10 Cara yang Dilakukan Artist Profesional saat Mengalami Artblock

10 cara yang dilakukan artist profesional saat mengalami artblock ini akan membantu kita kembali produktif dan kreatif lagi. 10 cara ini didapatkan dari sesi interview terhadap 50 artist profesional dari seluruh dunia oleh Danielle Krysa, seorang Creative Director dari Kanada. Pastinya cara-cara ini akan sangat membantu buat kita sebagai artist atau ilustrator, apa saja 10 caranya?

10

1. ME-REFRESH FOKUS

Seringkali ARTBLOCK bermula dari ketidakmampuan untuk tetap fokus pada satu hal dan mengabaikan faktor-faktor yang mengganggu. Apabila kita telah merasa jenuh, itu tandanya kita harus melakukan sesi “cleaning” pikiran kita. Berhenti bekerja sejenak dan berusahalah untuk menajamkan lagi naluri kreatif kita. Satu putaran mengelilingi blok tempat tinggal kita “Once around the Block” akan cukup menyegarkan kembali ketajaman naluri kreatif kita dan akan mengurangi artblock.

12771729_10153420502673803_6551990439056681532_o

2. MEMPERSEMPIT PARAMETER PROYEK KITA

Mempersempit parameter adalah dengan membatasi kita dengan memecah target. Parameter yang terlalu tinggi akan membuat kita tanpa sadar frustasi dan kewalahan dan berujung pada creative block. Dengan membatasi parameter kita akan memiliki ruang yang cukup luas untuk bisa memainkan kreativitas kita.

Tubuh kita bekerja dengan menghasilkan serotonin, senyawa kimia yang akan membuat mood kita lebih baik ketika kita berhasil melakukan sesuatu dengan baik. Mempersempit parameter kia memungkinkan kita menyelesaikan sukses-sukses kecil yang akan membuat mood kita membaik dengan suplai serotonin.

11

3. JANGAN MEREMEHKAN KEKUATAN NIAT

Sebuah niat artinya, kita akan mengerjakan proyek kita tanpa memikirkan untuk “berhenti”. Niat akan membuat kita melakukan apapun, termasuk mengorbankan waktu main game, waktu bersosial media dan kegiatan yang tidak masuk dalam prioritas lainnya yang sering menjadi distraksi. Niat sama dengan kemampuan untuk tidak menyerah. Seringkali, mengatasi artblock artinya kita telah berhasil mendorong diri kita untuk MELAWAN PIKIRAN kita sendiri. Kita bisa saja menghindar dari proyek yang menguras pikiran, tapi butuh niat yang besar yang akan membuat kita bertahan mengerjakannya.

“Ada satu masa di mana saya merasa bahwa ide saya benar -benar konyol,” Kata Kristi Malakoff, artist seni instalasi yang berasal dari Kanada. Butuh kekuatan niat untuk mengerjakan proyek ini sampai selesai.

185

4. JANGAN MENUNGGU INSPIRASI!

Inspirasi bukan keajaiban. Inspirasi tidak datang begitu saja. Inspirasi itu ditumbuhkan. Menunggu momnet tepat untuk mengerjakan sebuah proyak akan menghabiskan waktu kita sia-sia.  Langsung kerjakan! Melalui proses bekerja akan tumbuh ide baru yang akan berkembang atau bisa jadi ide ini malah diabaikan. Semua di tangan kita.  Inspirasi sebenarnya adalah bagaimana pikiran kita menyerap banyak hal di luar kita dari apapun itu. Gambar, suara, musik yang akan terhubung dengan data base kita. Nha data base yang kaya akan membuat kita mudah terinspirasi. Dari mana asal semua data base itu? Tentu saja dari riset dan studi yang sering kita lakukan selama ini.

“Inspirasi hanya untuk amatir, seorang profesional punya waktunya sendiri dan memulai pekerjaannya tepat pada waktunya. Jika kita hanya menunggu, kita tidak akan pernah mengerjakan sebaik mereka. Ide-ide terbaik selalu muncul dalam sebuah proses, mereka datang justru dari apa yang kita kerjakan. Kita terbentuk oleh apa yang kita kerjakan dan pikirkan.”

5. KERJAKAN SEBUAH PROYEK ASSIGNMENT

Berhasil melewati ARTBLOCK artinya kita telah berhasil keluar dari ZONA NYAMAN kita. Jika kita merasa tidak nyaman dan tertekan kita akan berusaha memberontak batasan kita. Di saat itulah akan bermunculan ide-ide bagus.

