10 Rahasia yang tidak Didapatkan di Kelas Ilustrasi!

Bagi mereka yang telah menjadi artist professional, mungkin beberapa hal penting di bawah ini akan mereka temukan selama berkecimpung di dunia industri. Tapi apa jadinya kalau mereka mengetahui rahasia ini selama mereka masih belajar di kelas ilustrasi?? Inilah rahasia yang akan ditemukan artist setelah terjun di dunia industri


1. MENGGAMBARLAH SETIAP HARI

Jika Anda tidak cukup menikmati dan tidak tertarik untuk ingin melakukannya setiap hari maka Anda mungkin harus mencari pekerjaan lain! Bahkan seorang artist freelance bekerja tujuh hari seminggu.

Kreativitas mirip dengan otot. Jika Anda ingin otot yang tetap kuat Anda harus menggunakannya setiap hari. Jika Anda melupakan kebiasaan menggambar setiap hari anda akan melewati masa-masa berat untuk memulainya lagi. Otot melemah jauh lebih cepat daripada mereka tumbuh. Jadi jangan pernah berhenti menggambar! Bawa sketch book anda di manapun!. Simpan buku sketsa di samping tempat tidur,  ransel atau tas tangan. Hapus beberapa aplikasi game dari ponsel dan gunakan waktu senggang untuk mencoret-coret sketch. Drawing is your Religion!

 

(Baca: Mengapa Menggambar itu Penting!)

2. TANTANG DIRI SENDIRI

Tantanglah diri untuk menggambar sesuatu yang ada di luar kemampuan kita dan tidak menarik minat kita sebelumnya. Mungkin bisa dicoba menggambar komik tanpa penciling terlebih dulu, langsung ke tinta. Ambil satu set cat air murah dan bermainlah dengan media baru ini sampai kita jatuh cinta dan semua orang yang melihat karya kita bisa ikut mencintainya. .Jika Anda tidak berpikir Anda dapat menggambar suatu obyek cobalah gambar obyek itu setiap hari sampai kita sadar bahwa kita BISA. Atau mungkin ikutlah sesi live drawing, cobalah menggambar model cantik di sebuah sessi live drawing, itu adalah tantangan yang sangat menyenangkan.Sekali lagi, kreativitas adalah otot. Kita tidak akan pernah memiliki otot kuat dan tangguh  jika kita takut untuk mencoba mengangkat beban lebih dari beban maksimal kita!

 

(Baca: BIG FISH PROJECT)

Keluarlah dari zona nyaman!

Kita tidak akan pernah tumbuh dan berkembang dalam zona kenyamanan. Kita hanya akan menjadi serangga kecil yang berputar-putar terus dalam ruangan kecil dan hanya bisa meletakkan telor-telor yang tidak bisa dibuahi di seluruh sisi ruangan. Kita butuh suplai kreativitas yang mengalir deras seperti air terjun! Paksalah diri kita untuk menggambar sesuatu yang kita tahu itu memang sangat sulit. Memaksa diri untuk menggambar sesuatu yang kita tidak tertarik pada sama sekali dan menemukan cara untuk membuatnya menarik akan membawa kita pada sebuah dimensi baru. Luangkan beberapa waktu khusus untuk menggambar hal-hal yang anda benci. Mungkin gambar background,  flora, atau karakter maskulin. Coba luangkan waktu khusus untuk hal-hal yang kita benci itu sampai kita benar-benar menyukainya.

(Baca: 3 Alasan Kita tidak bisa Menggambar)

Pada akhirnya kita akan mencintai banyak hal dari ilustrasi, menjadi makin kuat dan makin fleksibel dari sebelumnya.

(Baca: Program yang Membuktikan Jago itu Mitos!)

3. BERSIKAP BAIK TERHADAP ORANG LAIN

Banyak peluang dan pekerjaan dan juga publikasi yang bisa didapatkan dari interaksi dengan orang-orang di lingkungan pergaulan kita dan dengan menjaga hubungan baik dengan mereka. Ada beberapa ilustrator sukses yang menjadi terlalu sibuk dengan pekerjaan mereka dan tidak sempat lagi untuk berbagi banyak hal. Namun banyak juga artist besar yang telah meraih sukses luar biasa namun menyempatkan dirinya berinteraksi dengan sesama artist dan fans. Jangan meremehkan orang-orang yang menikmati pekerjaan Anda dan  JANGAN tidak menganggap keberadaan mereka. Sangat mengesalkan ketika bertemu seorang artist yang kita kagumi di sebuah konvensi atau penandatanganan buku dan mereka bahkan tidak bisa melakukan kontak mata atau senyum atau menghargai kenyataan bahwa kita menyukai artwork mereka dan rela mengeluarkan uang kita untuk mereka. Demikian juga dengan klien-klien yang baru mengenal kita, perlakukan mereka dengan ramah. Bersyukurlah bahwa seseorang membayar kita untuk duduk dan menggambar!

