3 Alasan untuk Selalu Membawa Sketchbook

3 Alasan artist untuk selalu membawa sketch book

Sketch book adalah sebuah media yang sangat efektif untuk mengisi waktu bereksplorasi bagi seorang artist. Dari artist seperti Leonardo Da Vinci ke Michaelangelo sampai Pablo Picasso, mereka menganggap sketchbook sangat membantu buat mereka.

1

Inilah 3 alasan penting bagi seorang artist untuk selalu membawa sketch book setiap saat:

Self Development – Pengembangan Diri

“Sketchbook adalah sebuah buku sejarah pribadi yang menggambarkan evolusi perkembangan skill seorang artist”.

2

Mengembangkan skill artistik seorang artist adalah bagaikan tenaga penggerak bagi seorang artist tersebut. Cara terbaik untuk mengembangkannya adalah dengan praktik, dan praktik yang lebih lagi dan lebih lagi secara konstan. Sketchbook adalah media yang sangat berharga dalam hal ini. Mengembangkan skill tangan secara manual dalam sketch book akan memiliki dampak langsung pada kemampuan 3D dan visual effect di industri. Leonardo Da Vinci adalah artist besar, penemu dan pencipta, dan bukanlah sebuah tanpa alasan bahwa dia telah membuat lebih dari 13.000 halaman jurnal berisi sketch dan teorinya. Sketch book adalah sebuah buku sejarah pribadi yang menggambarkan evolusi perkembangan skill seorang artist yang dengan sangat luar biasa bisa memutar balik waktu untuk dapat melihat kembali perjalanan awal seorang artist dan melihat begitu jauh sekarang skill yang telah dicapai dan kilasan-kilasan pemikiran dan ide yang pernah bermunculan dari seorang artist. Sketchbook adalah media yang luar biasa untuk menyimpan ide-ide yang bermunculan. Sejatinya tidak ada batasan ketika kita mengisi sebuah sketchbook, karena ini mengenai bagaimana mengolah ide-ide, menyaringnya dan mengembangkan kreativitas dan skill artistik. Di era digital, sketchbook bisa menjadi lebih efisien karena dengan perkembangan teknologi memungkinkan artist menyimpan lembaran-lembaran sketchbook yang bisa dilacak dan diorganisir sesuai kebutuhan.

3

Kolaborasi

Sketchbook membuat orang bisa melihat ide kita dan memberikan feedback yang ternilai harganya.

Seyogyanya sketchbook adalah media yang informal dan lebih menjurus pada kreasi, pengulangan dan diharapkan bisa membantu dalam kolaborasi. Sketchbook biasanya mudah disobek halamanya dan bisa diinterpretasikan dalam banyak cara, dan memungkinkan orang lain untuk melihatnya dalam berbagai sisi dan memberikan ide-ide segar bagi mereka. Saat seorang artist berusaha mengembangkan skillnya melalui gagasan-gagasan artwork di sketchbooknya, hal itu bisa menjadi hal yang sangat berguna ketika artist lain memberikan masukan dan kritik sebagai feedback. Pada jamannya, Leonardo Da Vinci berkolaborasi dengan seorang ahli anatomi dari University of Pania, Marcantonio della Torre yang memberikan kontribusi luar biasa di bidang anatomi dan kedokteran sampai sekarang. Sebuah sketchbook memungkinkan banyak ide dan gagasan spontan baik dari artist itu sendiri atau dari artist lain dan mentor yang menjadi masukan tak ternilai untuk diwujudkan dalam sebuah ide di masa depannya. Ada sebuah situs yang memberikan kesempatan pada artist-artist untuk saling berkolaborasi, silakan klik di www.sketchbookproject.com

Kenyamanan

Sketchbook adalah tempat di mana seorang artist tidak perlu takut untuk tidak sempurna, karena sketchbook bukanlah tempat sebuah finished artwork, tapi sebuah tempat untuk ide-ide dan gagasan yang terbuka
5
Sketchbook adalah tentang kenyamanan. Sangat nyaman sekali apabila selalu ada sketchbook di dekat kita untuk setiap saat kita menuangkan idea atau informasi yang sewaktu-waktu muncul. Di era digital sketchbook mengalami banyak perkembangan dengan adanya sketchbook digital yang bisa diakses dengan berbagai macam cara yang membuat penggunaannya menjadi lebih nyaman. Memiliki sketchbook juga membantu kita untuk memecahkan berbagai masalah yang kita temukan. Sketchbook adalah media solving problem yang kadang sangat efektif digunakan.

Beberapa artist terkadang ragu ketika sketchbooknya dilihat orang lain. Bahkan Leonardo da Vinci menulis catatannya secara terbalik agar tidak bisa terbaca oleh orang lain. Kadang artist merasa mereka akan dinilai dari bagaimana mereka menuangkan ide dalam sketchbook. Sebenarnya hal itu tidak perlu terjadi. Sketchbook bukanlah sebuah media bagi artwork yang finished dan sempurna. Sketchbook adalah media di mana ide-ide kreasi yang eksperimental dituangkan dan memungkinkan banyak hal atau ide-ide berikutnya di kemudian hari untuk dituangkan lagi ke dalamnya tanpa ragu. Sketchbook adalah tempat di mana artist tidak perlu merasa sempurna untuk menuangkan ide-ide dan gagasannya. Jadi sketchbook bisa diartikan sebagai sebuah media yang membantu artist berekspresi bebas, tentu saja hal ini bisa menjadi sebuah media refreshing dan rekreasi yang bermanfaat bagi artist.

Sumber: http://www.thegnomonworkshop.com/news/2013/03/3-reasons-to-always-have-a-sketchbook-on-hand/

3 thoughts on “3 Alasan untuk Selalu Membawa Sketchbook

Leave a Reply