Mintalah pada seseorang yang kita kenal baik untuk memberikan sebuah assignment. Pastikan itu di luar dari ide-ide yang biasa kita kerjakan. Berpeganglah pada visi misi kita sebagai artist dan selalu mengedepankan teknik yang baik dan benar.

6. GABUNGKAN BERAGAM HAL UNTUK MENCIPTAKAN SEBUAH IDE CERITA.
Cerita apa yang ingin kita sampaikan? Apakah kita bekerja untuk sebuah proyek desain atau sedang memecahkan sebuah masalah teknis, menulis buku. Kita ada dalam sebuah proses menyampaikan ide atau cerita kita. Bagaimana kita akan menyampaikannya dengan sebuah cara yang baru?

Otak kita bekerja dengan menangkap sebuah gambaran acak dan mencoba merangkai sebuah pola yang dikenali. Jika kita menggabungkan 2 hal bahkan yang acak sekalipun, otak kita akan berusaha menangkap sebuah pola tertentu dalam gabungan itu dan bisa menjadi sebuah ide atau cerita baru.

7. MEMBERANIKAN DIRI MENANTANG PENGETAHUAN KITA
Biasanya kita akan memecahkan sebuah masalah atau mengerjakan sesuatu menggunakan pengalaman atau pengetahuan yang kita punyai selama ini. Kita akan membangun sebuah style yang tanpa kita sadari menjadi milik kita. Otot kreatifitas kita telah menguat dan mungkin sedikit menjadi kaku. Untuk itulah saatnya kita melakukan stretching atau peregangan.

Kita bisa mencoba mengerjakan suatu proyek yang tidak familiar dan asing bagi kita. Praktik ini selalu membantu memecahkan kebosanan yang melanda kita.

12891158_10153476054463803_3827587187181429081_o

8. JALAN-JALAN DENGAN KAMERA KITA

Jalan-jalan ke tempat menarik akan membuat kita menemukan detail-detail baru di sekitar kita, apalagi jika itu ada di tempat yang belum pernah kita kunjungi. Kamera sangat membantu untuk menangkap detail yang menarik dan menangkapnya. Kamera memiliki kemampuan untuk mengisolasi obyek dan membuat komposisi yang menarik ke dalam frame. Kamera juga bisa menggambarkan dengan baik sebuah emosi saat sebuah moment terjadi.

Kumpulan foto perjalanan ini bisa menjadi sumber ide yang berlimpah.

9. MULAI LAGI DARI NOL
Jangan takut untuk memulai sesuatu yang baru. Kadang kita terjebak dalam sebuah artwork yang tidak pernah selesai. Kita merasa sayang untuk membuangnya dan memulainya lagi dari nol. Jika kita merasa sayang untuk membuangnya kita bisa menyimpannya dalam sebuah folder yang akan kita buka dalam waktu yang lama. Dari pada kita frustasi mengurai gambar yang tak pernah bisa kita selesaikan, ada baiknya kita memulai gambar baru dengan cerita baru.

Untuk melatih hal ini, cobalah membuat sketch cepat dan segera singkirkan. Ulangi beberapa kali sampai kita merasa itu cukup. Lalu kumpulkan lagi gambar-gambar itu. Coba lihat apa yang telah berkembang dalam diri kita. Kita bisa melihat sebuah proses dari diri kita sendiri yang akan membantu kita untuk berkembang ke depannya.

10. MELAKUKAN APA YANG PALING KITA TAKUTI
Jika sesuatu menakutkan kita, jangan berusaha menghindarinya tapi cobalah untuk sedekat mungkin menghadapinya. Rasa takut kita bisa menjadi sebuah motivasi dan mengatasi ketakutan kita bisa membantu menyingkirkan creative block. Bahkan ketakutan kita pada sebuah tantangan kadangkala adalah sebuah petunjuk di mana sisi dari kita yang perlu untuk dikembangkan. Skill terbaik artist pada dasarnya dibentuk oleh tantangan-tantangan terberatnya.

Artbook EpidemicLOW000000000000000000

Menghadapi creative block membutuhkan soft skill yang nantinya ikut membentuk karakter seorang artist. Karakter ini akan berhubungan erat dengan kualitas artwork yang dihasilkan. Untuk mencapai semua itu tentu dibutuhkan waktu.

( Baca lagi: Bagaimana sebuah program bisa membentuk seorang artist untuk menjadi profesional dalam 1 tahun? )

(CA)

Dirangkum dari: http://ow.ly/CpCl30fgghn

Leave a Reply