Hindari membicarakan kekurangan artist lain. Ada banyak artist yang mungkin mungkin sukses dengan tidak hanya mengandalkan artwork mereka, namun membicarakan sisi negatif mereka tidak memberi manfaat apapun pada kita.

(Baca: WHAT ONE MAN CAN DO, ANOTHER CAN DO, GO HOME AND MAKE SOME ARTWORKS)

4. BERSENANG-SENANGLAH

Sering kali, karya terbaik kita, karya yang membuat kita bersemangat saat mengerjakannya dan orang lain juga mengapresiasinya dengan baik adalah artwork yang kita kerjakan untuk bersenang-senang. Bahkan satu terobosan baru bisa terjadi di moment itu. Sketching adalah salah satunya, di mana kita bisa menggambar apapun yang kita inginkan dan di mana ide-ide lahir. Sisihkan sedikit waktu setiap harinya untuk mencorat-coret dan eksplorasi. Menggambarlah untuk DIRI SENDIRI.

Ingat ketika kita kecil, menggambar di lantai dengan asik berjam-jam. Menggambar monster, peperangan dan semua hal yang membuat kita senang dan tidak peduli apapun. Jadi jangan lupakan untuk BERSENANG_SENANG sekaligus MENGESANKAN orang yang menikmati artwork kita. Jangan terlalu sering membebani kita sendiri dengan menggambar semata-mata karena kita harus “MEMBUAT SESUATU YANG HEBAT” itu hanya akan berakhir dengan kertas kosong dan kita terhenti di situ. jadi, mulailah menggambar!

(Baca: Bagaimana Cara mengikuti Program Creative Illustration – Diploma Course?)

5. PENCAPAIAN DAN TARGET ADALAH SESUATU YANG PENTING

Ingin menggambar novel grafis? Oke, kerjakan itu!. Berhenti berbicara tentang hal itu dan lakukan saja. Jangan menunggu sampai kita memiliki lebih banyak waktu luang atau menunggu skill kita lebih bagus. Makin lama kita akan makin kehabisan waktu. Satu-satunya cara untuk meningkatkan skill kita adalah dengan menggambar sebanyak-banyaknya. 1 novel grafis keren adalah hasil dari ribuan jam menggambar sebelumnya. Jadi aturlah deadline kita sendiri dan buatlah novel grafis. Deadline is CRUCIAL. Seorang artist pasti pernah berada pada satu masa di mana ia mengerjakan satu proyek yang pada awalnya tampak sangat menakutkan. Untuk itu seorang artist harus menghitung dengan tepat waktu yang akan ia habiskan untuk menyelesaikan proyek itu tanpa kehilangan satu kesempatanpun. Menjadi terorganisir dan mampu melacak kemajuan benar-benar akan membuat kita produktif. 

(Baca: Motivasi dari Komikus Sweta Kartika)

6. ISTIRAHAT!

Apakah Anda sedang menggali harta karun di halaman atau sedang duduk di atas meja gambar, penting untuk mengambil istirahat sesering mungkin! Istirahat membantu menjaga pikiran Anda (dan tubuh) segar.

Mengambil istirahat pendek sesering mungkin itu sangat bagus. Menggambar selama satu jam dan kemudian berjalan di sekitar blok atau camilan cepat atau hanya duduk dan menatap ke luar jendela selama beberapa menit. Beri hadiah untuk setiap kerja keras kita!

7. JANGAN MEMBATASI PENGARUH DARI REFERENSI KITA

Kita semua memiliki artist tertentu yang kita kagumi dan mempengaruhi kita. Namun salah satu hal terburuk yang dapat terjadi adalah untuk terjebak padaartist yang itu-itu saja atau mencoba untuk meniru mereka. Ya, ada baiknya untuk belajar dari mereka dan tapi cobalah untuk lebih mengenal lebih banyak artist lagi. Pelajari banyak-banyak artwork dari banyak artist yang ada. Kita bisa belajar lebih banyak hal dan memperluas cakupan skill kita dengan makin banyak eksplorasi. Artinya kita tidak hanya sekedar menjadi imitasi. Kita juga bisa menggali inspirasi dari subyek lain, misalnya kita menggambar komik, cobalah mengabaikan komik orang lain untuk sementara waktu. Cari inspirasi dalam novel atau film dokumenter alam atau video lama di Youtube atau puisi atau artikel berita. Komik kita akan jauh lebih baik jika kita melakukan ini. Kita akan kesulitan mencapai sukses jika satu-satunya sumber inspirasi adalah komik lain yang sudah populer. Seribu orang lain sudah mencoba untuk membuat sesuatu yang sama seperti itu dan kans mereka akan sama saja. Penting juga untuk pergi ke luar dan mengalami hal-hal baru dan berinteraksi dengan orang-orang. Dunia akan memberi makan kita ide-ide baru dan sumber inspirasi baru. Jika satu-satunya hal yang daapt kita tulis atau joke yang bisa kita buat hanyalah tentang satu hal semata (misal tentang video game saja) maka hanya belas kasih dari dewa komik yang akan menyelamatkan kita.

