10 Tips Sketching saat Perjalanan Liburan

Memasuki masa-masa liburan adalah waktu yang sangat ditunggu-tunggu. Saat untuk kita menyegarkan kembali “jiwa raga” kita setelah rutinitas sehari-hari yang menghabiskan banyak energi kita. Buat seorang artist, tentu saja liburan juga menjadi kesempatan untuk membuat journal berisi ide-ide segar yang perlu didokumentasikan dalam sketchbook. Sketching dalam sebuah traveling akan membuka mata kita pada sebuah pengalaman baru, melihat dunia melalui mata kita di manapun kita berada, di gunung atau di lautan. Sketchbook akan membuka mata kita bahwa art bisa memberikan pengalaman yang lebih dalam. Nha ada 10 tips untuk mengoptimalkan sketchbook kita untuk liburan. Apa saja?

sketchbook 01

1. Menangkap beragam rasa dalam sebuah moment.

Sketching akan memberikan pengalaman emosional yang lebih dalam pada sebuah moment atau tempat dan ikatan emosi itu akan tetap terbawa saat kita suatu saat nanti membuka lembar-lembar sketchbook kita, kita akan masih bisa mencium aroma laut di pantai di Bali, aroma kopi di Wonosono atau kehangatan di Puncak Bromo yang kita dokumentasikan.

2. Menjadi katalog untuk temuan-temuan baru.

Ketika kita menemukan hal-hal baru dalam liburan kita, seperti jenis-jenis tanaman baru, serangga yang belum pernah kita lihat ataupun sebuah fosil yang akan menarik perhatian untuk kita pelajari nantinya.

3. Menghidupkan suasana.

Bayangkan ketika kita berlibur di sebuah tempat baru yang eksotis – sendirian! Mungkin di negara-negara yang kita belum familiar, bisa jadi itu di Jepang, Mesir atau negara-negara yang belum kita kunjungi. Ketika kita duduk dan membuat sketching, banyak sekali hal baru bisa terjadi. Kebanyakan orang akan tertarik dengan aktivitas kitadan itu bisa menjadi awal sebuah interaksi. Kita bisa menawarkan untuk membuat sketch wajah orang-orang setempat. Mereka akan bercerita banyak hal tentang kehidupan mereka, catat hal-hal menarik yang mereka ceritakan yang akan menjadi cerita berharga dalam jurnal perjalanan kita.

4. Memelihara habit yang sudah bagus.

Pada saat liburan, sebaiknya jangan melupakan habit kita untuk membuat sketch harian. Lebih baik membuat sketch dalam waktu luang kita dibandingkan menghabiskan waktu dengan gadget kita.

Baca lagi: Manfaat Aktivitas Menggambar

5. Menemukan detail-detail baru yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Seringkali kita melewatkan begitu banyak detail berharga dalam kehidupan kita. Nha sketching akan memberikan pengalaman baru untuk menjelajahi detail-detail baru dari moment yang kita lewati. Bagaimana mata kita menjadi lebih tajam melihat tekstur, komposisi,  ornamen, gestur, wajah-wajah manusia, proses kerja mesin atau teknologi. Kita bisa melihat bagaimana sebuah benda sederhana bekerja dengan caranya, seperti mesin kereta atau bagaimana sebuah jam dinding raksaksa bekerja. Kita akan kagum dengan indahnya sebuah proses dalam kehidupan ini melalui pengamatan detail-detail yang sering kita lewatkan selama ini. Berbeda dengan fotografi, kita bisa menangkap lebih detail, membuat perspektif yang lebih bebas dan memilih untuk membuat sebuah cerita yang lebih personal.

6. Pertukaran media gambar.

Apabila kita terbiasa menggunakan satu jenis media atau mungkin bisa menggunakan media digital painting, kesempatan untuk mencoba media baru dengan sketchbook kita. Kita bisa menggunakan cat air, pen atau tinta maupun pastel.

7. Draw from life!

Kita tahu bahwa live drawing memberikan banyak sekali manfaat bagi perkembangan skill ilustrasi kita terutama mempertajam naluri kita untuk menangkap suasana nyata dan merekamnya ke dalam sketsa. Live drawing juga melatih kemampuan kita menyimpan informasi dengan baik serta mampu memetakan area subyek yang ingin kita masukkan dalam komposisi artwork kita. Beberapa orang disebut memiliki kemampuan meori fotografi karena terbiasa melakukan live drawing secara konsisten.

8. Menjadi seorang yang mudah belajar dan menyerap informasi.

Kebiasaan membawa sketchbook akan membiasakan kita untuk selalu mencari hal baru atau informasi baru tentang sebuah subyek yang akan menumbuhkan ide-ide baru. Tiap sketch seharusnya menghasilkan catatan atau gambar yang unik karena selalu dibuat dalam kondisi yang selalu berbeda dan suasana hati kita yang berbeda pula. Sketchbook adalah media di mana kita tidak pernah salah, jadi akan sangat memudahkan kita untuk belajar sesuatu yang baru.

9. Menjaga mata kita untuk selalu terbuka lebar.

Membiasakan diri kita untuk menangkap subyek dan moment ke dalam sketch akan melatih mata kita untuk selalu mencari sisi yang berbeda dan menarik, mata akan dibiasakan bekerja seperti lensa kamera yang mampu menangkap peristiwa dan menceritakannya kembali dengan menarik.

10. Don’t judge yourself.

Sketchbook memberikan pengalaman fisik dan mental. Gambar-gambar sketchbook kita tidak harus kita gantungkan ke dinding atau ke media sosial kita. Bebaskan diri kita untuk bereksplorasi dalam sketchbook kita. Mungkin halaman pertama adalah sebuah doodle ringan dan halaman berikutnya adalah portrait realis yang menantang. Siapa takut?

 

Sumber: http://www.printmag.com/illustration/travel-sketchbook/

 

Leave a Reply