat apa yang terjadi dalam pikiran mereka. Menggambar membuat mereka tumbuh dengan unik dan menjadi diri sendiri. Kita harus tunjukkan dukungan dan sering bertanya tentang apa yang mereka gambar sehingga mereka merasa nyaman dengan aktivitas menggambar dan lebih percaya diri tentang diri mereka sendiri.

Program Ilustrasi untuk usia anak di Carrot Academy.

Di Carrot Academy, selain menyediakan kelas untuk profesional, program pelatihan ilustrasi didesain sehingga mampu memberikan pengajaran bagi anak sejak usia dini. Mulai dari usia 6 tahun, di mana anak mulai mampu berkonsentrasi di kelas, materi diajarkan dengan pendekatan sesuai usia. Materi di program Illustration Faculty didesain agar anak-anak mampu menguasai cara menggambar yang benar sehingga akan mendapatkan manfaat dari proses belajar yang lebih luas. Tidak hanya mengerti tentang gambar, anak-anak juga akan memahami banyak mindset yang penting bagi banyak aspek perkembangan mereka. Apabila tertarik dengan program Illustration Faculty konsultasikan dengan tim edukasi Carrot Academy melalui:

Telpon/Whatsapp 085727766888/Email info@carrotacademy.com

Sumber: shorturl.at/diklP

(BP/CA)

Tags:
Carrot Academy

Carrot Academy adalah pusat pelatihan pengembangan minat ilustrasi bagi siapapun yang ingin mendalami ilustrasi dari benar-benar dasar, pelatihan ini tidak hanya diperuntukkan untuk mereka yang sudah profesional saja namun bahkan mereka yang sama sekali belum pernah menggambar namun ingin mempunyai kemampuan ilustrasi bisa mengikuti pelatihan ini. Anda akan menemui banyak hal bersama Carrot Academy yang akan mengguncang realita Anda, serta mengubah cara pandang Anda tentang ilustrasi, selamannya! Sebagai sebuah terobosan satu-satunya dan pertama kali di Indonesia, sejak berdiri pada tahun 2008, kami telah menghasilkan ratusan alumni di Indonesia untuk mengerti lebih dalam tentang ilustrasi dan bagaimana menjadi seorang Valuable Artist.

  • 1

Leave a Comment