(Baca: Alex Ross; “There’s always more to achieve, I took myself to a certain level”)

8. JANGAN MENGUCAPKAN HAL BURUK PADA DIRI SENDIRI

Jika kita ingin orang lain menghormati pekerjaan kita, menganggap kita serius, atau membayar kita untuk gambar kita, maka jangan mengucapkan hal-hal buruk tentang pekerjaan/artwork kita. Mengapa kita berharap orang menganggap serius pekerjaan kita apabila kita membicarakan pekerjaan kita seolah-olah tidak menyenangkan ? Jika kita ingin orang lain bersemangat tentang pekerjaan kita (dan mempekerjakan kita) maka kita perlu untuk menunjukkan kepada mereka bahwa KITA sangat antusias dengan pekerjaan kita.

Salah satu pengalaman seorang artist muda ketika memulai debut profesionalnya, suatu ketika ia harus berhadapan dengan beberapa artist terkemuka untuk melihat halaman portfolionya. Dipenuhi rasa gugup yang luar biasa, berkali-kali ketika artist tersebut ditanya tentang artwork di halaman artbooknya ia selalu menjawab dengan penuh keraguan “Emm…yang ini masih belum bagus sih….Dan artist muda tersebut menyadari bahwa ketika ia menyebutkan hal itu, raut muka mereka yang sedang melihat portfolionya langsung berubah dan segera membalik halaman berikutnya dan pada akhirnya ucapan tidak antusias tadi meninggalkan kesan yang kurang bagus. Segala daya tarik yang ada pada portfolio itu bisa dengan mudah hilang begitu saja karena ucapan tadi.

(Baca: Bagaimana artist di Carrot Academy mendapat mindset baru di kelas Essential?)

9. KEBOSANAN UNTUK DIKALAHKAN!

Setiap artist akan mengalami masa-masa di mana apa yang mereka hasilkan sepertinya tidak membuat mereka puas lagi dan hanya sekedar menjadi rutinitas yang membosankan. Hal ini terjadi! Dan tidak apa-apa! Namun hanya karena kita merasa semuanya seperti berjalan di tempat,  tidak berarti kita harus berhenti menggambar. Anda tidak akan mengalahkan semua hal itu dengan tidak menggambar apapun. Terimalah bahwa terkadang apa yang kita buat memang tidak memuaskan kita. Luangkan waktu bersama sketch book kita. Jika kita kehilangan semangat dan kegembiraan untuk sebuah proyek, tanyalah pada diri sendiri mengapa hal itu tidak menarik lagi. Apa yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya menarik lagi? Rubahlah sesuatu!

10. GAMBARLAH YANG KEREN DAN POSTING DI INTERNET!

Salah satu keajaiban buat artist di era informasi digital ini adalah internet!! Banyak artist yang mengalami ledakan karir setelah karyanya dipajang di internet dan mendapat respon dan publikasi yang luar biasa. Kita bisa memanfaatkan website portfolio, Face book, instagram atau apapun itu yang bisa kita manfaatkan dan alami kisah sukses artist-artist yang telah berhasil melakukannya!

Oke, setelah selesai membaca artikel ini, yang harus dilakukan hanyalah SEGERA menggambar!

(Baca: Rahasia Membuat Portfolio Concept Art kita menjadi “Wow”)

(Baca: Program ini akan membuat anda Menjadi Entrepeneur di bidang Ilustrasi dalam waktu 960 Jam!)

iklan-5

 

(BP)

Sumber: http://philintheblanks.com/blog/?p=546

 

 

5 thoughts on “10 Rahasia yang tidak Didapatkan di Kelas Ilustrasi!

  1. Baca dari awal sampai akhir, rasanya gaya penulisannya ga asing …
    Sampai di bagian akhir, eh ada (BP) apakah yg menulis postingan ini Bombay Piko?

  2. Membantu pada diri kita sendiri kelebihan dan kekurangan kita masing – masing
    bagus

Leave a Reply